Langsung ke konten utama

IRONIS - Seorang Hacker Mem-post Bug Facebook pada Dinding Mark


Selama ini kita tahu, bahwa kita mengatur privasi profil Facebook agar hanya rekan atau keluarga anda yang dapat dinding/timeline atau bahkan profilnya. Jika ini dilakukan maka seorang yang belum kita setujui "Approval" pertemanannya tidak akan bisa memposting sebuah pesan ke dinding/timeline anda. Namun, lain cerita dengan yang dilakukan Khalil Sreateh, pakar pengamat keamanan ICT. Dia telah merilis sebuah bug Facebook yaitu menuliskan sebuah pesan pada dinding yang belum menjalin pertemanan. Tak tanggung-tanggung, vulnerability tersebut langsung dikirimkan ke timeline pendiri Facebook, sang milyader muda Mark Zuckerberg.

Untuk meyakinkan tim keamanan Facebook tentang eksistensi bug tersebut, Khalil melampirkan beberapa screenshot tentang demo "Hacking" nya yang memposting sebuah pesan pada dinding milik teman semasa Mark kuliah dulu, Sarah Goodin. Namun sayang, tim keamanan Facebook belum juga bertindak.



Dalam suratnya dia menautkan sebuah link yang berisi posting miliknya di dinding milik Sarah. Tim keamanan Facebook malah mengira bahwa link yang dia berikan tidak lagi ada.
Tentu saja begitu, karena mungkin tim kemanan Facebook tidak menjalin pertemanan pada Sarah Goodin. Sarah hanya menshare semua timeline nya pada orang yang terkait dengan dirinya saja.

Khalil mengakui bahwa dia telah melaporkan bug tersebut dau kali kepada pihak keamanan Facebook melalui White Hat Reporting Service, namun mereka tidak menghiraukannya dan berkata bahwa bug tersebut tidak pernah ada. Aneh memang, sebenarnya Khalil berniat baik melaporkan hal tersebut. Bisa saja dia menjualnya atau bahkan dia gunakan untuk keuntungan dirinya sendiri. Maka akhirnya dia membuktikan sendiri dengan cara memposting bug tersebut pada timeline sang pendiri secara langsung.

Kepanikan baru terjadi ketika tim menyadari akan posting milik Khalil. Email berdatangan pada inbox Khalil tentang bug tersebut.
Dengan alasan tidak rasional, tim keamanan Facebook menonaktifkan Facebook milik Khalil dan tidak bersedia membayar bug bounty sebesar $500 karena telah melanggar Terms of Service dari layanan bug bounty tersebut. Tapi akhirnya, tim keamanan Facebook mengembalikan akun Khalil dan memberikan uang "jerih payah" nya itu. Tim keamanan Facebook juga menyarankan Khalil agar tetap mengeksplorasi keamanan Facebook dan segera melaporkannya jika menemukan bug.

Dia menjabarkan seluruh detil kegiatan pelaporan dan kontak dengan tim keamanan Facebook pada blog pribadinya. Dia juga menjelaskan bagaimana mengeksploitasi bug tersebut melalui video.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.