Langsung ke konten utama

PENGENALAN PEMROGRAMAN JAVA


Tahukah anda dibalik kecanggihan dari teknologi saat ini? Mungkin anda beranggapan bahwa teknologi seperti ponsel hanya terdiri dari beberapa komponen yang terintegrasi pada papan sirkut (saja). Memang benar, tapi tidak hanya itu. Karena sebuah teknologi tidak akan bekerja jika tidak disisipi sebuah “penerjemah” dari bahasa manusia ke bahasa mesin. Di sinilah berawal sebuah era baru masa teknologi.
JAVA...
Sebuah salah satu karya yang patut kita hargai karena berkat ini peradaban dunia kita sudah satu langkah lebih maju. Dengan ini mari kita pelajari lebih jauh tentang Java.
Pembelajaran Pemrograman Java meliputi :
1.       Sejarah berdirinya Java
2.       Ruang lingkup pemrograman Java
3.       Dasar pemrograman

1.       Sejarah berdirinya Java
Pada tahun 1990 seorang insinyur SUN Microsystem bernama James Gosling mempunyai gagasan untuk membuat bahasa pemrograman yang sederhana, berorientasi objek dan mampu bekerja pada segala jenis platform.  Satu tahun kemudian, team yang dipimpin Gosling berhasil menemukan sebuah bahasa yang ia harapkan.
Program tersebut diberi nama “OAK” sebagaimana pohon yang tumbuh didepan kantornya. Tapi sayang sekali, nama tersebut telah dipakai oleh perusaahaan lain.

Gambar pohon Oak 

 Kemudian, muncullah nama JAVA. Mungkin, anda akan berfikir bahwa nama JAVA erat kaitannya dengan pulau Jawa yang ada di Indonesia. Itu salah besar. Nama JAVA terinspirasi dari teman sejati sang Gosling saat ia bekerja. Ya, nama JAVA terlahir dari secangkir kopi tubruk (Kopi yang diseduh dengan bijinya yang masih utuh). Sejak saat itu JAVA (biji kopi) menjadi ujung tombak Gosling dan “DUKE” sebagai maskotnya. Bahkan logonya sudah menjadi trademark yang bergambarkan secangkir kopi panas.

(Trendmark logo Java)
 
(Duke, si maskot Gosling)

Pada tahun 2006, Java sudah ada dimana-mana – mendunia. Disegala perangkat dari skala kecil seperti sebuah chip digital card sampai berbasis web. Inilah hasil jerih payah James Gosling bersama sahabat-sahabatnya selama 15 tahun.
Pada tahun 2011 Java sudah mencapai versinya yang ke tujuh dengan segala bentuk penyempurnaan, error dan bug. Pada saat itu juga Java telah lepas dari SUN Microsystem dan berpindah ke Oracle.
 
2.       Ruang Lingkup.
Seperti yang telah disebutkan, bahwa keinginan Gosling  atas Java adalah bekerja pada segala jenis platform. Java telah mengabulkan keinginan sang penciptanya dengan bekerjanya Java pada basis :
-          Java Micro Edition (J2ME / Java to Micro Editon)
Pengembangan Java pada basis ini diperuntukkan pada device Mobile
-          Java Standart Edition (J2SE / Java to Standart Edition)
Pada jenis ini, Java bekerja pada perangkat Desktop.
-          Java Enterprise Edition (J2EE / Java to Enterprise Edition)
Dan yang terakhir adalah dibangun untuk skala luas, yaitu WEB
                Ada yang bilang bahwa file Java tidak dapat terinfeksi oleh virus. Berdasarkan paparan dosen saya (Ibu Yeni Dwi Rahayu), kemungkinan besar jarang atau bahkan tidak mungkin. File Java tidak dapat terjangkit virus karena file yang telah di compile mempunyai semacam hak akses (Access Modifier). Hak akses tersebut digunakan untuk memasuki program yang selanjutnya akan di rubah kembali scriptnya. Access Modifier dibagi menjadi 3, yaitu :
-          Public (Hak akses umum)
-          Default
-          Private (Hak akses tertentu)

3.       Dasar pemrograman
-          Identifier
Yaitu nama yang diberikan untuk class, variable dan method. Nama yang diberikan meliputi :
·    Tidak menggunakan angka
·    Case sensitive
·    Tidak boleh menggunakan keyword perintah
-          Tipe data (Primitif)
·    Integer (int / bilangan bulat → short, long, byte)
·    Floating (float / bilangan pecahan → float, double)
·    Boolean (Boolean / 2 nilai → true, false)
·    Char (char / data tunggal → character)
-          Membuat project baru menggunakan NetBeans
1.       Buka program netbeans
2.       Klik New Project
3.       Pilih Java
4.       Pilih Java Application
5.       Klik Next
6.       Pada Project name, ketikkan nama project anda
7.       Pada Project location, pilih direktori dimana anda akan menyimpan project
8.       Check/Unchek Create main class dan Set as main project untuk membuat direktori class secara otomatis
9.    Klik Finish.
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.