Langsung ke konten utama

Singkat Cerita tentang Burst dan Cara Menghitungnya

Burst adalah sebuah metode yang diterapkan pada bandwidth management dimana pengguna jaringan diizinkan untuk menggunakan bandwidth melebihi batas yang telah ditentukan sebelumnya dalam kurun waktu tertentu.

KENAPA HARUS MENGGUNAKAN BURST? Langkah ini dipercaya akan meningkatkan user experience. Karena jika dirasakan, pengguna akan mendapatkan bandwidth lebih untuk beberapa detik (terutama pada detik awal) kemudian melambat secara perlahan dan konsisten. Anda dapat menganalogikan burst ini seperti ketika menyalakan obor yang bahan bakarnya mulai menipis. Kemudian anda menambahkan bahan bakar pada obor tersebut. Maka seketika api akan membara dan beberapa saat kemudian meredup secara perlahan ketika bahan bakar mulai habis lagi.

Untuk melakukan bursting, kondisi berikut harus terpenuhi diantaranya:
- Burst dilakukan jika masih tersedia bandwidth (tentunya setelah sistem QoS telah memberikan alokasi CIR pada seluruh client)
- Burst data rate yang didapatkan pengguna harus lebih kecil dari data rate yang menjadi patokan (burst threshold).
- Beberapa kententuan lainnya.

Pada MikroTik, burst memiliki 3 parameter yang konfigurasinya tidak boleh dibiarkan kosong. Parameter tersebut adalah:
- burst-limit (bps) = adalah jumlah bandwidth maksimal yang akan didapatkan pengguna ketika burst sedang aktif.
- burst-time (second) = waktu yang digunakan untuk menghitung rata-rata data rate (beberapa orang mengira bahwa burst-time merupakan waktu yang digunakan untuk bursting. Padahal bukanlah seperti itu)
- burst-threshold (bps) = nilai ini akan menjadi patokan kapan bursting akan diaktifkan dan dinonaktifkan.

KAPAN BURST AKAN DIJALANKAN? Bursting akan berjalan sebagaimana analogi obor diatas. Obor akan menyala sangat terang saat pertama kali karena bahan bakar masih banyak (utuh). Hal ini sama dengan ketika pengguna pertama kali menggunakan jaringan (untuk download misalkan). Pengguna akan mendapatkan burst, yaitu sebuah lonjakan bandwidth dengan batas tertentu (burst-limit) untuk pertama kali. Kecepatan dari bursting tersebut akan bertahan sampai beberapa detik yang dipengaruhi oleh burst-time.

Ketika bahan bakar sudah menipis, obor akan mulai meredup namun tidak padam. Analoginya, ketika bursting sudah mencapai batas waktunya, maka router tidak akan memberikan burst lagi. Pada saat itulah, kecepatan mulai menurun secara perlahan. Lalu pada titik tertentu, walaupun obor masih menyala dia tidak mampu menerangi sekitarnya, sehingga kita harus menambahkan bahan bakar. Hal tersebut dapat digambarkan, ketika data  rate sudah mencapai titik tertentu (burst-threshold) atau bahkan lebih kecil, maka burst akan diaktifkan lagi. Siklus ini akan berlanjut secara terus-menerus selama bandwidth total masih tersedia.

CALCULATION. Banyak referensi yang menyatakan tentang bagaimana menentukan jumlah max-limit, burst-limit, burst-threshold dan burst-time. Yang jelas, pada manual RouterOS atau wiki MikroTik menyatakan bahwa burst-threshold harus lebih kecil dari pada max-limit dan max-limit harus lebih kecil juga dari burst-limit.
burst-threshold < max-limit < burst-limit

Anda dapat menggunakan rasio:
burst-threshold : max-limit : burst-limit = 1 : 2 : 4

Formula tersebut dapat mempermudah anda dalam melakukan perhitungan serta menghindari bilangan yang tidak bisa dibagi.
Bagaimana dengan burst-time?. Pada keterangan diatas sudah disampaikan bahwa burst-time bukanlah waktu sesungguhnya burst dijalankan. Lamanya burst dapat dipengaruhi oleh perbandingan antara burst-threshold dan burst-limit serta juga dipengaruhi oleh data rate yang berjalan pada saat itu juga. Untuk lebih jelasnya, pengaruh lamanya burst berjalan berdasarkan perbandingan antara burst-threshold dan burst-limit dapat dihitung dengan melihat rasio:
client burst : burst time = burst threshold : burst limit .

Dengan persamaan tersebut, maka didapatkan:
burst time = client burst / (burst threshold/burst limit)

Contoh: Terdapat sebuah konfigurasi QoS sebagai berikut:
- burst-limit = 64kbps
- max-limit = 32kbps
- burst-threshold = 16kbps

Berapakah nilai yang harus diisikan pada burst-time jika ingin mengaktifkan burst selama 5 detik?
burst time = 2s / (128kbps/512kbps)
burst time = 2s / 0.25
burst time = 8s

Pembuktian:
- Pada detik 0 nilai data rate juga 0.
(0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0) / 8s = 0kbps.
- Pada detik 1 data rate naik menjadi burst-limit (64kbps) karena mendapatkan burst. 0kbps < 16kbps, maka burst akan diaktifkan.
(0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 64kbps) / 8s = 8kbps.
- Pada detik 2 nilai data rate masih pada burst-limit (64kbps). 8kbps < 16kbps, maka burst akan diaktifkan.
(0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 64kbps + 64kbps) / 8s 16kbps.
- Pada detik 3 karena 16kbps tidak lebih kecil dari 16kbps, maka burst dimatikan.  Kecepatan yang digunakan turun menjadi max-limit (32kbps).

Burst diaktifkan selama 2 kali (2 detik) sesuai dengan perhitungan sebelumnya. Formula tersebut hanya berlaku saat hitungan dimulai dari detik 0. Karena pada detik selanjutnya, kita tidak dapat memprediksikan kapan burst diaktifkan kembali. Hal tersebut bisa disebabkan oleh ketersediaan bandwidth

Itu saja yang dapat saya sampaikan. Salam
Terima kasih semoga bermanfaat.

______________
reference:
- Chris, Novan.Bandwidth Management - Burst.November 2016.Presentasi Indonesia Internet Expo & Summit.Balai Kartini, Jakarta.
- Discher, S. R. (2011). RouterOS by example. Learn Mikrotik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.