Langsung ke konten utama

HOT NEWS!!. Terkait Penangkapan Wildan Yani

Udah tau berita tentang Hacker yang berhasil men-deface web presiden kita belum?
Nih infonya : Yah, salah satu temen kita yang masih berumur 22 tahun telah ditangkep dan digiring ke Mabes Polri. Sebagaimana yang telah dilansir kompas.com .

Badan Reserse Kriminal telah meringkus peretas web atau dikenal sebagai hacker yang bernama Wildan Yani S berumur 22 tahun di Jember, Jawa Timur, Jumat (25/1/2013) lalu. Dia ditangkap oleh pihak berwajib ketika saat itu sedang menjalankan aksinya di warnet tempatnya bekerja.
Terkait penangkapan itu, polisi menyita dua unit CPU di Jember sebagai barang bukti. Sebanyak lima orang saksi yang juga pengelola situs telah diperiksa. Wildan pun saat ini masih menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Wildan "masih" terancam Pasal 22 huruf B Undang-Undang 36/1999 tentang Telekomunikasi dan Pasal 30 ayat 1, ayat 2 dan atau ayat 3 jo Pasal 32 ayat 1 UU No 11/2008 tentang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sekilas tentang Wildan.
Wildan adalah anak dari seorang ayah bernama Ali Jakfar. Sebelum Wildan berangkat bekerja ke kota, ia (ayah) tinggal bersama di warga Dusun Krajan, Desa Balung Lor, Kecamataan Balung.
Sejak lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Balung tahun 2010, Wildan memang tidak melanjutkan kuliah karena terhambat biaya. Pada medio 2011, Wildan mulai bekerja sebagai operator warung Internet di Jalan Letjen Soeprato, Jember. (Mungkin temen-temen yang berdomisili disitu udah pada ngerti).
Beberapa temannya mengaku kaget mendengar kabar Wildan ditangkap tim cybercrime Mabes Polri. Menurut mereka, selama ini Wildan tidak banyak bertingkah. "Ya, biasa saja. Paling-paling utak-atik program. Nggak sampai membobol situs atau kartu kredit orang atau toko luar negeri," ucap Aming, operator warnet di kawasan Universitas Jember.

Adi Kurniawan, pemilik warnet tempat Wildan bekerja juga mengaku baru mengetahui penangkapan anak buahnya itu pada Sabtu pagi, 26 januari 2013. Sesuai jadwal, Wildan piket sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi. Adi bertambah kaget mengetahui ruang operator warnetnya berantakan, dan Wildan tak ada di sana. "Dua handphonenya juga tidak bisa dihubungi. Barang-barang dan sepeda motornya ada," tuturnya.

Penangkapan Wildan memicu reaksi kelompok peretas internasional terkemuka, Anonymous. Mereka pun menyatakan "perang" terhadap Pemerintah Republik Indonesia dengan menumbangkan situs-situs berdomain ".go.id". Satu per satu situs-situs pemerintah bertumbangan dan dengan target utama kembali melumpuhkan situs Presiden SBY. Sejak Selasa malam sampai Rabu dini hari, tak kurang dari tujuh domain telah dilumpuhkan dan sebagian di-deface alias diganti tampilan berisi pesan peringatan. Situs-situs yang sudah dilumpuhkan antara lain beberapa sub-domain di situs KPPU, BPS, KBRI Tashkent, Kemenhuk dan HAM, Kemensos, dan Kemenparekraf, bahkan Indonesia.go.id.
"Government of Indonesia, you cannot arrest an idea NO ARMY CAN STOP US #Anonymous #OpFreeWildan #FreeAnon" (Pemerintah Indonesia tidak dapat membelenggu sebuah pemikiran. Tidak ada pasukan apa pun yang dapat menghentikan kami), demikian pernyataan di akun Twitter kelompok peretas tersebut, Rabu.
nih salah satu status di jejaring sosial salah satu komunitas yang menamakan diri sebagai #Op go.id:



Sehubung yang kayak gini, semua temen-temen pada uring-uringan. Termasuk tim hacker internasional juga Anonymous angkat bicara. Tapi berbeda dengan yang satu ini, salah seorang berpendapat : klik disini untuk melihat. Tifatul Sembiring (Menkominfo/Menteri Komunikasi dan Informasi) 




 lihat juga berita terkait :

Wildan 'Hack' 5.320 Situs Internet
Retas Situs Presiden, Wildan Mengaku Hanya Iseng
Wildan Hack Situs SBY Sendirian
Peretas Situs SBY Belajar Meretas Secara Otodidak
Ada Apa Denga Situs SBY ?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.