Langsung ke konten utama

Warna Daun - Mereka Begitu Indah Walaupun Hanya Sekedar Daun


Bumi mengelilingi matahari dan matahari menyinari bumi. Tapi tak semua permukaan bumi terkena pancaran matahari. Selain diakibatkan oleh perbedaan gari lintang ( semakin besar nilai garis lintang semakin sedikit cahaya yang didapatkannya) juga karena terjadi kimiringan sudut bumi yang mengakibatkan pada waktu tertentu sebagian wilayah bumi  mengalami malam terpanjang.

Oleh karena tidak meratanya pancaran sinar matahari dan perbedaan volume, dan araha angin bertiup, dibeberapa wilayah terjadi perbedaan musim.

Apa hubungannya dengan warna daun?

Dibeberapa Negara mengalami 4 musim. Pada waktu musim panas, warna daun yang terlihat adalah hijau. Hal ini dikarenakan pada waktu musim panas merupakan waktu yang paling efektif untuk memproduksi makanan pada  “pabrik” daun.

Daun yang aktif mempunyai pigmen atau zat warna yang disebut klorofil. Inilah yang membuat daun berwarna hijau pada musim panas. Sebenarnya ada juga pigmen-pigmen lainnya yang membuat daun  nampak berbeda, hanya saja kita tidak dapat melihatnya. Itu disebabkan karena klorofil lebih mendominasi dari pada pigmen lain.

Pigmen santofil menyebabkan daun berwarna kuning, karotin menyebabkan warna oranye, dan antosianin memunculkan warna merah terang.



Pada musim panas, yang dapat dilihat hanyalah warna hijau yang ditimbulkan oleh klorofil. Namun pada waktu musim dingin persediaan makanan yang ada didalam daun mulai keluar dari ranting cabang batangnya.
Sekarang, pertanyaan tentang macam daun terjawab. Musimlah yang membuat perbedaan warna daun. Karena tidak ada lagi makanan yang diproses pada musim dingin, maka klorofil dihancurkan. Ketika pigmen klorofil juga hilang, pigmen yang lainnya pun nampak. Pada daerah yang mengalami 4 musim, orang dapat menikmati setiap pohon yang dihiasi daun penuh warna indah.

Komentar

  1. indahnya Warna Daun ni gan..
    mkasih ats infonya gan.....
    sangat menarik dan sangat bermanfaat//...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.