Langsung ke konten utama

PHP (Hypertext Preprocessor)


Assalamua'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Bagi anda yang seorang Progammer baik handal atau masih pemula, anda tentu tahu apa itu PHP (kalo yang ini bukan singkatan dari "Pemberi Harapan Palsu" :lol:). PHP yang ini mengacu pada sebuah bahasa pemrograman berbasis web based yang berjalan pada server-side dan sering dibuka dengan webbrowser pada client. Skrip PHP biasanya disisipkan dalam kode html. PHP akan dieksekusi pada server dan di rubah kedalam html kemudian dikembalikan ke client. Itulah mengapa, web yang dibangun dengan bahasa PHP akan nampak dinamis serta dapat dikatakan bahwa web dapat berinteraksi dengan client-side. Berbeda sekali dengan bahasa html yang bersifat statik.

Sejarah Bahasa PHP

Bahasa PHP sendiri diciptakan oleh Bapak Rasmus Ledorf ( 22 November 1968 di QeqertarsuaqGreenland). Beliau bekerja di perusahaan besar search enginee, Yahoo! sebagai insinyur arsitek infrastruktur. Beliau adalah mahasiswa lulusan Universitas Waterloo. Awalnya, dia menciptakan bahasa ini untuk mengetahui jumlah pengunjung pada web pribadinya. Itulah mengapa bahasa pemrograman ini di namakan PHP (Personal Homepage), namun seiring dengan penyebaran dan populernya bahasa ini, maka PHP disebut sebagai Hypertext Preprocessor dan berlisensikan open source.



Awal pembuatan PHP, bahasa ini dinamakan Form Intepreter yang berupa sejumlah skrip yang membentuk kesatuan form pada web. Selanjutnya Pak Rasmus melanjutkan pengerjaan bahasa ini dan merilis PHP/FI. Inilah yang menjadikan awal PHP berlisensi open source. Hal ini sangat menarik bagi para programmer muda untuk berkontribusi mengembangkan PHP.

November 1997, PHP/FI telah mencapai versi 2.0. Pada versi ini, penerjemahan PHP dapat diimplementasikan pada pemrograman C, juga disertakan modul-modul ekstensi guna meningkatkan kemampuan PHP/FI secara optimal.

Di akhir tahun 1997, Sebuah perusahaan bernama Zend ikut mengembangkan bahasa ini dan hasilnya bahasa ini sangat bersih, mudah dipahami dan lebih cepat. Dengan itu, pada tahun 1998 perusahaan Zend meresmikan PHP 3.0 dengan intepreter baru yang telah diperbaiki. Tidak hanya itu, nama PHP/FI menjadi PHP dan akronimnya menjadi Hypertext Proprocessor.

Di pertengahan 1999, Zend meresmikan PHP 4.0 sebagai intepreter PHP baru. Versi ini merupakan versi yang paling banyak digunakan di abad ke-21 ini. Selain mudah, dalam pembangun web yang kompleks sekalipun, dia masih mempunyai stabilitas dan kecepatan yang tinggi.

Perombakan besar terjadi di tahun 2004, seiring rilisnya PHP 5.0 inti dari intepreter ini adalah menggunakan model pemrograman berorientasi projek yang akhir-akhir ini juga semakin populer.

Yang Dibutuhkan Agar PHP Berjalan Semestinya

Karena PHP berjalan pada server-side, jelas sekali bahwa yang dibutuhkan disini adalah web server. Jadi apa itu web server?

Web server adalah sebuah software yang diinstal pada sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan dan bertugas melayani berbagai request dari client. Fungsi web server atas PHP adalah menyimpan file-file PHP itu, sehingga file dapat dijalankan kemudian dikirimkan kepada client  yang sedang meminta data tersebut. Untuk saat ini, yang paling terkenal adalah Apache. Untuk web server lainnya misalkan : Aolserver; Boa ataupun HSF

Tidak hanya itu, PHP juga membutuhkan PHP binary yang bisa dikonfigurasikan sebagai modul web server ataupun sebagai CGI. PHP binary berfungsi untuk memparsing kode PHP menjadi html. Perintah dari client akan dieksekusi pada web server kemudian PHP binary ini akan mengubah kode-kode PHP beserta parameter dan value nya kedalam bentuk html yang selanjutnya dikembalikan kepada client.

Selain itu, untuk merekam/menyimpan data, dibutuhkan database server. Database ini biasanya menyimpan seluruh inputan user ataupun data-data milik web tersebut. Dalam hal ini dibutuhkan bahasa pemrograman SQL (Structured Query Languange). Secara umum bahasa ini sudah menjadi bahasa standar yang digunakan untuk manajemen basis data dan relasional.

Ketiga software tersebut sangat terkait dalam pembangunan web. Namun dalam kenyataannya, menghubung ketiga module (PHP, Apache, SQL) tersebut sangatlah sulit. Oleh karena itu dibutuhkan sofware pihak ketiga untuk mengaitkan ketiganya. Macam-macam software tersebut adalah : Lamp; Xampp; Wamp dan lain-lain.

Skema Aplikasi Web


Keterangan :

  1. Web client mengirimkan permintaan. Permintaan bisa berupa perintah dengan parameter dan value nya ataupun permintaan halaman.
  2. Berbagai aktifitas pada web server pun terjadi. Dalam hal ini, Request di terjemahkan dan di proses.
  3. Permintaan diteruskan ke dalam Java jika permintaan memang berbasiskan java.
  4. Jika permintaan mengharuskan sebuah input untuk disimpan dalam database, maka input akan disimpan dalam database.
  5. Respon di kembalikan kepada web client.
  6. Respon diterjemahkan dan sampai pada web client.
Instalasi PHP

Setelah mengerti tentang PHP, kita akan melakukan instalasi php pada personal komputer. Perlu diketahui, PHP telah mendukung diberbagai macam jenis OS, baik itu Linux, Unix, Windows ataupun MacOS. Tidak hanya banyak OS yang didukungnya, melainkan juga banyak juga web server yang digunakan untuk menjalankan PHP. Namun kebanyakan memang menggunakan web server Apache.


Disini kita akan menginstall PHP didalam Windows XP menggunakan server Apache. Cara termudah menginstall PHP adalah dengan menggunakan appserv. Appserv merupakan sebuah paket untuk Windows dimana didalamnya terdapat : Apache Web Server, PHP Script Language, MySQL Database, Zend Optimizer. Dengan menggunakan appserv, instalasi terasa mudah, karena sekali instal aplikasi, semua aplikasi pembangunan web PHP akan selesai.

Modul Pembelajaran PHP

  1. XAMPP : Download
  2. Pengenalan PHP : Download; Download
  3. Modul : Download; Download
Sekilas saja tentang masalah yang dialami teman saya. Pada saat itu dia bertanya :
Apakah file PHP bisa didownload secara utuh pada brower tanpa melalui hak akses administrator?
Jawabannya adalah : TIDAK.
Seperti yang dijelaskan diatas, bahwasanya file php berjalan pada server side. Artinya file tersebut dijalankan pada server pada saat anda memanggilnya. Hasil dari eksekusi tersebut akan dikirimkan dalam bentuk html, atau hasil dari aksi itu sendiri. Download hanya bisa dilakukan melalui protokol ftp ataupun telnet.

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.