Langsung ke konten utama

Daun - Sebuah Pabrik Bagi Tumbuhn


Sebagaimana makhluk lain, tumbuhan juga termasuk makhluk hidu yang membutuhkan pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan itu karena dipicu oleh adanya perbanyakan diri sel-sel penyusun tumbuhan tersebut. Metabolisme yang diserap sel-sel lakukan adalah hasil olahan dan reaksi makanan dan sari-sari yang mereka serap.

Pada tumbuhan, tidak semua organ tumbuhan dapat memproses makanannya sendiri. ada satu jenis bagian tumbuhan yang memproses dari bahan makanan menjadi sari yang siap diproses oleh sel-sel pada organ lain. Tumbuh-tumbuhan hijau memerlukan daun untuk membantu mereka menghasilkan makanan. Daun-daun yang dimiliki oleh pohon yang mempunyai produk buah akan membuat makanan yang dapat membantu pohon tersebut untuk menghasilkan buah.

Misalkan :
Pada buah persik dan kayu manis mempunyai rasa manis, maka pohon-pohon persik dan kayu manis memproduksi senyawa glukosa. Pohon-pohon tersebut menghirup karbon dioksida dari udara, air serta nutrisi dari tanah melalui akar yang menjalar didalam tanah.

Fotosintesis
Dari karbon dioksida (CO2), air (H2O) dan beberapa nutrisi untuk pertumbuhan (sebagian termasuk urea), terjadilah proses kimiawi dengan sedikit bantuan sinar matahari. Sebagai mana reaksinya :

2 CO2 + 6 H2O -- sinar matahari-->>  C2H12O6 + 2 O2

Proses ini disebut proses disebut Fotosintesis, proses tersebut memerlukan 2 molekul karbon dioksida dan 6 molekul air serta sedikit bantuan sinar matahari akan menghasilkan 1 molekul gula dan 2 molekul oksigen.

Gula yang dihasilkan sebagian akan disimpan didalam buah yang menyebabkan buah terasa manis. sedangkan oksigen dilepaskan kembali ke udara. Inilah interaksi terbaik antasra manusia & makhluk hidup lain terhadap tumbuhan.

Daun-daun mengandung banyak jaringan berwarna hijau berbentk kecil yang disebut kloroplas. Kloroplas ini adalah sebuah pabrik dengan mesin-mesing didalamnya yang digunakan sebagai penghasil senyawa gula, dan matahari adalah bahan bakar yang mensuplay energi untuk mesin-mesin tersebut.

Pada beberapa negara, terjadi satu musim yang unik. musim gugur dalah musim dimana semua daun mengalami perbahan warna menjadi kuning atau kecoklat-coklatan, kemudian jatuh dari pohonnya. Ini terjadi karena pohon tidak memerlukan lagi daun. Bukan karena poon tidak butuh lagi "pabrik" yang mensuplay makanannya, melainkan pohon mencoba berahan hidup pada musim selanjutnya, yaitu musim dingin. Pohon "membuang" sebagian organ mereka untuk menghemat persediaan makanan yang mereka buat dan dijadikan sebagai perediaan pada musim dingin nanti.

Transpirasi
Ada beraneka ragam bentuk daun pada pohon dan diantaranya yang membedakan adalah lebar/luas. Luas penampang daun sangat berpengaruh. Tidak hanya pada fotosintesis, melainkan juga pada proses Transpirasi. Proses ini adalah proses membantu tumbuhan untuk menyerap air yang diserap oleh akar serta melarukan mineral-mineralna. Selama proses tersebut, air menguap melalui permukaan daun melewati pori-pori kecil yang ada pada mereka. Proses ini sebenarnya tidak membuang air, tetapi menyerap air lebih banyak lagi, agar air yang melewati batang juga lebih banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.