Langsung ke konten utama

CloneZilla - Install Banyak Komputer dengan Mudah

Jika anda seorang teknisi salah satu sekolah, kantor ataupun perusahaan anda pasti akan mengalami sebuah kondisi dimana anda mendapatkan pekerjaan untuk menginstall puluhan komputer dalam satu ruangan dan harus selesai dalam waktu singkat. Hal ini sangat menyulitkan, apalagi aplikasi yang harus diinstall lumayan banyak. Pastilah anda butuh waktu lebih lama lagi untuk menginstall aplikasi satu-persatu di setiap komputernya.

Jadi misalkan seperti ini:
Jika anda diharuskan untuk menginstall 20 komputer dengan 7 aplikasi tambahan disetiap komputernya. Maka anda perlu menginstall aplikasi sebanyak (1 kali install sistem operasi + 7 kali install aplikasi) x 20 komputer = 160 kali install. Tidak bisa dibayangkan jika harus menginstall 160 kali dengan langkah yang sama dan waktu yang relatif lama.

Menjadi seorang teknisi menuntut  saya untuk menemukan solusi dalam menangani masalah seperti ini. Salah satu solusinya adalah menginstall satu komputer dengan sistem operasi beserta aplikasinya, kemudian meng-clonning seluruh hardisk pada komputer tersebut lalu menginstall komputer sisanya dengan cara me-restore hasil dari clonning sebelumnya. Dengan begitu, waktu yang digunakan untuk penginstalan akan lebih sedikit. Karena setiap komputer hanya perlu dilakukan satu kali penginstalan.

Salah satu yang dapat melakukan tugas seperti itu adalah CloneZilla. CloneZilla merupakan sebuah live operating system berbasi Linux yang dapat digunakan untuk imaging hardisk/partisi, data recovery dan deployment computer. Program ini sangat cocok ketika anda ingin melakukan backup dan clonning hardisk. Aplikasi ini mirip sekali dengan Norton Ghost dan True Image. Terdapat dua macam versi pada CloneZilla. Yang pertama adalah CloneZilla Live digunakan untuk backup dan restore. Dan yang kedua adalah CloneZilla SE (Server Edtion) digunakan untuk instalasi komputer secara massal.

Nah, sebagaimana biasanya. Setiap metode selalu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari CloneZilla

KELEBIHAN
1. Dapat digunakan untuk install sistem operasi yang sudah terinstall pada komputer lain sebelumnya.
2. Sebagai aplikasi bantu untuk menginstall sistem operasi yang mempunyai keterbatasan. (Misalkan MikroTik yang hanya bisa diinstall dengan PXE dan CD/DVD-ROM dapat melalui USB)
3. Dapat menginstall komputer secara massal (CloneZilla SE)
4. Dapat digunakan untuk V2P (Virtual to Physical). Sebuah sarana untuk membentuk sistem virtual menjadi fisik.
5. Me-recover data yang hilang

KEKURANGAN
1. Instalasi komputer massal hanya dapat dilakukan oleh komputer yang support PXE (SOLOSI: Dapat ditangani dengan menggunakan CloneZilla Live dan menggunakan Samba Server)
2. Ketidaksesuaian ukuran hardisk antara komputer source dengan komputer target (SOLUSI: Dapat ditangani dengan Disk Management atau Gparted Live)
3. Harus menggunakan jaringan (SOLUSI: Dapat menggunakan flashdisk dengan ukuran besar atau hardisk ekternal)
4. Harus menggunakan 2 perangkat untuk CloneZilla Live (SOLUSI: Buat 2 partisi, partisi 1 untuk CloneZilla Live sisanya untuk penyimpanan image)

Nah, bagi para teknisi tidak perlu khawatir lagi untuk menginstall banyak komputer. Karena sudah ada CloneZilla yang akan membantu. Selamat bekerja dan Mencoba serta Bereksperimen.

Semoga tulisan ini dapat membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.