Langsung ke konten utama

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.



(Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai) Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran.
Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :


Relasi antara Haibara Ai dengan Edogawa Conan


Conan dan Haibara memang mempunyai hubungan yang menarik. Pada awalnya, Conan begitu banyak menghina Ai karena dia adalah anggota organisasi terlarang dan telah membuat obat APTX4869. Namun hari-hari yang mereka lewati membuat Conan merasa, Ai adalah satu-satunya partner yang cocok dengannya dan tempat curhat yang baik karena mengalami kesamaan nasib (tubuh yang mengecil). Dalam beberapa episode, secara tak langsung Haibara mengungkapkan rasa ketertarikannya pada Conan atas kepribadian, kecerdasan dan rasa keadilan Conan. Itulah mengapa sebagian orang menganggap bahwa Haibara mempunyai perasaan jatuh cinta pada Conan.




Dalam episode 223, Conan mengetahui bahwa nama asli Haibara adalah Miyano Shiho. Conan tak pernah memanggil Haibara dengan panggilan tersebut. Berbeda sekali dengan Haibara yang selalu memanggil Conan denga panggilan Kudo-kun (ketika dalam perbincangan pribadi). Di Jepang, memanggil dengan nama marga merupakan salah satu cara menunjukan ketertarikan (kedekatan) seseorang.

Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Hubungan Mereka.

Ketertarikan Haibara ditunjukan pada beberapa chapter manga dan episode pada anime. Tapi, setiap kali Conan menanyakan hal tersebut, Haibara selalu mengelak dan berkata,"Aku hanya bercanda".

Sebagian fans berpikir, Haibara tengah menyembunyikan rasa sakit yang dalam atas kenyataan bahwa Conan (Shinichi) menyukai Ran.

Untuk saat ini, Conan tetap menjaga dan mengawasi keselamatan Haibara jika sesuatu terjadi. Dia juga khawatir dengan kondisi mental Haibara tentang keterlibatannya dengan Organisasi Hitam. Haibara merasa tertekan dan takut jika suatu hari nanti Gin dan komplotannya berhasil menemukan Haibara kemudian membunuhnya dan orang-orang disektarnya, termasuk Conan.

Yukiko Kudo (ibu Shinichi) dan Jodie Starling (FBI - Guru bahasa Inggris SMA Teitan) merasa bahwa Haibara mempunyai rasa kasih sayang yang kuat terhadap Conan. Mereka berdua sangat ahli jika ngomongin soal cinta.

Haibara adalah satu-satunya orang yang pertama kali memperingatkan Conan atas tindakan berbahaya yang diambilnya.

Episode - Episode Menarik (Anime)


Episode 129 (Gadis dari Organisasi Hitam dan kasus pembunuhan profesor universitas - Spesial 2 Jam).
Saat pertama kali Haibara sampai di SD Teitan, Genta berteriak menawarkan bangku kosong disebelahnya. Tetapi Haibara berjalan terus melewati bangku tersebut dan mengabaikan Genta, kemudian mengambil tempat duduk tepat disamping Conan. Dan dengan nada yang datar dia berkata,"Senang berkenalan dengan mu." yang mengagetkan Conan. Conan hanya menjawab,"Yeah...
Setelah pelajaran selesai,grup Detektif Cilik berusaha untuk mengejar Haibara di lorong kelas untuk menanyakan apakah dia bersedia untuk pulang bersama. Haibara mengabaikan semua usaha Ayumi untuk berbincang dengannya hingga dia bertanya tentang tempat tinggalnya. Dia menjawab, "Blok 22 Beika, Jalan kedua." Conan berpikir bahwa alamat itu tidak asing dan berkata dalam hati, bahwa rumahnya (rumah Shinichi Kudo) tidaklah jauh dari rumahnya. Haibara menoleh kearah Conan dan tersenyum dingin. Tentu saja Conan kaget dan menyebabkan wajahnya memerah. Genta menyadari hal tersebut dan bertanya,"Apakah kamu menyukai gadis dingin itu?" Dengan cepat Conan menyangkalnya.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara memandang Conan saat pulang sekolah

Ketika Ayumi dan Mitsuhiko bercerita pada Haibara tentang grup Detektif Cilik, dia bertanya, "Apakah Edogawa Conan juga ikut?" Tak lama setelah itu, grup Detektif Cilik menghadapi sebuah kasus tentang kakak laki-laki teman sekelasnya yang telah menghilang dan dia ingin mereka menemukannya. Setelah kasus terpecahkan dan Haibara menembakkan pistol ke jendela yang menyebabkan Inspektur Megure marah, dia memulai tangisan palsunya (yang dia lakukan dengan baik) untuk keluar dari masalah tersebut. Conan berjalan bersama dengan Haibara untuk mengantarnya pulang sambil dia masih menangis. Ketika dia akan meninggalkannya sesaat sebelum sampai di rumahnya, tiba-tiba dia berhenti menangis kemudian mulai bercerita tetang obat yang disebut "APTX4869". Conan begitu bingung, namun Haibara meneruskan pembicaraannya tentang obat itu. Bagaimana dia membuatnya dan bagaimana dia bisa mengecil. Dari caranya berbicara, jelas-jelas bahwa Haibara bukanlah seperti anak perempuan pada umumnya. Tidak sampai dia berkata bahwa dia tinggal di Rumah Profesor Agasa dan Profesor Agasa "Tidak lagi di dunia ini". Hal tersebut membuat Conan begitu ketakutan. Dia menelpon Profesor Agasa, namun dia tak menjawabnya. Sesaat Haibara tersenyum jahat (dan kemudian mendongak keatas), Conan berlari meninggalkan Haibara dan berlari kencang menuju Rumah Profesor Agasa. Berharap dia bisa menyelamatkannya.
Setelah itu, Conan, Haibara dan Profesor Agasa menghadapi kasus lain yaitu kasus pembunuhan di ruang tertutup. Korban adalah seorang profesor universitas. Setelah Conan memecahkan kasusnya, Conan memutuskan untuk pulang. Ketika Conan mengajak Haibara untuk ikut pulang, tampak bahwa Haibara saat itu meneteskan air mata dan bertanya pada Conan kenapa dia tidak menolong kakaknya. Untuk menjawab kebingungan Conan, Haibara menjelaskan (masih dalam keadaan menangis) bahwa nama yang dia gunakan adalah nama seorang korban dari kasus yang pada saat itu mereka hadapi. Lalu Conan menyadari bahwa gadis yang sama telah tewas dalam kasus perampokan bank. Haibara terus berteriak pada Conan, bahwa mungkin dengan keahliannya dalam menganalisis dia seharusnya mengetahui sebuah kebenaran dari kasus kakaknya. Dia terjatuh dan berlutut, meremas bajunya dan terus menangis dihadapannya. Itu adalah tangis (nangis beneran, bukan pura-pura) Haibara untuk pertama kalinya. Conan juga bilang bahwa untuk pertama kalinya Haibara menunjukkan wajah polosnya.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara menangis karena menganggap Conan tidak bisa menyelamatkan kakaknya



Wajah polos Haibara ditunjukkan ketika ia menangis untuk pertama kalinya.



Episode 130-131 (Kasus Ancaman Berbahaya di Stadion)
Pada pertandingan sepak bola, Haibara hanya duduk saja sambil membaca majalah. Conan menegurnya karena dia tidak menikmati sepak bola. Haibara menjawab jika dia tidak bisa ikut menonton karena takut salah satu kamera TV yang pada waktu itu ikut meliput pertandingan sepak bola tanpa sengaja merekam wajahnya. Khawatirnya rekaman tersebut akan diketahui BO mengingat organisasi tersebut sudah mengetahui wajah masa kecil Haibara. Namun Conan tetap memaksa dan melepaskan kacamata yang dikenakan Haibara dan menggantinya dengan topi yang pakai Conan. Tampaknya Conan tidak mau Haibara terus berpikir soal BO.











Saat orang misterius menelpon liputan TV Nichiuri, Conan bertanya kenapa dia tidak menikmati pertandingan sepak bola seperti anak-anak yang lain. Apakah Haibara dia tidak merasa tegang dan deg-degan saat melihat pertandingan yang seru tersebut. Conan juga bilang jika Haibara merasa sangat tenang ketika dia baru pertama kali masuk kelas sebagai anak kecil. Haibara pun menjawab, "Wajar bukan? Itu semua karena ada kamu. Karena kamu ada di kelas itu aku jadi tenang. Kamu yang memiliki nasib yang sama sepertiku. Itulah kenapa aku jadi tenang." Salah satu pengakuan yang berusaha ditutupi dengan "aku punya nasib yang sama denganmu".









Diakhir film pada bagian kedua kasus ini, Haibara menatap ke kejauhan setelah Conan membuat lelucon tentang usia Haibara yang 84 tahun. Kemudian dia berkata, "Usiaku baru 18, 1 tahun lebih tua dari usiamu. Mungkin suatu hari nanti..." Kata-katanya terpotong sebelum dia memandang di kejauhan lagi.

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai

Haibara mengatakan bahwa usianya tidak setua yang dikatakan sebelumnya.

Episode 136-137 (Penyelidikan Kasus Blue Castle)
Ketika Conan berusaha memecahkan sebuah kode pada papan catur raksasa disebuah villa ditengah hutan, Haibara menghapiri Conan dan mendekatkan wajahnya seraya bertanya apakah dia senang karena dapat memecahkan kodenya. Wajah Conan memerah ketika muka Haibara semakin mendekat. Kemudian dia menjawab, "Aku pikir juga begitu..." Setelah itu mereka dikagetkan oleh Ayumi yang berteriak pada
Genta dan Mitsuhiko,"Hey...apa yang kalian lakukan?
Beberapa saat kemudian, Conan menghilang. Semua panik, bahkan Ayumi mulai menangis. etika semua orang berusaha menemukannya, hujan mulai turun. Haibara berkata pada Ayumi untuk berhenti menangis, "Edogawa-kun bukanlah tipe orang yang membuatmu khawatir. Dia akan kembali dengan segera". Ayumi berkata,"Hey...bagaimana kamu tau tentang Conan?". Haibara menjawab,"Oh...ayolah. Kenapa kamu bertanya begitu?" "Itu karena kamu suka dengan Conan kan?" kata Ayumi. Haibara terkejut mendengar pertanyaan tersebut. "Bagaimana jika iya?" "Jangan..." kata Ayumi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada cinta segitiga. Haibara melihat Ayumi begitu khawatir. Lalu Haibara mengatakan bahwa dia tidak mempunyai perasaan apapun terhadap Conan.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Ayumi khawatir jika Haibara memang benar menyukai Conan

Episode 138-139 (Kasus Pembunuhan Pemutaran Akhir)
Pada saat dimulainya film Gomera yang kedua, Ayumi tertidur dan bersandar di pundak Conan. Ketika Conan ingin meminta bantuan pada Haibara untuk bertukar tempat duduk, tiba-tiba Haibara juga tertidur dipundaknya.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Adegan saat pemutaran movie Gomera yang kedua.
Episode 156 (Kisah Cinta Detektif Polisi Metropolitan bagian 2)
Kisah ini dimulai dimana Conan dan Haibara berada didalam gedung yang tidak terpakai. Haibara berkata pada Conan bahwa dia (mungkin yang dimaksud adalah Ran) telah mengetahui tentang identitas sebenarnya. Ketika Conan bertanya, kenapa dia menceritakan ini semua pada Conan. Lalu Haibara menjawab bahwa Conan mungkin tau tentang hati seorang penjahat, tapi tidak untuk hati seorang wanita. Tanpa terduga, tiba-tiba Haibara berkata,"Aku jatuh cinta padamu". Wajah Conan berubah, namun dia tidak terkejut sama sekali. Haibara melanjutkan perkataannya: "Aku pikir kamu bahkan tidak menyadarinya... Kamen Yaiba-san." Mitsuhiko berteriak, "CUT!". Dan ternyata mereka hanya sedang berakting dan berlatih untuk memerankan video "SD Teitan" dengan Mitsuhiko sebagai sutradaranya. 
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Conan dan Haibara berada dalam gedung kosong tak terpakai

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara nembak Conan (just kid :D )

Episode 176-178 (Pertemuan Kembali dengan Organisasi Hitam)
Conan dan Haibara pergi ke Hotel Haido City untuk bertemu dengan Pisco (salah satu anggota Organisasi Hitam), sebelum dia membunuh seseorang menggunakan obat yang sama untuk mengecilkan tubuh Conan dan Haibara. Pada episode ini, Haibara benar-benar ketakutan karena pada malam sebelumnya, dia bermimpi bahwasanya identitasnya terbongkar. Gin membunuh semua orang yang berhubungan dengan dirinya. Dia juga menceritakan bahwa pada mimpinya, orang yang pertama kali dia bunuh adalah Conan (bukan karena dia adalah Shinichi, melainkan karena dia adalah orang yang berhubungan dengan Haibara) yang mengisyaratkan ketakutan yang luar biasa akan kehilangannya Conan.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Dalam mimpi Haibara, Conan adalah orang yang pertama kali ditembak oleh Gin

Setelah Haibara berkata, "Mungkin, jika aku telah terbunuh oleh Organisasi Hitam,  tidak akan ada lagi orang terbunuh..." tiba-tiba Conan memotong pembicaraannya dengan memakaikan kacamatanya pada Haibara (satu-satunya cara untuk mencegah seseorang mengenali Haibara).
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Conan meminjamkan kacamatanya untuk menyamarkan wajah Haibara

Setelah Haibara kembali mengecil, Conan melepas jaketnya dan memakaikannya pada tubuh telanjang Haibara dan membawanya dari gedung yang terbakar sebelum Pisco dan Gin menemukan mereka. 

Episode 190 (Kebangkitan dari Keputusasaan - Pilihan Ketiga)
Saat Conan sedang terbaring di rumah sakit setelah mengalami tranfusi darah, Haibara menyelinap ke kamarnya dan menodongkan pistol pada Conan. Dia berkata bahwa dia akan diterima kembali oleh Organisasi Hitam jika dia membunuh Conan dan orang-orang yang berhubungan dengan dirinya. Diantara suasana yang tegang dan wajah Conan yang khawatir, Haibara menarik pelatuknya.Dan... PLARR!! Yang keluar dari moncong pistolnya adalah bunga mawar merah. Secara simbolis, mawar merah menggambarkan tentang kasih sayang atau hasrat, menandakan bahwa mungkin Haibara mempunyai sebuah perasaan romantis terhadap Conan.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara memberikan sedikit kejutan pada Conan
Episode 230-231 (Penumpang Misterius)
Pada suatu hari, Profesor Agasa dan grup Detective Cilik akan pergi ke suatu tempat menaiki bus umum. Disana Conan dan Haibara duduk bersama dan terpisah dengan yang lain. Selama dalam perjalanan, Haibara bercerita banyak tentang Organisasi Hitam termasuk kemampuannya "mencium" keberadaan mereka.

Conan juga berusaha "mengenali" bau organisasi hitam xD

Sesaat setelah mereka selesai bercerita, ternyata apa yang dia ceritakan tentang kemampuannya tersebut, benar-benar terjadi. Tiba-tiba Haibara merasa ketakutakutan yang luar biasa setelah beberapa orang masuk ke dalam bus. Haibara yakin, bahwa salah satu dari anggota Organisasi hitam ada dalam yang bus tersebut. Disaat yang sama, Ibu Guru Jodie bersama Dr. Araide memasuki bus yang sama. Conan yang melihat keadaan Haibara begitu heran, sampai akhirnya Conan yakin bahwa saat ini Haibara merasakan keberadaan mereka.
Haibara ingin bertukar tempat duduk karena dia merasakan keberadaan BO

Selang berberapa menit, dua pria berusaha membajak bus yang sedang mereka tumpangi. Conan menyangka bahwa pembajakan bus ini, merupakan salah satu kejahatan BO. Disaat yang tidak tepat Bu Jodie malah berbincang-bincang dengan Conan. Ketika ibu Jodie menanyakan nama Haibara pada Conan, dengan penuh ketakutan Haibara menggenggam tangan Conan, berharap Conan mau mengerti keadaannya.
Ibu guru Jodie menanyakan nama Haibara pada Conan
Haibara menggenggam tangan Conan, berharap dia tidak menceritakan apapun.

Diakhir episode, bus yang mereka tumpangi dalam satu menit akan meledak. Semua penumpang berhamburan keluar, namun ketika Conan dan teman-teman keluar Ayumi menyadari bahwa Haibara tidak bersama mereka. Conan berasumsi bahwa Haibara ingin mengakhiri hidupnya karena pada akhirnya dia akan bertemu salah satu anggota Oraganisasi Hitam ketika mereka diintrogasi dan dia yakin bahwa orang tersebut akan mengenalinya. Tiba-tiba dia mendengar kaca jendela yang pecah. Haibara melihat Conan, kemudian Conan menarik tangan Haibara, memeluknya dan melompat melewati jendela yang pecah tersebut. Ketika terjatuh, Conan pun juga menjadikan dirinya sebagai bantalan agar Haibara tidak terluka.
Conan memeluk Haibara saat menyelamatkan Haibara yang putus asa

Conan melindungi Haibara dengan menjadikan dirinya sebagai bantalan

Pada cuplikan akhir, kaki Haibara penuh darah. Namun ternyata itu darahnya Conan yang dilumurkan pada kakinya agar dia tidak diinterogasi. Jika itu terjadi, dia akan diinterogasi dengan organisasi Jubah Hitam yang sedang menyamar.
Conan melumurkan darahnya pada Haibara agar dia tidak diinterogasi

Episode 233-234 (Bukti yang Tak Bisa Menghilang)
10 hari setelah pembajakan bus tersebut, Haibara kehilangan semangat dalam menjalani hari-harinya. Keputusasaannya menyebabkan dia lebih sering mengaitkan-ngaitkan topik pembicaraan dengan suasana hatinya. Awalnya Conan memang khawatir, tapi lama-kelamaan Haibara membicarakan hal yang berlebihan.
Conan mengkhawatirkan kondisi Haibara

Akibatnya, Haibara mendapat peringatan dari Conan agar menghentikan sikapnya dan melupakan peristiwa pembajakan bus tersebut.
Conan menegur Haibara karena dia berbicara hal yang aneh-aneh 
Profesor Agasa menyarankan Conan agar dia menghibur Haibara

Conan menyarankan agar dia tetap optimis dalam menjalani hidupnya. Dia juga berkata, jika Haibara bisa mencium BO, maka dia pun juga bisa mendeteksinya. Selama Haibara bersama Conan, dia tidak harus terlalu khawatir, karena Conan adalah detektif. Selama Haibara mendengarkan penjelasan Conan, Haibara melihat ke arah Conan karena tertegun kagum. Conan bertanya, "Ada apa dengan tatapan itu, apakah kamu tidak percaya pada detektif?". Haibara menjawab, "Tidak. Aku hanya kagum"
Haibara mengagumi sikap Conan

Haibara dalam mood yang buruk sepanjang 2 episode. Bagaimanapun, Ayumi, Genta dan Mitsuhiko berusaha menghiburnya agar dia bisa kembali senang. Ketika dia bisa tersenyum, Conan berkata bahwa seharusnya dia tetap tersenyum seperti itu, karena senyumnya itu nampak seperti seorang anak kecil. Tanpa sadar, Haibara tersipu malu. 
Haibara tersipu karena pujian Conan

Ayumi, Genta dan Mitsuhiko senang karena Haibara bisa tersenyum lagi.

Conan menyarankan agar dia tetap tersenyum seperti itu

Episode 246-247 (Misteri Perangkap Jala)
Suatu hari grup detektif cilik sedang berlibur dengan profesor Agasa di sebuah pantai. Pada saat itu, mereka sedang bermain kucing-kucingan dan yang jadi kucing adalah Conan. Tapi Conan malah bersantai dari pada menjadi kucing. Karena pantai sangat ramai, tanpa sengaja Conan ditabrak oleh gadis yang sedang bermain. Conan tersipu karena dibantu berdiri oleh gadis yang menabraknya.
Conan ditegur oleh yang lain karena tidak serius dalam bermain. Tiba-tiba Genta muncul dari dalam air. Genta bertanya tubuh gadis mana yang menarik bagi dia. Conan menjawab, "Tidak ada, tapi kalau gadis yang pakai baju renang belang-belang itu lain lagi". Tiba-tiba Haibara menyambung, "Oh begitu. Jadi kamu sedang membayangkan gadis yang sedang kau sukai (Ran) mempunyai tubuh seperti wanita itu kan (maksudnya gadis baju renang belang-belang )?". Tanpa disangka, gadis yang Conan maksud adalah Ran. Ran ternyata sedang berlibur ke tempat yang sama dengan Conan tanpa dia ketahui. Sekejap, raut wajah Ai berubah drastis dari wajah yang berusaha humoris menjadi wajah yang dingin.

Conan mencoba lebih suka tubuh gadis yang berbaju belang-belang.
Gadis yang Conan maksud ternyata Ran

Suatu saat, Ai mengalami demam tinggi dan kulitnya terbakar. Ran menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan Ai. Dia segera membawanya ke tepi pantai. Ran khawatir dengan kondisi Ai. Namun tidak dengan Ai yang sebenarnya malah acuh dengan sikap khawatir Ran. Ternyata kondisi Ai disebabkan karena Ai tidak berenang tapi malah berdiam diri di pantai dan membiarkan tubuhnya tersengat matahari. Conan berkata pada Haibara, "Kalau kau capek seharusnya kau beristirahat saja". Namun Ai menjawab, "Aku tidak capek, hanya saja aku sedang melarikan diri". Profesor Agasa mengira bahwa Ai sedang melarikan diri dari hiu tapi Conan mengira bahwa tidak mungkin ada hiu di pantai tersebut. Kemudian Ai bercerita, "Aku tidak sedang melarikan diri dari hiu, melainkan dari lumba-lumba. Aku tidak bisa bersaing dengan lumba-lumba. Bahkan ikan hiu yang jahat yang keluar dari dasar laut yang dingin dan gelap saja tidak berdaya". Conan bingung dengan arah pembicaraan Ai. Ai berharap, dia ditinggalkan sendirian. Istilah lumba-lumba merujuk pada Ran, yang ditunjukkan pada bola pantai yang dimainkan Ran. Sedangkan maksud dari "Ikan hiu yang datang dari dasar laut yang dingin dan gelap" adalah dirinya, yang ditunjukkan oleh baju renangnya.

Ran membawa Ai ke tepi pantai.
Ran mengkhawatirkan kondisi Ai 
Ai bercerita bahwa saat ini dia sedang bersaing dengan lumba-lumba
Lumba-lumba yang Ai maksud adalah bola yang dipegang Ran 

Saat makan malam tiba, Ran dan Sonoko bergabung dengan meja detektif cilik. Ran menyadari bahwa Ai tidak ada. Ternyata Ai sedang tidur dikamar. Sonoko bilang, kenapa Ran jadi perhatian dengan Ai. Ran menjelaskan bahwa dia hanya ingin berbincang-bincang. Ran jarang mengobrol dengan Ai, bahkan Ai selalu menghindar ketika bertatap mata dengan Ran. Ran menganggap Ai tidak menyukainya. Namun Ayumi menyanggah,dia malah berkata kalau Ai sudah bilang ke Conan kalau Ran mempunyai bokong yang bagus untuk "anzai" (melahirkan), padahal maksudnya cara berhitung cepat. Sontak, Ran langsung marah pada Conan :D .
Saat kasus terpecahkan, pelaku mengatakan sesuatu tentang keberanian. Ran marah, dan dengan ekspresi yang dalam dia mengatakan bahwa keberanian adalah kata kebenaran untuk membangkitkan semangat diri. Keberanian tidak boleh digunakan untuk mengambil hidup orang lain. Ai memperhatikan Ran. Ai mereasa, ada sesuatu yang berbeda dalam diri Ran. 

Ran mengatakan sesuatu tentang "Keberanian"
Ai memperhatikan apa yang dikatakan Ran saat itu.

Di akhir bagian episode, Ran tidak percaya bahwa dia mampu mengatakan tentang keberanian sebelumnya. Dia beranggapan bahwa Shinichi akan melakukan hal yang sama seperti Ran. Tiba-tiba Haibara mendatangi Ran. Dia berusaha memaknai apa yang dikatakan Ran tentang keberanian dan kebenaran. Selanjutnya Ai berkata, "Namaku Haibara Ai, salam kenal". Dari sini mungkin Ai mulai berpikir bahwa lebih baik dia menyerah, Ran memang sangat cocok dengan Shinichi. 

Ai mulai terbuka dan menyadari kenyataan 

 

Ai ingin bersahabat dengan Ran

Episode 269-270 (Ingatan Kejahatan yang Tidak Terlupakan)
Setelah kejadian valentine berdarah, para Detectif Cilik diundang untuk menikamti coklat buatan Ran. Mereka sangat senang. Selain rasa coklatnya yang enak, motif dan bentuknya juga menyerupai wajah masing-masing. Kemudian Haibara berkata pada Conan, "Dilihat dari wajahnya, sepertinya kamu telah menerima coklatnya dan berhasil menipunya yang sedang bersedih" Conan heran dan bertanya, kenapa bisa Haibara bisa tau, kalau Ran sedang bersedih. Haibara pun menjawab, "Karya mencerminkan hati pembuatnya. Setiap coklatnya sedang tersenyum, tapi wajahnya sedang bersedih" Disaat itu pula Haibara berpikir, bahwa Ran memang tangguh karena dapat menahan kesedihan yang dia alami tanpa meneteskan air mata. Ada kemungkinan, Haibara ingin Conan tidak lagi mempermainkan hati Ran. Conan bingung dan berkata, "Kenapa kamu bisa tau tentang ini?" Lalu Haibara menjawab, "Apakah aku terlihat seperti anak kecil bagimu?" Eh? Apakah Haibara sedang berusaha untuk menunjukkan sisi dewasanya di depan Conan?
Haibara bisa merasakan apa yang saat ini Ran rasakan.
Profesor Agasa bertanya pada Conan, apa yang ditanyakan pada Conan. Namun Conan tidak mau menjawab. Haibara pun juga berkata, "Sudah aku duga, kamu tidak akan menceritakan apapun". Haibara pun juga berpikir, Conan memang benar-benar anak yang berusaha menegakkan kebenaran dan keadilan. Dia juga menanggung masalahnya sendirian tanpa mau bercerita dengan yang lain, demi melindungi orang-orang yang disekitarnya. Saat dia memandangnya sambil tersenyum pun dia berkata dalam hati bahwa laki-laki yang seperti dia sangat membuatnya kagum. Namun, Haibara mungkin heran, jika nanti Conan bisa menyadari rasa keadilannya ternyata bisa menyakiti Ran atau bahkan Haibara sendiri dengan kesepian, ketidakpastian, dan kerentanan. Sesaat setelahnya, wajah Haibara langsung muram
Conan sedang menutupi apa yang sedang terjadi
Saat semua kasus telah terpecahkan, Conan akan melakukan analisanya. Namun sebelum itu, Conan berusaha menghubungi kantor Detektif Kogoro. Tidak satupun yang menjawab. Conan mulai khawatir jangan-jangan terjadi sesuatu, mengingat bahwasannya akhir-akhir ini Mouri sedang diikuti oleh seseorang yang kemungkinan adalah Organisasi Hitam. Tiba-tiba Haibara berkata,"Kamu hanya akan terus dan terus khawatir... Ini tentang pacarmu kan?" Kemudian dia juga menegasakan, bahwasanya apapun yang nantinya terjadi Conan dilarang mengatakan apaun tentang jati dirinya  ataupun organisasi tersebut. Mungkin anda akan sedikit menyadari, dibalik rasa kekhawatirannya dia tengah menyembunyikan rasa cemburu yang dalam. Apalagi Conan juga sudah menerima coklat yang dibuat oleh Ran. Walaupun begitu Conan sama sekali tidak senang. Sejenak Haibara menjadi heran, kenapa bisa begitu. Setelah sekian lama Conan mempunyai perasaan pada Ran, Conan tidak mau mengatakan apapun kepada dirinya. Profesor pun lantas juga bingung, bukankah Conan sudah menerima coklat dari Ran lalu apa yang sedang dia tunggu. Kemudian Conan menjelaskan, bahwa sebenarnya, Ran ingin sekali bertemu Conan sebagai Shinichi. Haibara pun kaget. Conan berkata, bahwa jika nanti dia mengatakan perasaannya pada Ran, Conan hanya akan menyakiti Ran karena pada dasarnya dia akan memberikan rasa rindu yang berlarut-larut. Setelah semua yang terjadi, Conan adalah satu-satunya orang yang mematahkan hatinya dengan membuatnya menunggu begitu lama walaupun sebernarnya Shinichi berada didekat Ran sebagai Conan. Nah, disaat Haibara mendengarkan semua kenyataan tentang cinta Conan, Haibara berkata dalam hati, "Menyedihkan bukan, kita berdua?" Jika hal yang menyedihkan terjadi pada Conan lantaran dia tidak bisa menyatakan cintanya pada Ran, berarti Haibara mempunyai kondisi yang sama karena dia tidak bisa menyatakan perasaannya pada Conan.
Haibara terkejut lantaran ternyata, Conan belum pernah mengatakan cinta pada Ran

Conan tidak ingin membuat Ran menangis walaupun nantinya dia tidak mendapat tempat lagi di hatinya
Haibara berpikir, mungkin dia mempunyai kesamaan nasib tentang ketidakmampuan mengatakan isi perasaan 

Episode 277 (Guru Bahasa Inggris VS Detektif dari Barat)
Setelah menyelesaikan kasus sebelumnya, Conan merasa bahwa seseorang tengah menyelidiki detektif Mouri. Ada kemungkinan bahwa penyelidikan itu dilakukan oleh Organisasi Hitam. Hal tersebut diceritakan pada profesor Agasa. Namun, profesor Agasa malah marah, kerena Conan tidak menceritakan hal ini sebelumnnya. Alasan Conan tidak menceritakannya lantaran, Haibara selalu didekatnya. Conan sangat khawatir jika nanti Haibara ketakutan dan kabur dari rumah lagi. Dia juga berjanji bahwa jika nanti bahaya mengintai Haibara, dialah yang akan bertanggung jawab. Makanya, Conan tidak pernah melibatkan Haibara saat menghadapi Organisasi Hitam. Conan sangatlah peduli terhadap Haibara. Dia merasa bahwa Haibara memang orang yang ingin dia lindungi.
Conan khawatir jika nanti Haibara kabur karena mengerti kodisi yang dihadapi

Conan berpikir bahwa Haibara adalah orang yang pantas mendapat perlindungannya

Episode 280 (Misteri Supporter Gila)
Telah terjadi kasus pembunuhan di dalam kereta yang melibatkan para supporter sepak bola. Di tengah penyelidikan tersebut, Haibara tiba-tiba menghilang. Ternyata, dia sedang melihat pertandingan sepak bola terutama dia memperhatikan permainan Higo. Haibara yang biasanya tidak begitu tertarik pada sepak bola, tidak melepaskan pandangannya dari layar. Saat itulah Conan menjawab pertanyaan itu. Conan berkata, bahwa Haibara mempunyai nasib yang serupa dengan Higo yang saat itu memilih untuk meninggalkan timnya. Conan meyakinkan, bahwa pilihan Higo untuk meninggalkan tim adalah hal yang benar, seperti halnya Haibara meninggalkan Organisasi Hitam. Namun Conan juga menyampaikan bahwasanya Higo meninggalkan tim juga punya alasan. Setiap orang selalu memiliki alasan masing-masing untuk meninggalkan masa lalunya, termasuk Haibara.
Haibara mempunyai nasib yang sama dengan Higo




Diakhir episode, Conan mengira bahwa Haibara menaiki kereta untuk meninggalkan kota. Dia teringat bahwa Haibara pernah berkata, "Tidak ada lagi tempat bagi seorang pengkhianat. Melarikan diri adalah salah satu jalan untuk melupakan segalanya". Walaupun sebenarnya topik pembicaraan adalah Higo yang meninggal timnya, namun sebenarnya dia sedang membicarakan dirinya sendiri.



Conan berteriak memanggil nama Haibara dengan ekspresi khawatir. Namun sebenarnya Haibara ada dibelakang Conan dan bertanya mengapa dia berteriak. Dia juga berkata,"Kamu melarangku untuk tidak berlari dari nasib". Haibara menatap Conan dengan wajah serius dan bertanya apakah Conan akan melindunginya. Tentu saja Conan menjawab ya. Haibara menegaskan bahwa bukanlah gadis lemah yang perlu dilindungi. Tapi, dari wajahnya yang terlihat serius tadi, Haibara memang berharap Conan selalu disampingnya untuk melindungi.
Conan berteriak memanggil Haibara 

Conan tidak akan membiarkan Haibara lari dari takdir

Haibara bertanya apakah Conan akan senantiasa melindunginya.
Haibara meyakinkan bahwa dia tidak perlu dilindungi oleh Conan
 
Conan berkata bahwa pada akhirnya, Higo berhasil mencetak gol. Conan berusaha menunjukkan bahwa orang seperti Higo yang dipandang sebelah mata selalu memiliki akhir yang bahagia, sama halnya seperti Haibara, walaupun dia adalah seorang pengkhianat, Haibara pasti memiliki akhir yang bahagia nantinya. Yang lucu, dengan karakter tsundere-nya dia menjawab, "ngapain bilang gitu, aku ngga peduli juga". Walaupun bilangnya ngga peduli, Haibara tetap menonton laga sepakbola yang menunjukkan kemenangan tim Higo sambil senyum-senyum sendiri.





[INTERMEZZO]
Berikut bukan episode edisi Conan Ai, namun episode panjang kilas balik Shinichi dan Ran
Episode 286-288 (Kasus Kudo Shinichi Saat Berada Di New York)
Judul ini merupakan satu kasus dengan 3 episode panjang yang menceritakan tentang kasus seri pembunuhan. Di akhir episdoe, Ran juga bertemu dengan Akai Suichi selaku agen FBI yang mencari buronan pelaku pembunuhan.  

Episode 290 (Hutan yang Membingungkan Mitsuhiko!)
Bercerita tentang hilangnya Mitsuhiko di dalam hutan di pegunungan Gunma. Saat tim Detektif Cilik mencari bersama Prof. Agasa mereka bertemu dengan Detektif Yamamura. Ternyata pada saat itu Detektif Yamamura sedang melakukan pencarian terhadap pelaku pembunuhan yang melarikan diri. Kemudian Prof. Agasa menjelaskan situasi saat ini. Beberapa menit kedepan, dijelaskan bahwasannya pelaku yang dimaksud Detektif Yamamura adalah anggota Organisasi Baju Hitam. Walaupun sebenarnya dia adalah tes subjek untuk obat APTX4869




Ayumi yang saat itu sedang membicarakan Sasa-dango dan panglima perang, tiba-tiba mendongak ke atas dan melihat pelaku pembunuhan yang dimaksud oleh Detektif Yamamura berada di atas pohon. Ayumi berteriak dan pelaku langsung turun serta melarikan diri. Disaat yang sama, Haibara ketakutan karena pada saat itu dia yang memiliki indera untuk mendeteksi Organisasi Baju Hitam tiba-tiba tidak dapat mendeteksi keberadaannya.


Dia menjelaskan bahwa kemampuan tersebut adalah sebuah anugerah yang juga dimiliki oleh kakak Haibara. Kemampuan ini adalah satu-satunya alasan bagi Haibara kenapa sampai sekarang ia tetap hidup. Haibara berpikir bahwa, kemampuan ini hilang karena dia terlalu lama berada di zona aman bersama teman-teman Haibara. Hal inilah yang membuat Haibara khawatir dan sedih, terlihat sekali melalui wajahnya. Namun, Conan tidak beranggapan demikian. Conan berusaha menenangkan Haibara yang benar-benar khawatir dengan mengatakan bahwasannya hal tersebut justru bagus, karena pada akhirnya Haibara dapat hidup dengan normal.






Akhirnya Mitsuhiko ditemukan  namun dalam kondisi tertangkap oleh buronan tersebut. Dan mengejutkannya, keduanya bahkan memiliki alasan yang sama kenapa berada di hutan. Ya, kunang kunang. Kendati seorang pembunuh, namun dia tidak bisa berbohong bahwasannya dia juga merindukan masa kecilnya bermain bersama kunang-kunang. Sedangkan Mitsuhiko ingin menangkap kunang-kunang karena Ayumi dan Haibara ingin sekali melihat kunang-kunang di musim panas.


Episode 294-295 (Perseteruan dari Ketetapan Hati dan Cinta)
Diawal episode, Conan menyadari bahwa Haibara yang biasanya tidak ikut dalam perjalanan mereka, bertingkah sedikit aneh karena memutuskan untuk ikut bersama dengan mereka. Conan bertanya,"Aku ingin tahu, apa yang membuatmu tertarik untuk ikut kali ini?". Haibara menjawab bahwa dia sebenarnya juga tidak tertarik dengan perjalanan mereka. Dia hanya ingin sebuah tempat yang dapat membuatnya lebih fokus untuk membaca. Ditambah lagi, "Disamping itu, kamu tak kan bisa melindungiku jika aku tidak bersamamu kan?".
Setelah kasus selesai, Conan dan Haibara harus berlari bersama karena mereka melewatkan pertandingan semi-final. Ketika Conan hampir tiba, Haibara menyusulnya dan berkata, "Aku akan berlari dengan mu".

Episode 299
Episode 312

Episode 335-336 (Rahasia Studio Pembuatan Film Tohto)
Pada episode ini, Yukiko (Ibu dari Shinichi) berkata bahwa Shinichi adalah cwok yang populer dikalangan para gadis. Conan menganggap mungkin yang ibunya maksud adalah Ayumi. Tapi ibunya menjawab bahwa bukan hanya Ayumi yang dia maksud, melainkan juga Haibara. Yukiko berkata,"Dia memperhatikanmu lebih dari 10 kali". "Hanya ada 2 alasan mengapa seoranga gadis menatap laki-laki seperti itu." Lanjutnya,"Ada sesuatu diwajahnya atau mungkin dia memang suka pada laki-laki itu". Conan kaget dan mengelak dan berkata bahwa Haibara hanya memperhatikan bagaimana perkembangan "object percobaannya" atas obat APTX 4869.
Sebelum Yukiko meninggalkan mereka dari studio, Yukiko memanggil Conan. Dia mengingatkan kembali pada Conan bahwa Conan harus tetap menjaga dia (Haibara). Sebelum Yukiko melanjutkan perjalanan, Conan berkata,"Ya.. Aku tau...Aku tau.." sambil lalu.
Setelah beberapa lama, Detektif Cilik beranjak tidur. Mereka tidur di kasur yang sama. Ketika semua terlelap, hanya tinggal Conan dan Haibara yang masih tetap terjaga. Sebelum mengakhiri perbincangan antar Conan dan Haibara, Conan bertanya pada Haibara yang sedang tidur disampingnya dengan mimik yang serius. Tanggapan Haibara nampaknya juga serius pula. Namun ternyata yang ditanyakan Conan sangat sepele,"Apakah ada sesuatu di wajahku"
Setelah kasus berhasil dipecahkan, Haibara yang pada saat itu mengetahui bahwa dirinya sedang diikuti berusaha memberitahukan pada Conan bahwa orang yang sedang mengikutinya sedang melewati mobil mereka. pada awalnya Conan tidak menghiraukan, namun saat orang itu tepat melewati mobil mereka, Conan menutup mulut Haibara, untuk melarangnya berisik. Conan berkata, bahwa orang-orang tersebut
sudah tidak lagi membuntutinya. 


Episode 340
Episode 345

Episode 346-347 (Menemukan Tanda di Pantat)
Ai telah terjebak dengan kondisi yang sangat mengancam nyawanya. Ibu guru Jodie (FBI) yang mengetahui hal tersebut, menawarkan jasa perlindungan saksi. Hal tersebut membuatnya harus berpisah dengan yang lain dan mengasingkan diri, serta mendapatkan identitas baru, hidup aman, nyaman dan tentram. Namun Ai menolaknya. Dia lebih memilih tetap bersama Conan, Dr. Agasa dan yang lainnya. Adegan dan mimik Ai saat mengucapkan hal tersebut memang benar menunjukkan bahwa dia tidak ingin berpisah dengan Conan.

Episode 401
Episode 403

Episode 414 (Detektif Cilik Mencari Tahu Tentang Bluebird)
Sebelum Conan dan Haibara pulang dari rumah teman sekelas mereka, Conan berkata kepada Detektif Cilik agar mereka lekas pulang. Mereka kaget karena sebenarnya mereka tak langsung pulang, melainkan akan menyelidiki sesuatu yang mencurigakan. Namun Genta membantah,"Tentu saja kami akan pulang, Kami justru mengkhawatirkan kalian berdua (Conan dan Ai) yang sering pulang terlambat". Haibara tersenyum dan berkata,"Ya, kalian benar". Conan menjadi tersipu karena perkataannya bisa saja mengandung makna lain. 

Episode 425 (Dampak Buruk! Keluarnya Organisasi Hitam)
Oleh karena kasus sebelumnya yang dihadapi detektif Mouri, Conan terjebak oleh sebuah kondisi dimana salah satu alat canggihnya (pemancar) ditemukan oleh Organisasi Hitam. Nampak sekali bahwa Haibara sangatlah khawatir jika sampai pemancar itu ditemukan. Jika itu terjadi mereka berdua atau bahkan orang yang tak tau apa-apa (Mouri) akan menjadi incaran Organisasi itu. Selama dalam perjalanan menemukan alat pelacak itu, Conan mendapat dukungan penuh dari Haibara dengan dibantu oleh agen-agen FBI.

Episode 427 (Rahasia Besar Jalan ke Sekolah)
Setelah insiden tentang Organisasi Hitam karena kecerobohan Conan, Haibara masih merasa ketakutan. Tidak lama berselang, Mitsuhiko berkata bahwa gadis yang sangatlah mirip dengan Haibara menghilang. Tentu saja hal ini menambah ketakutan Haibara. Conan menganggap bahwa bisa jadi Organisasi Hitam menyangka bahwa itu Haibara. Namun, itu masihlah anggapan. Detektif cilik kemudian beraksi dalam mengungkap kasus hilangnya gadis itu. Selama dalam perjalanan, Conan menyadari bahwa Haibara sedang gelisah, kemudian dia menawarkan topi yang dia kenakan pada Haibara, berharap itu dapat menyamarkan wajahnya agar tidak mudah dikenali. Sebenarnya, Conan hanya ingin agar Haibara tetap tenang dalam menangani kasus yang dihadapi.

Episode 435-436 (Wawancara Detektif Cilik)
Ibu guru Kobayashi menyadari potensi terhadap Detektif Cilik. Dia mengklaim dirinya sebagai manajer Detektif Cilik. Hingga suatu hari, dia mendapatkan kesempatan diwawancarai oleh penulis lepas. Setelah datang ke apartemen penulis, tanpa terduga, si penulis malah terbunuh. Selama dalam penyelidikan, Conan yang membantu penyelidikan tanpa disadari terlalu bersemangat. Mungkin inspektur Megure, dan detektif Takagi tidaklah heran. Namun tidak untuk ibu Kobayashi yang baru pertama kali melihat deduksi Conan. Haibara yang tahu akan hal itu, segera memperingatkan Conan. Haibara meyakinkan Conan bahwa jika dia terus begitu, ibu Kobayashi tidak akan percaya kalau mereka berdua adalah anak SD. Haibara menyuruhnya untuk bertingkah seolah ia benar-benar anak kecil, seperti berkata "ah-le-le.." 

Episode 507 (Tempat Tersembunyi di dalam Karaoke Box)
Conan Detektif Cilik sedang berbelanja buku di toko buku. Conan saat itu nampak bingung dan berputar-putar. Ketika Haibara ada didepannya, tiba-tiba cubitan manis dari Haibara di pipinya membuatnya menoleh kearah sebuah rak buku. "Ada di rak itu, buku-buku misteri kan?" Kata Haibara. Kemudian Conan menjawab,"Ah.. Makasih". Diepisode ini, Conan juga diajak ke tempat karaoke oleh Ran, Sonoko Eisuke. Kalo kamu tau Conan pas nyanyi, pasti bakalan ketawa ngakak.

Episode 509 (Merah, Putih, Kuning dan Grup Detektif Cilik)
Disalah satu adegan, Haibara mengetahui Conan sedang dalam perbincangan dalam ponselnya. Dia tau bahwa orang yang sedang bercakap-cakap dengannya adalah agen FBI. Conan yang mengetahui kecurigaan Haibara langsung menyanggah, "Ini bukanlah seperti kasus (jiken=kasus) atau semacamnya...". Mitsuhiko mendengarnya dari belakang dan membuat Ayumi menangis. "Perselingkuhan (jiken = selingkuh) Conan-kun dan Ai-chan!?" yang pada saat itu melihat Conan dan Haibara sedang berduaan. Sebagai reaksi yang wajar, Conan dan Haibara memandang Ayumi dengan wajah bingung dan terkejut. Di episode ini juga, terlihat bahwa Ai berlindung dibelakangan tubuh Conan ketika dia merasakan kehadiran Organisasi Hitam.

Episode 568-569 (Inspektur Shiratori dan Kenangan Bungan Sakura)
Dalam episode ini, tidak hanya menceritakan tentang Conan dan Haibara. Yang paling seru adalah, episode ini menggambarkan tentang masa lalu inspektur Shiratori. Saat bioskop Gomera dimulai, Haibara menggenggam lengan Conan karena ketakutakn. Tahukah kalian bahwa cinta masa lalu Shiratori bukanlah Miwako, melainkan Ibu guru Kobayashi.

Episode 586-587 (Tanduk "Kirin" yang Lenyap dalam Gelap)
Ketika Conan terbaring karena mendapat kejutan elektrik dari stun gun, Haibara bersipuh di depan Conan. Tiba-tiba terdengar suara Conan,"Putih..." (yang dimaksud adalah warna stupa). Setelah dia menjelaskan mengapa dia berpura-pura pingsan, dia meminta teman-temannya berdiri di sisi yang berbeda untuk menggeliatkan badan. Dia berkata,"Ah... posisi ini membuatku sakit". Haibara berkata,"Itu benar, dan kamu dapat melihat apa yang tidak seharusnya" (Ai mengira Conan telah melihat celana dalamnya). "Itu tidak sengaja", Conan berusaha menjelaskan namun Haibara tidak mau menerimanya dan malah memanggilnya "Ecchi!!" (Mesum!!). Conan membela, bahwa dia akan diam saja kalo dia benar-benar seorang mesum.

Episode 597-598 (Skenario didalam Kolam Renang yang Tertutup)
Setelah Conan, Mitsuhiko, Genta mendengar jeritan Ayumi, Conan menemukan salah satu penghuni penginapan meninggal didalam pemandian air panas wanita. Setelah Conan mamastikan mayat tersebut dan keluar pemandian, Genta dan Mitsuhiko menanyai Conan. Disinilah letak kesalahpaman antara Conan dan Mitsuhiko serta Genta."Ngomong-ngomong, Conan-kun... Gimana?" kata Mitsuhiko memulai pembicaraan. Genta: "Kamu melihatnyanya kan?" Conan: "Melihat apa?" Mitsuhiko: "Kamu tahu... 'itu' " Genta: "Ayumi berteriak kencang kan" Conan: "Ya, Aku melihatnya..." Mitsuhiko: "Jadi kamu benar-benar..." (Disaat yang sama, wajah Ayumi dan Haibara menjadi merah karena malu) Genta: (terkejut) "Apakah kamu melihatnya!?" Conan: "Ya, tentu saja. Sangatlah wajar ketika kalian mandi dan telanjang bulat" Haibara: (marah sekaligus malu) "Dasar kamu...!!! Conan: (bingung) "Tapi kamu juga melihatnya kan... mayat kakek itu"
Adegan selanjutnya adalah ketika Conan menggunakan dasi kupu-kupunya untuk menirukan suara profesor Agasa dan berdiri dibelakangnya untuk melakukan aksi deduksinya. Conan terpergok oleh Ayumi dan yang lain. Namun Haibara menolongnya dengan menjelaskan pada teman-temannya apa yang sedang Conan lakukan. Haibara yang masih agak marah berkata,"Jangan kuatir, Aku tidak akan membiarkan mereka melihat apa yang seharusnya tidak mereka lihat, tidak seperti kamu". Conan menjawab,"Oh.. jika yang kamu maksud adalah 'itu', jangan cemas. Aku tidak melihat apapun kecuali pantatmu" dengan masih menggunakan suara Profesor Agasa. Mendengar akan hal itu, Haibara begitu malu dan marah, membuatnya mengeluarkan aura neraka. Diakhir episode, Haibara melakukan pembalasan dengan menaruh bubuk cabe pada celana Conan yang jelas sekali membuat Conan melepas celananya.

Movie 4 (Terlihat oleh Matanya)
Di movie ini, diceritakan bahwa Ran kehilangan ingatannya karena melihat inspektur Sato tertembak oleh orang yang baru saja dia kenal. Suatu hari, ketika Haibara menanyakan kondisi Ran pada Conan, Conan berkata bahwa ingatannya masih saja belum kembali. Dengan melirik Conan, Haibara berkata,"Kalau seperti ini, jika ingatannya tidak kembali, bukannya itu bagus untuk Kudo-kun?" Conan bingung, lalu Haibara melanjutkan pembicaraannya,"Dengan begitu, kau tak perlu khawatir untuk menyembunyikan identitasmu darinya" Mengingat, ternyata memang sulit menyembunyikan identitas Shinichi dari Ran dan pada beberapa episode, Conan berkali-kali dicurigai oleh Ran. Mendengar kata-kata tersebut, jelas saja Conan tersingung dan menarik bahu Haibara. Haibara kembali menjelaskan,"Jika aku... Jika aku yang mengalaminya... Aku berharap aku bisa kehilangan ingatanku jika mungkin. Aku tidak akan ingat kematian kakakku, atau dipaksa membuat obat untuk organisasi. Kalau aku bisa melupakan semuanya dan hanya menjadi murid SD biasa, sebagai Ai Haibara... Betapa senangnya. Selanjutnya.. Aku akan tetap bisa bersamamu selamanya... Selamanya, seperti ini..." Conan tentu kaget. Saya tidak tahu apa yang Conan kira, apakah itu dugaan tentang perasaan Haibara terhadapnya, atau Conan mengira bahwa Haibara tidak mau kembali menjadi Shiho. Namun pada akhirnya, Haibara bilang kalau itu hanyalah sebuah lelucon agar Conan tetaplah tenang. Walaupun begitu, kalian mungkin tau saat Haibara mengucapkan hal tersebut, mimik Haibara sangatlah dalam (ngerti sendiri kan kalo cewek itu kek gimana jika ngomongin tentang perasaan :D )

Movie 5 (Hitungan Mundur menuju Surga)
Dalam movie ini, ada banyak sekali momen saat-saat Conan begitu dekat dengan Haibara. Jika biasanya, yang memperingatkan tindakan berbahaya adalah Haibara, dalam movie ini malah sebaliknya. Cerita bermula ketika Detektif Cilik bersama profesor Agasa pergi ke gunung untuk menikmati kemping. Malam hari, Genta pergi ke toilet untuk buang air. Sekembalinya Genta, dia melihat Haibara sedang menelpon dengan telpon umum. Keesokan harinya, Genta bertanya pada Haibara,siapakah yang ia telepon disaat larut malam. Haibara mengelak dan meyakinkan bahwa mungkin Genta hanyalah bermimpi. Saat itu, Conan bingung karena tak ada lagi orang yang bisa Haibara hubungi. Setelah beberapa kasus terjadi, lagi-lagi profesor Agasa memergoki Haibara sedang menelpon lagi. Curiga akan hal itu, keesokan harinya profesor menghubungi Conan untuk mengatakan hal tersebut. Beberapa hari setelahnya, Haibara melakukan hal itu lagi. Ternyata yang dihubungi adalah apartemen kakaknya dan disaat yang sama, Organisasi Hitam sedang melacak keberadaan orang yang selalu menghubungi Akemi. Sesaat sebelum terlacak, sambungan terputus. Haibara kaget dan menemui Conan yang ada dibelakangnya. Conan yang tau kejadian tersebut langsung memperingatkannya bahwa hal tersebut begitu berbahaya. Namun Haibara malah berteriak,"Tidak ada seorangpun yang mengerti perasaanku!" dan belari meninggalkan Conan. Conan berusaha mengejarnya, namun dihentikan oleh profesor. Saat itulah, diperlihatkan untuk kedua kalinya Haibara sedang menangis. Keesokan harinya, Haibara yang berjalan dibelakangnya menyusul Conan saat menuju kelas. Haibara menceritakan semuanya, menceritakan apa yang ia rasakan akhir-akhir ini. Dia tidak mengertia siapa dia, keberadaan dia dan bahkan dia tidak tau kemana lagi dia harus pergi serta menghindar. Dia merasa telah menjadi orang lain. Saat-saat yang dramatis, fans Haibara yang melihatnya yakin deh bakalan nangis kalo liat adegan itu. Setelahnya, Ayumi datang dan berkata,"Eeee... Bagaimana bisa Haibara-san bilang tidak punya tempat?" Bahkan yang lainnya pun menjelaskan tempat mereka masing-masing (maksudnya bangku kelas). Conan menegaskan bahwa Haibara selalu mempunyai tempat untuk Conan dan yang lainnya.
Di adegana selanjutnya, Sonoko merubah gaya rambutnya karena dia melihat fotonya untuk 10 tahun kedepan. Conan yang melihat gaya rambut Sonoko yang baru langsung kaget dan teringat pada Haibara dewasa sedang tersenyum (Shiho). Mungkin dia mengaguminya karena yang lainnya pun juga menganggap demikian. Hal itu terjadi lagi saat Sonoko akan ditembak oleh Gin yang juga mengira bahwa Sonoko adalah Shiho. Diakhir movie, Conan berusaha menyelamatkan Haibara dari hiasan kristal dengan menendang helm menggunakan sepatu super.

Movie 6 (Bayangan dari Baker Street)
Conan dan kawan-kawan memasuki dunia Game. Disana mereka menghadapi kasus yang terjadi 100 tahun lalu di London. Saat itu terjadi sebuah kecelakaan besar di pementasan Irene Adler, tokoh yang ada dalam game tersebut. Insiden itu mengancam nyawa Conan dari reruntuhan patung, namun Haibara mendorong Conan untuk meyelematkannya, mengorbankan dirinya. Sebelum akhirnya dia lenyap dari permainan, dia berkata,"Jangan menyerah. Bahkan tanpa tokoh penolongpun, kamu tetaplah Holmes bagi kami. Ada banyak sekali kemampuan yang ada pada dirimu. Kamu akan menjadi Holmes (penyelamat) kami. Tidak ada kasus yang tidak dapat dipecahkan oleh Holmes kan?

Movie 11 (Jolie Roger di Laut Dalam)
Selama dalam pencarian sebuah kenyataan kasus, Conan selalu ditemani oleh Haibara. Saat itu, Haibara menemukan banyak jejak kaki disekitar halaman belakang toko menyelam. Conan memintanya untuk mengambil foto untuknya. Haibara berkata,"Karena aku asistenmu?" "Bukan asistan, tapi teman yang baik". Mungkin Conan bermaksud bahwa Haibara ada tidak hanya dalam kasus namun Haibara juga selalu ada kapanpun itu.

Movie 12 (Nilai Penuh Rasa Takut)
Terjadi sebuah ledakan pada sebuah ruang audiotorium saat berlangsungnya sebuah orkestra. Namun segala kasusnya telah terpecahkan. Diakhir film, Haibara menjelaskan pada profesor Agasa bagaimana Conan bisa mengerti kode yang dikirimkan oleh dia. Dalam hatinya dia berkata, "Lebih dari itu, Aku juga percaya bahwa dia adalah teman yang baik"

Movie 15 (Seperempat Kesunyian)
Liburan yang menyenangkan justru berubah menjadi tragedi yang mengerikan. Saat itu Conan bersama Haibara sedang menyelamatkan Detektif Cilik. Haibara memeluk Conan dengan erat karena yang mereka kendarai adalah papan luncur salju yang kecil. Saat itu juga Conan berhadapan dengan salah satu pelaku bersenjatakan senapan sniper. Beberapa tembakan meluncur hingga menciptakan cipratan salju yang keras. Mengetahui hal tersebut, Conan segera memeluk erat Haibara untuk melindunginya.  

OVA 12 (Keajaiban dari Pedang Raja Arthur)
Conan berkata,"Hei.. Hei.. Seorang ilmuan tidak boleh percaya dengan ramalan. Selain itu, kamu juga membaca majalah wanita.." Haibara yang agak tersinggung langsung meletakkan majalahnya dengan setengah membanting, memakai hodie dan kacamata. Conan yang melihat itu heran karena menurutnya ia bertindak aneh, yah walaupun menurut saya Haibara tambah imut kalo gitu. Hampir babak 9 pertandingan baseball dimulai, sudah saatnya Conan menjalankan apa yang dikatan profesor Agasa. Conan ingin Haibara membantu, saat dia menghampiri Haibara, sebuah bola baseball melesat cepat menuju Haibara. Conan dengan sigap merangkul Haibara dan mendorongnya agar terhindar dari bola tersebut. Akhirnya punggung Conan yang menjadi korban. Conan berkata,"Kenapa kamu melamun? Yah itu karena kamu bertingkah berbeda. Seperti bukan kamu saja". Adegan jatuhnya lumayan romantis lho. Di salah satu adegan, Haibara juga mengatakan pada salah satu pemain bahwa pemainitu tidak boleh terlalu dingin pada pemain perempuan yang mungkin dia sukai. "Jujurlah dan jadilah dirimu sendiri.." Mungkin ini yang didapatkan Haibara dari Conan. 
Pada akhir film tersebut, Conan berkata,"Mungkin ini akan menjadi legenda baru". Lalu dengan manis Haibara menoleh,"Tidak, ini akan menjadi kisah cinta baru".

Movie Live Action 2
Pada movie live action 2, merupakan movie untuk pertama kalinya Haibara muncul bahkan dengan tubuh dewasanya. Ketika itu karena mereka makan kue yang mempunyai kandungan alkhohol, tubuh mereka berdua menjadi dewasa. Tidak hanya itu, kelompok organisasi hitam pun juga terlibat.

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara A
Ran bertemu Shinichi dan Haibara saat keributan di pesta

Pada saat itu, terjadi sebuah kasus pembunuhan di sebuah hotel tepat saat diselenggarakannya acara Miss Japanese. Ketika penyelidikan, Haibara ikut serta dengan Kudo untuk mengetahui kebenaran kasus. Namun, Ran mengetahui bahwa Shinichi juga ikut menyelediki kasus tersebut dan tengah membawa Haibara. Entah wajah sedih apa yang Ran ekspresikan, cemburu karena melihat keakraban mereka atau sedih karena Shinichi mengabaikannya setelah bebeapa lama.

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Shinichi mengkhawatirkan Haibara

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Ran memergoki Haibara dan Shinichi di dapur

Disebuah koridor, Shinichi menemui Haibara berkeliaran sendirian. Shinichi menegurnya karena sangat berbahaya jika dia sendirian. Haibara tidak peduli dan berusaha mengalihkan perhatian. Dia berkata bahwa Dia bisa merasakan Ran saat ini sedang berusaha menyembunyikan rasa sakit yang dalam. Shinichi tidak bisa berkata apa-apa lagi, dia memang terjebak dalam keadaan yang rumit. Kemudian Haibara berkata, bagaimana jikalau dia tetap bisa menjadi kecil, hidup normal sebagai Haibara Ai, dan selalu menjadi teman sekelas Conan hingga dia tumbuh dewasa bersama Shinichi sebagai Conan untuk selama-lamanya. Yakin deh.. saat itu Haibara juga merasakan perih yang sangat di hatinya. 
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Shinichi menegur Haibara yang berkeliaran

Setelah kasus terpecahkan, Haibara kembali berkeliaran sendiri. Padahal sebelumnya dia diserang oleh anggota organisasi hitam. Haibara pergi ke dapur untuk mencari komposisi minuman yang membuatnya tumbuh dewasa.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara kembali ke dapur

Untuk kesekian kalinya, Shinichi menegurnya lagi. Haibara heran, bagaimana bisa Shinichi menemukan dia. Shinichi menjawab, karena dia adalah detektif. Haibara begitu kagum dengan sikapnya yang bersikeras untuk melindunginya. Tanpa disadari, Haibara memeluk Shinichi dengan erat. Shinichi tidak bisa apa-apa. Ran yang tiba-tiba datang membuat Haibara  kaget dan sontak melepaskan pelukannya.
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara memeluk Shinichi
Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai
Haibara melepaskan pelukannya

Haibara berusaha menjelaskan apa yang sedang terjadi waktu itu. Haibara berkata bahwa dia ketakutan keran dia sedang diincar orang yang berusaha menyerang sebelumnya.

Nah... gimana? Bagi kamu yang suka dengan couple cewek dingin, agak tomboy sama cowok cool dan jenius, kalian harus baca Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai  ^_^

Akhirnya, tulisan ini terabaikan
Masih banyak sebenarnya episode dimana Haibara Ai menunjukkan perasaannya kepada Conan, baik itu secara langsung maupun tidak. Namun sayang sekali, karena kesibukan saya di dunia nyata lebih banyak blog yang sederhana ini jadi terabaikan. Walaupun begitu,  saya tidak berhenti untuk menjadi fans dari Detective Conan (terutama kisah cinta mereka) dan menonton setiap episode terbarunya. Semua kisah cinta mereka, terdokumentasikan dengan rapi(?) dalam catatan saya hingga tiba waktu yang tepat untuk menuliskan semuanya.

Untuk yang ngefans sama mereka, yuk ngobrol bareng. Stay Close, karena dunia memang tidak sempit. Add/Follow Facebook saya ya ^^ (Onegai shimasu)

Komentar

  1. Min tau gak episode brpa yg shinichinya kembali ketubuh besarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pas pertama kali ketemu Heiji.
      Pertama kali tahu bahwa alkhohol.
      Pada eps. 190-193 ini long story saat Shinichi jadi gede.

      Hapus
  2. Aku sih yakin kalo Ai memang sayang sama Conan. :D

    BalasHapus
  3. Aulia :190-193

    Shiho : ^_^ I hope it will be happy ending.

    Azzahra : I think so.

    BalasHapus
  4. ga ada lg nih min ,, episode 500 ke atas , yang ai kliatan suka sma shinci ?? saya ga download smua soalnya ...

    BalasHapus
  5. Saya malah lebih suka Conan-Ai ketimbang Shinichi-Ran :D
    Apalagi suara Ai Haibara pas banget :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Om Aoyama katanya udah mutusin buat ending nya DeCon nanti.
      Denger-denger sih, sad ending. Ini lagi nyari-nyari referensi lagi.

      Mungkin dikatakan sad ending karena Conan lebih milih jadi kecil bareng Ai yah, dari pada jadi gede trus nikah sama Ran :D

      Hapus
    2. tapi, gak mungkin ah conan lebih milih ai, sedangkan dia rela mati matian demi ran dan berusaha buat ran percaya kalo shinichi bakal pulang. itu namanya conan berharap dia akan sama sama ran

      Hapus
    3. yap. makanya Ai menyerah dan lebih memilih buat tetap didekatnya. Karena dia tau, harapannya udah pupus.

      Hapus
  6. Lebih suka conan ai dari pada sama ran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata lebih banyak fans nya AiCon :D

      Hapus
    2. Aku juga AiCon shipper :D

      Hapus
    3. Sama aku juga lebih suka Conan Ai (Shinichi dan Shiho)daripada sama ran. I hope it will be happy ending between Shinichi dan Shiho

      Hapus
  7. Balasan
    1. Idup AiCon.. ulululululul...
      *eh.. itu kerang ajaib yah?

      Hapus
  8. Wah, banyak penggemar AiCon/ShinShi ... Mantap ...
    Lanjutannya ditunggu ...
    Hidup AiCon/ShinShi ...^^

    BalasHapus
  9. "Tapi bagi pria, cinta pertama itu istimewa"-Sonoko di Movie 7._. Ya apalagi tipe Conan itu ga ngerti tentang cinta..
    Duh semoga aja Gosho sensei memberi ending yang happy:') kasihan juga Ran udah waiting lama vangeeet:''''''''

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Bahkan Shinichi udah ngungkapin duluan pas dia udah masih kelas satu SMP.

      Dia bilang, "Maaf senpai, sejak kecil aku sudah menyukai seseoranga yang aneh. Dia berani, keras kepala, namun cengeng."

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Huaaa ... aku senang sekali menemukan artikel ini. Soalnya aku AiConan Lover. Lebih suka AiConan. Love them ...

    Soal ending nya. Menurut aku :
    Aoyama-sensei gak bakal ngehiatin dan buat penantian Ran selama ini jadi sia2 ... Yakin deh !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah gitu deh. Masih ngambang sih soalnya.

      Kalo sekarang kan, Conan lebih sering bareng Haibara dalam aksi-aksi analisisnya.

      Hapus
  12. ketauan banget kan ya kalo sherry suka shinichi (ai suka conan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap begitulah. Artikelnya masih lanjut kok.
      jadi pantengin aja terus ya..

      Hapus
  13. Aku Conan lover, tapi versi live actionnya aja.. Kasian banget Ran gak ada yang dukung, mungkin aku juga bakal suka Ai kali ya kalo liat keseluruhan Animenya.. Go go Ran, jangan biarkan Sinichi diambil orang.. :v :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa.. hati Shinichi tetep ke Ran. Walaupun, kadang Conan juga menyadari kalo Haibara itu bukan cwe biasa.

      Hapus
  14. sad ending? seperti ini mungkin : conan dan ai dikejar vodka, saat terakhir ai mengorbankan dirinya untuk conan, karena gimana jg conan masih mempunyai ran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ato mungkin seperti:
      Conan dikejar kawanan baju hitam. Kemudian Conan terbunuh. Akhirnya, Haibara kesepian dan memimilih untuk jadian dengan Ran.
      *yuri detected :v

      Hapus
    2. atau..gara2 gk dpt opsi buat balik ke tbuh normal, conan merelakan RAN agar jauh dari bahaya (say good bye to shinichi)
      dan memilih menjadi anak kecil tentunya bersama ai-haibara chan :D

      #Bacoked

      Hapus
  15. gk sabar pengen nonton, sy penggemar baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bergabung.
      Anda bisa like fp https://www.facebook.com/conanfansclub untuk mendapatkan informasi terkini mengenai Detective Conan

      Hapus
  16. Dilihat dr Movie nya mereka (Ran dan Shinichi) memiliki ikatan :D
    mreka pasti bisa bersatu, karena Ran uda nunggu lama,,,,, dan shinichi uda bilang kalau apapun yg terjadi dia pasti kembali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sih. Tapi, yah.. namanya perasaan. Pasti bisa berubah dong ^_^

      Hapus
    2. hehhe itu kan di dunia nyata tp utk cwok seperti shinichi sgt mustahil kalau smpe mmbuat wanita yg sudah menunggunya itu tersakiti.
      seperti kata conan saat di movie 4
      "I love you so much... more than anyone on this world..." :D Senang sekali

      kalau smpek tdk dengan ran,,, ak bkal buang semua komik DC dan hapus semua filmnya :'(

      Hapus
    3. Hahaa.. sabar mbak. Sabar.... Perjalanan Ai dan Conan, eh maksud saya Ran sma Shinichi masih panjang. So, tunggu aja..
      *Pasti komiknya dibuang.
      %aduh... kelepasan ngmong xD

      Hapus
    4. Hehehe ya sudah deh terserah pak Aoyama aja. soalnya skrg ak lagi suka nonton OP :D

      Hapus
    5. Sudah terserah pak Aoyama saja, asalkan Conan bisa naik kelas LOL

      Hapus
  17. *sighs* ngarepnya sih endingnya conai/shinshi

    Tapi klo yakin pastinya, si author pasti nyatuin shinran.

    Mudah2an sad endingnya bukan ai yg mati, tapi ran aj.. :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa, entah aku harus sedih ato seneng denger komen kayak gitu.
      sya sendiri fanfic aicon, tapi kalo diliat-liat ran kisahnya ran emang menyakitkan.

      Hapus
  18. Gan episode brp ya conan ketahuan kalo dia itu shinichi

    BalasHapus
  19. Si conan bakal jadian tuh kayaknya sama ai, terus nanti si ran nya bakal jadian sama kaito kid soalnya wajah kaito sama shinichi agak2 mirip :D hehehe

    BalasHapus
  20. Aku suka AiCon, tapi aku lbih suk lagi ShinRan, dan mudah2 an Endingnya Begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya, it doesn't matter how's the ending.
      Yang terpenting tuh, mas/mbak bisa nikmatin kisah mereka :D

      Makasih atas kunjungannya.

      Hapus
  21. Semoga endingnya keren dan gk bikin penggemar DC kecewa. Pengin banget punya cwok kayak Shinichi yang selalu setia dan peduli ke Ran

    BalasHapus
  22. Ada juga episode yang ai sakit terus pas ran datang bawa makanan ai pura pura tidur karena cemburu
    Yang kayak gitu episode brp ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ndak salah 340 kak.
      Duh, kenapa bisa klewat ya? padahal episode krusial itu, hahaa

      Hapus
  23. Lanjutannya ada ga?? Soalnya aku loncat2 liat tiap episodenya, dan aku AiCon forever walaupun diawal2 episode suka Couple Ayumi Conan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok kak, cuman saya masih ngumpulin dulu. Kalo udah, baru ditulis deh.

      Hapus
  24. Yosh,,, aku juga pendukung ai conan 😁😁😁

    BalasHapus
  25. Pak aoyama mah kisah cintanya simple ,
    dari kogoro , heiji , kaito kuroba semuanya teman masa kecil :'v
    jadi kemungkinan AiCon itu 0,0000001 %
    tapi saya aicon shipper e,e

    BalasHapus
  26. Episode 340 juga nunjukin sekali kalau ai itu suka conan, terus yang movie detective conan 19 juga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada om. Tapi ketinggalan.
      Belum ditulis.

      Kalo yang DCM 19, belum liat dibagian mananya. Hehe

      Hapus
    2. pas bagian dia bertanya sama nenek2 yg di GALERI lukisan itu :v
      baru itu liat ai-chan galau gara2 mikirin cwo :v

      Hapus
  27. kalo aku sih suka ai ama conan jadian, gimana kalo gini aja conan nikahin aja dua2nya, atau mungkin tiga-tiganya sekalian ama ayumi...hehehe...
    (just kid) pokoknya ama siapa aja ok deh asal gak sama sonoko...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, gitu ya...
      maaf bro mau tnya ni tau gak episode berapa identitas vermount ketauan ama conan ya ?

      Hapus
    2. Ketauan gimana? Ketauan pas nyamar atau ketauan kalo dia adalah BO?

      Hapus
  28. Conan harus jadian sama Ai!!!!! Aaaakkkkkk.. Cocok banget, Ai itu jauh dibanding Ran. Ai gemesin cuek cuek jutek menawan. Hahahah #TeamHaibaraConan

    BalasHapus
  29. haibara itu mirip karakter harvest moon wonderful life yang rambutnya merah tomboy aku suka filem conan dan lagunya yang berjudul your best friend

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bakalan rame kalo saya update lagunya Conan ya.. :D

      Hapus
  30. Lebih suka conan (shinichi) sama ran �� kayak saling melengkapi gitu. Yg satu pinter trus cuek yg satu lagi polos. Hehe ini menurut aku ya. Kalau conan sama ai kan sifatnya hampir mirip jadi flat2 aja. Suka sama kepolosannya ran. Meskipun shinichi pinter kodein kalau dia suka sama ran. Tetep aja ran masih belum tau pasti perasaannya shinichi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shinichi sma Ran mungkin bisa jadi pasangan serasi. Tapi Conan dan Haibara adalah team mate terbaik lho :D

      Hapus
  31. kasian ran,hiks hiks
    cinta segitiga yang rumit,di tambah lagi kalo,ayumi udah gede.makin galau tuh ayumi wkwwkwkwk

    jadi inget kata2 ran di ova, 'aku akan menolak lamaran itu,aku suudah menunggu 10thn,tidak apa mununggu 10thn lagi .ova 9 kalo gak salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo misal dia nunggu 10 tahun lagi, brrti umurnya 27 kan?

      Hapus
    2. Beneran sedih bgt pas bagian itu. Aku sampe terharu dgn perjuangan Ran. Jgn sampai Ran ditinggal, Ran udh nunggu lama, masang wajah bahagia palsu, ,macam" dia udh rasain demi nungguin Shinichi. masa endingnya mendadak jdi Conan ama Ai sih? Bisa kena bom atom tuh Aoyama ama ShinRan shipper, beneran deh

      Hapus
    3. Terkadang, penantian atas seseorang akan mengantarkan dia pada jodoh yang sesungguhnya. Kali aja pas lagi nungguin Shinichi, muncul char baru yang makin lama mkin dket sma Ran.

      Hapus
    4. saya setuju sama pak denny hehehe, soalnya di movienya terlihat bahwa ai kayaxnya menyimpan perasaan sama conan , coba perhatiin movie 19 deh hehe, dan juga di movie 18 yang di dalam balon gas , di mna kayaxnya ai terlihat cemburu kalo konan ngomongin ran hehehe

      Hapus
  32. oh iya thanx juga refrensi awal dimana episode pertama ai ketemu conan hehehe saya jadi gak harus bingung download dari episode pertama.bisa mulai dari episode 500an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, spesial 2 jam dan itu bener2 awal yang membuat greget.

      Hapus
  33. Bingung, saya kalau baca fanfic suka ShinRan dan ConAi juga kadang2 baca ShinShi juga O.O ya neutral deh, kecuali Kaishin dan Heishin. Kalau Bromance sih ngga masalah

    Akhir2 ini Ai-chan kelihatan banget fangirling nya sama Higo-senshu. Apalagi si Higo umurnya 19 tahun, dan umur asli nya Ai-chan itu 18 tahun O_o Semoga ngga dibuat HigoShiho sama Aoyama-sensei.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plis jangaan..
      Seenggaknya jika Haibara nggak sama Conan, maka biarkan dia tumbuh dewasa dan hidup dengan Subaru

      Hapus
    2. Subaru itu Akai, mantan pacar nya Akemi kan? Apa ngga aneh tuh. Yah, habisnya Ai-chan juga benci sama Moroboshi Dai AKA Shuuichi Akai gara2 kematian Akemi. Yah, semoga Ai-chan dapat ending yang bahagia.

      Hapus
  34. seneng banget nemu tulisan ini hohoho soalnya aku juga lebih suka conan-ai ketimbang shinchi-ran berharap pak aoyama bikin karakter baru buat ran (maap ShinRan lover ','v)
    gooo conan-ai lovers hahaha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ^^
      mau tanya, subaru okiya itu shuichi akai bukan ya ?? trus kalo iya emang shuichi akai suka sama haibara ??
      hehe maap yaa banyak nanya ;)

      Hapus
    2. Masih belum sih, cuman kayaknya bakalan ada scene dimana Haibara menunjukkan ketertarikan pada Subaru.

      Hapus
  35. Balasan
    1. Saya bener-bener minta maaf banget karena nggk bisa update. Karena saya masih sibuk di RL. Kayaknya sih bakalan lama post ini bakalan di update. Saya udah nyampek episode 700an untuk menandai episode mana yang ada ai sma Conan nya. Padahal sekarang udah episode 800an.

      Hapus
  36. thanks bangett tulisannyaa sukaa bangeettt...
    aku juga lebih setuju conan/shinichi akhirnya mendingan sama ai/shiho...
    mending sad endingnya si ran aja yang mati... jadi shinichi nikah sama shiho.. ahahaha

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. Balasan
    1. Hahaha.. hidup AiCon
      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  39. sialan tulisan ini membuat gue mengingat2 episode yg gue tonton. entah knp gue lbh suka haibara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, saya lebih suka Haibara
      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  40. min subaru itu siapa yah kok si ai suka ketakutan kaya mao ketemu BO kalo ketemu subaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang yang tinggal di rumah shinichi , dia ada di Detective conan movie 18 , dia baik , dia sniper

      Hapus
    2. subaru sama kaya akai dong sniper juga apa mereka orang yang sama... -.-"

      Hapus
  41. Oke, spoiler dikit ya. Subaru itu Akai. Kalo nggak salah episode 729.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke makasih gan denny... lagi ngikutin cerita conan terakhir nonton kelas 4 sd sekarang udah kerja baru tau kalo ceritanya seru... :'D

      Hapus
  42. Wah ramai aicon...
    Aku suka klu conan bisa menerima ai dari ran:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya Conan memang nggak mau menerima Ai karena dia telah membunuh banyak orang lewat obat. Tapi karena kesamaan nasib akhirnya mereka bisa jalan sama-sama

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  43. moga-moga aja endingnya DC shinichi sama Shiho. sumpah gk rela klo Shiho dapet selain Shinichi haha..... ^-^ Shinichi ♡ shiho. pendapt pribadi, lebih milih sad ending daripada happy ending tapi Shinichi sama Ran bukan Shiho ^-^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha.. dilema ya. Padahal kita ingin Conan sama Ai, tapi Shinichi dan Ran tidak dapat dipisahkan.
      Well, tenang saja. Aoyama-san penuh dengan kejutan

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  44. lanjut dong min episode terbaru yang ada aicon nya episode berpa aja??
    Thanks min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejujurnya, saya pengen ngelanjutin. Soalnya diantara episode yang sudah saya tampilkan, ada beberapa episode yang tertinggal.

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  45. Hallo, Salam kenal gw pengemar baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang penggemar baru. Selamat baper :D

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  46. Saya juga fans AiCon. Mereka seperti holmes dan irene

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah bergabung bersama AiCon lainnya. Selamat baper ya :D

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  48. Aicon lovers dah pokoknya.. sweet banget cara mereka saling melindungi dan perhatian. Kalopun gak sama conan, ai harus jadi gede terus sama akai! Akai pokoknya tanggung jawab ama adek ipar nooh ditinggal kakaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. seriusan deh, kakak baper banget ya.
      Iya, beberapa fans selalu menduga kalo Ai bakalan sama Akai jikalau Conan mencampakannya *eh

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  49. Hal yang paling ak takutin di ending dc nanti itu Ai mati karena ngorbanin diriny utk Ran atau Conan saat bentrok dgn BO huhuuu jann sampe :(

    ak shipp bgt sih sama AiCon tapi... kalau liat ketegaranny Ran menunggu Shinichi rasany ak rela ShinRan berhappy ending (mgkn Ai/Shiho juga akan melakukan hal yg sama haha)

    terlebih lagi... Aku suka sama Shuichi/Subaru lately.. gjd sama Shinichi gimana kalau Shiho sama Subaru aja?? yahh mungkin aja Shuichi melihat somethink dalam diri Ai yang mengingatkan dia akan Akemi dan perlahan perasaan itu muncul <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, kayaknya kalau Ai tau Subaru itu Akai yang notabene menurutku juga terlibat akibat meninggalnya Akemi, mungkin Ai juga bakalan benci sama Subaru :D

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  50. Lebih suka AiCon sih ketimbang ShinRan karena ai lebih banyak ngorbanin perasaan ke Conan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, Ran juga ngorbanin perasaan juga lho. Hehehe

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  51. mending liat ai mati ketimbang ngebiarin dia ngeliat shinran bersatu :'( jiwa maso keluar plss.. aicon tetep dihati lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, I've google about you. Well, you hate her (Ran) so much.

      Hapus
  52. Presentase shinran lebih tinggi drpd aicon krn :
    1. Shinichi/conan selalu dan selalu menyuruh ran untuk menunggu nya. Tp tidak pd ai.
    2. Shin/conan telah menyatakn cintanya pd ran (eps621 dan movie 4) dan tidak pada ai.
    3. Ketika ada teman lelaki ran yg mencintainya, shin/conan marah seolah menegaskan bahwa ran miliknya. (Eps.508)
    4. Shin/conan menegaskan kedudukan ai sbg partner (movie 11) dan ai menyadari kalo ia memang hanya partner bagi conan ( movie 12).
    5. Ran selalu membuat shin/con penasaran krn hubungan ran sama kid. ( movie 8 dan movie 14)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat, ini film detektif lho. Ungkapan cinta bisa berarti banyak.
      Kepedulian seseorang itu bisa berubah, jika seseorang itu menghabiskan banyak waktu dengan orang lain :D

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  53. aku sih milih conai dan shinran :D
    kalau si conan gabisa balik ke shinichi, alias tetep jadi conan, cocoknya sama ai soalnya kan mereka teman seperjuangan. tapi kalau balik ke shinichi, mending sama Ran lah. kasian ran udah nungguin, lagian Ran sama Shinichi itu saling melengkapi. Sama kayak Ai sama Conan :D
    pokoknya gitu deh, si ayumi kasian jg. Dia suka sama cowok yg beda 10 tahun. Semangat buat Kid. Eh kok jadi ke Kid. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, not bad lah.
      Mending dari pada Kid sama Ran.

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  54. aku lebih suka shinshi/aicon
    tapi aku tidak bisa melihat RAN yang terus-terus menunggu Shinchi untuk pulang apalagi pas lihat ova 9.
    dan aku juga tidak bisa melihat Haibara yang terus bejuang untuk mendapatkan hati conan tapi conan memilih RAN sehingga haibara mulai menyerah untuk mendapatkan hati conan.
    terserah Gosho Ayoama mau endingnya dengan siapa?
    aku pasrah saja karena mereka berdua sama-sama berjuang untuk mendapatkan hati shinchi/conan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu pasrah sekali kak.
      Tapi bener juga sih Aoyama-san penuh kejutan soalnya :D

      Salam kenal, mungkin kita bisa berteman lewat facebook: Denny Lastpaste

      Hapus
  55. Ai haibara sama aja kek aiu ting2 udah tau ada yang punya masih aja ngarep haha 😧😧

    BalasHapus
  56. Btw ane kurang setuju sih kalo siho sama si sinichi,, alasan ny 1.kalo bukan karena obat yng di buat siho pasti si sinichi k g bakalan jd anak anak.
    2.Kan si ran lebih cinta dulu ama si sinichi dari kecil, mirip kyk si kaito kuroba ama auko nakamori
    Wajah dan cerita mereka juga hampir mirip syng ny si kaito : pencuri sedangkan si sinichi : detective pokok ny serasi dah :D,,

    BalasHapus
  57. Aku sih paling suka AiCon. Pokoknya AiCon forever ! :D

    BalasHapus
  58. Pecinta AiCon: orang yang unik karena berani.beda :D dan mencoba hal yang baru :D
    Pecinta ShinRan: Orang yang biasa karena memilih hal yang biasa saja

    Alasan aku suka ConAi:
    Karena bikin deg-deg an setiap ngeliat mereka.
    Efek:
    Senyum senyum sendiri
    Teriak kegirangan :v

    ConAi is the best lah :D
    Kalau Ran terlalu membosankan (maaf pecinta ShinRan) :D

    BalasHapus
  59. ada juga wktu vol 94 entah 95, wktu conan minta penawar aptx4869 ai bilang, aku akan memberinya asal kau memenuhi tiga syarat ini (selesai nyebutin) trus dia bilang "satu lagi, jgn terlalu berlebihan dalam menggoda"

    BalasHapus
  60. Kak, kalau boleh sertain file sama volume dari manganya juga ya. Soalnga saya baru ngikutin komiknya jadi bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya,kalo di anime diperpanjangin dengan menambahkan bumbu-bumbu cerita agar lebih menarik,beda dengan manganya yang lebih sering langsung keintinya saja biasanya

      Hapus
  61. Min saya mau tanya sekarang Shinichi dan ran telah pacaran setelah episod 928 haibara tetap berusaha untuk mendapatkan Shinichi dan tetap menyukainya atau haibara pasrah dan membiarkan Shinichi dan ran jadian?

    BalasHapus
  62. Min saya mau tanya sekarang Shinichi dan ran telah pacaran setelah episod 928, jadi haibara sekarang tetap berusaha untuk mendapatkan Shinichi dan tetap menyukainya atau haibara pasrah dan membiarkan Shinichi dan ran jadian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Ini artikel padahal udah lama banget tapi masih ada aja yang nyantol. Hihihi.. actually, in short term saya udah ngga nonton lagi Detective Conan. Beberapa waktu yang lalu saya udah ada niatan buat nonton lagi (2 hari minimal udah dapet 1 session). Nah, pas nonton itu akan saya rangkum lagi hubungan mereka.

      Anyway, thanks ya.

      Hapus
  63. Balasan
    1. waaaa... ternyata masih ada pengikut blog saya untuk posting ini. jadi terharu.
      Ada lanjutannya, karena kisah cinta mereka mungkin tidak akan pergi.

      Sayang sekali, mimin terhimpit masalah kerjaan.
      Rencana sih, selama WFH ini, mimin bakalan re-watch untuk episode kemunculan ai EPS: 129
      Doakan lancar

      Hapus
  64. min,ada kelanjutannya gak?
    saya setia pantengin blog mu.

    BalasHapus
  65. min,saya berharap ada lanjutannya.dan makasih sudah memberikan banyak info ya👍👍👍

    BalasHapus
  66. artikel yang mantap kawan, sekarang lanjutkan wkwk. dulu sih pas masih esempeh nonton DC stengah" doang, episodenya kgk lengkap. gegara itu gw gk suka haibara dan conan, pokoknya pendukung ran shinichi level akut wkwk. tapi semasa pandemi ini gw rewatch lagi dari eps 1 sampai 900an dan tiba-tiba tertarik sama karakter ai haibara ini wkwk.

    BalasHapus
  67. Telat liat artikel ini :( btw liat dimana ya full episode nya? Saya liat di telegram tapi ga lengkap. Kalau tau tolong di jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal ini tulisan udah lama banget loh. Masih ada yang komentar :)

      Hapus
  68. Lanjut minn, aku baca tulisan ini dari taun 2014 btw ehehehe dari SMP sampai kuliah tetep jadi Ai-Con shipper, di movie 19 kelihatan bangett terus di chapter 1000 jugaa... Lanjutin ya minn

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you so much reader. In fact, karena keadaan di real life mimin udah hampir nggak pernah nonton lagi DC. Untuk para fans Detective Conan, terima kasih atas dedikasinya.
      Kakak bisa bergabung di fanbase https://www.facebook.com/conanfansclub

      Hapus
  69. Aku masih tidak mengerti tentang perasaan Haibara terhadap Conan,dulu ia memang suka terlihat cembururu saat Conan dekat dengan Ran,tapi sekarang ia tidak pernah terlihat cemburu lagi,apa benar Haibara menyukai Conan? Entahlah,aku tidak tahu,tapi mungkin saja dulu Haibara memang menyukai Conan,tapi ia memutuskan untuk menghapus perasaan itu karena ia tahu bahwa Conan/Shinichi hanya mencintai Ran.Kisah hidup Haibara memang bisa dibilang tragis,ia kehilangan keluarganya dan kemudian diburu organisasi penjahat,dan sekarang saat ia menemukan orang cinta justru cinta itu bertepuk sebelah tangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isunya Oji-san menyiap surprise untuk penggemar Ai.
      In-fact, entah kenapa saya lebih suka perjuangan Ai yang berusaha menunjukkan sikap hangatnya terhadap Conan.

      Anyway, thank you for visiting this blog. Saya belum tau kapan harus re-watch untuk merangkum lagi kisah cinta mereka
      Kak Gilang udah like page Conan Fans Club belom? Hihihi

      Hapus
  70. begitulah cinta, tderitanya tiada akhir
    https://www.youtube.com/watch?v=CwHTeLpupHY

    BalasHapus
  71. Balasan
    1. Terharu. Masih ada aja yang komen.
      Hiks.. udah ngga bisa dilanjutkan lagi nampaknya tulisan ini.

      Hapus
  72. Kawan-kawan pecinta CoAi, bisa nonton Movie 26 Black Iron Submarine, sangat banyakkkk moment antara Conan dan Ai dalam movie tersebut. Memang movie itu tidak ada hubungan nya dengan alur cerita utama nya, tapi cukup memenuhi hasrat kita sebagai shipper CoAi. Apalagi beberapa tahun terakhir sudah sangat jarang interaksi antara dua tokoh tersebut. Pokoknya mengharukan banget buat kita2 ini :" Make sure you guys watch it :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa.. terima kasih kak.
      yosh, semangat. semoga minggu depan bisa lanjut nulis ini.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.