Langsung ke konten utama

HATI-HATI!! Seharusnya Anda Tau Bad Sector




Bad Sector adalah sebuah gejala di beberapa area pada piringan magnetik sebuah hard drive. Gejala ini menyebabkan tidak dapatnya piringan ditulis bahkan dibaca. Pada area tersebut sudah tidak lagi dapat digunakan. Itulah kenapa, mungkin sebagian file dan folder hilang atau bahkan Operating System anda tidak bekerja semestinya.

Mengapa terjadi pada hard drive piringan?

Jarang sekali bad sector terjadi pada hard drive SSD (solid state disk). Sistem kerja SSD mirip sekali dengan flashdisk. SSD bekerja pada kumpulan chip sebagai media penyimpanan dan dikendalikan oleh microcontroller. Sebuah piringan magnetik rawan sekali terjadi keruskan. Hanya karena debu saja, piringan ini mengalami masalah pada kinerjanya. Walaupun SSD juga akan mengalami masalah terkena debu, namun efeknya kecil.

Untuk hard drive yang belum digunakan atau yang pernah diformat ulang, bad sector tidak menjadi masalah. Karena nanti Operating System akan menganalisis dan memetakan bagian mana yang tak bisa lagi digunakan, kemudian menyusun ulang index bagian disk yang bisa digunakan dengan melompati bagian yang tak terpakai.

Pada hard drive keluaran terbaru untuk berbagai vendor, mereka telah menyediakan space ekstra untuk berjaga-jaga bilamana terjadi bad sector. Bisa dikatakan hal tersebut merupakan mengkompensasi dari vendor pada setiap cacat manufaktur atau cacat bawaan ketika produk dikeluarkan dari pabrik. Ketika format drive dilakukan, dan terdeteksi bebarapa area mempunyai gejala kerusakan, maka area tersebut dilewati dan tidak digunakan. Lalu Operating System menggunakan space ekstra tersebut untuk menutupi kekurangan pada total capacity.

Bad sector akan menjadi masalah apabila, ketika sebelumnya hard drive yag mengalami bad sector telah digunakan atau belum diformat setelah bad sector terjadi. Yang paling berbahaya adalah kita tidak mengetahui kapan bad sector terjadi, sehingga kita tidak dapat mem-backup semua file sebelum mereka lenyap. Semua file yang berada pada area bad sector akan lenyap ketika bad sector terjadi. Terkadang pula Operating System memunculkan pesan-pesan error, bahwa Operating System sedang tidak stabil, kegagalan pemanggilan file, hilangnya file system yang seharusnya berjalan dan mungkin terjadi korupsi data pada skala yang lebih besar jika data yang hilang berperan sangat penting, yaitu file sistem. Ini disebabkan, file yang “diharuskan” ada oleh Operating System telah hilang karena adanya kerusakan pada hard disk. Selain itu Operating System tidak dapat mengantisipasi terjadinya hal ini.

Bad sector juga disebabkan karena kesalahan firmware hard disk, program aplikasi atau sedikit kesalahan pada head dalam membaca atau menulis data. File yang ada pada bad sector ringan pada umumnya dapat diperbaiki dengan menghapus program yang ada kaitannya dengan file tersebut, selanjutnya menulis file itu kembali (re-install/menginstall ulang).

Bad sector yang disebabkan oleh kesalahan mekanis mempunyai kecenderungan untuk berkembang jauh lebih cepat dibanding kesalahan yang disebabkan oleh program aplikasi. Batas tepi sebuah disk magnetic sangat tipis, sehingga mempunyai potensi untuk keropos. Kerusakan permukaan atau sampah yang disebabkan oleh kegagalan mekanis meyebabkan “head crash” yang kemudian menjadi asal mula lebih cepatnya rembetan bad sector karena menggangu head untuk membaca atau menulis.

Bila anda memformat drive dengan “hard” pada bad sector seperti kasus diatas, maka akan lebih banyak lagi sector kosong yang menggantikan area yang rusak pada piringan. Tentu saja jika bad sector masih dalam tahap "menyebar" yang diakibatkan oleh permukaan piringan yang melonggar atau kesalahan pada disk, disk masih akan stabil. Selama disk pada kondisi masih bisa dipakai, pada saat itulah, satu-satunya pilihan yang dapat anda ambil adalah menyelematkan data sebanyak-banyaknya sebelum hard drive benar-benar mati sepenuhnya.

Tanda-tanda kerusakan hard disk.

Mungkin anda dapat memperbaiki kesalahan software yang diakibatkan oleh bad sector, dan dalam beberapa kemungkinan anda dapat memulihkan apa yang disebabkan oleh kegagalan teknis, alangkah baiknya jika mengatisipasi terlebih dahulu sebelum data kita yang lenyap berikut adalah cirri-ciri hard drive yang telah terkena bad sector : 
  1. Sering terjadi crash namun tidak beraturan, terutama saat boot up Windows 
  2. Pesan kesalahan yang samar dan sering terjadi ketika melakukan kegiatan khusus seperti memindahkan file. 
  3. Nama Folder dan file yang menjadi scrambled (acak) dan berubah. 
  4. Hilangnya file dan folder tertentu. 
  5. Menunggu sangat lama untuk mengakses folder dan file. Index file atau folder sedikit kacau 
  6. Hard disk tidak bereaksi untuk waktu yang lama setelah Anda meminta data dengan membuka file atau folder. 
  7. Output yang kacau dari file yang sedang dibuka. 
  8. Muncul bunyi (semacam denging) yang sangat bising atau seperti plastik basah terbakar dalam Hard drive. 
Jika ciri-ciri diatas sudah mulai anda alami, mulailah anda untuk memindahkan data-data penting untuk menghindari tangisan dan jeritan derita. Karena terlambat sedikit saja, data tersebut bisa lenyap untuk selamanya. Atau mungkin, anda perlu beralih ke hard drive SSD.

Komentar

  1. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual notebook Hp

    HP 14-r018TU Win 8.1
    Price Rp 3.899.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosessor > Intel Celeron Dual-Core N2840 (2.16 - 2.41 GHz, 1 MB L2 Cache)
    Sistem Operasi > Windows 8.1
    Tipe Grafis > Intel HD Graphics
    Ukuran Layar > 14"
    Harddisk > HDD 500GB
    Memori (RAM) > 2 GB
    Optical Drive > DVD RW
    Web Camera > Standard Web Camera
    Microphone Built-in > Ada
    Speaker Built-in > Ada
    Audio > Integrated Dual Speakers
    Networking > Bluetooth 4.0, Ethernet 10/100 Base T, Wireless Integrated IEEE 802.11b, > Wireless Integrated IEEE 802.11g, Wireless Integrated IEEE 802.11n
    Antar-Muka (Interface) > 1x Combo (In & Out) Audio Jack, 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, Card Reader > Port, HDMI Port, RJ-45 Port, VGA Port
    Baterai > 4 Cells, Lithium-Ion
    Dimensi (W x D x H) > 34.5 x 24.4 x 2.53 cm
    Berat > 1.9 Kg
    Warna > Hitam
    Garansi > Resmi 1 Tahun


    Kunjungi website kami untuk produk lainnya



    Terimakasih.... :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.