Langsung ke konten utama

Perjalanan dari Waktu-Kewaktu Jaringan Komputer | Dekeade Pertama


Kita tahu bahwa kita sangatlah dekat dengan internet. Bahkan saya yakin, setiap harinya orang terhubung dengan internet walaupun hanya beberapa menit saja. Dalam dunia teknologi komunikasi, internet memang erat sekali kaitannya dengan jaringan komputer, namun jaringan komputer tidak selalu internet. Internet hanyalah sebuah istilah yang mewakili cakupan wilayah dimana komputernya saling terhubung.

Jadi, apakah anda tahu bagaimana perjalanan teknologi ini dari pertama kali dirilisnya hingga secanggih saat ini? Untuk itu mari kita dalami sejarahnya untuk lebih mengenal dunia jaringan komputer.

Kebanyakan buku-buku pendidikan sekolah mengajarkan bahwa penerapan yang menjadi asalmuasal jaringan internet adalah dimulainya proyek DARPA tentang menghubungkan antara komputer satu dengan yang lain. Hal yang terpenting adalah sejarah bagaimana 2 perangkat bisa terhubung dan berkomunikasi. Jika kita memulainya dari sini, kita pasti tahu apa yang menjadi sejarah pertama dari jaringan komputer itu sendiri. Ya, Telepon.

Pada tahun 1870, 2 pengusahawan yaitu Elisha Grey dan Alexander Graham Bell merancang sebuah perangkat yang dapat mentransmisikan data berupa suara. Setelah diuji coba dan berhasil keduanya langsung meluncur untuk mematenkan produknya. Bertahun-tahun lamanya komunikasi kabel berkembang, hingga akhirnya kelompok maritim menggunakan alat komunikasi tanpa kabel. Perangkat transmisi yang tanpa menggunakan kabel pertama adalah radio. Radio muncul dan populer saat perang perang Tsushima. Perangkat ini diciptakan oleh Guglielmo Marconi, seorang berkebangsaan Itali. Inilah yang menjadi dasar landasan macam-macam jenis jaringan nanti.

 


50 tahun selanjutnya, muncul teknologi Semi-Automatic Ground Environment (SAGE). Sebuah sistem yang menggunakan sejumlah komputer yang diintegrasikan dengan perangkat jaringan, digunakan untuk mengumpulkan data-data dari berbagai radar dan memprosesnya menjadi satu kesatuan citra digital luar angkas dengan jangkauan luas. SAGE digunakan dan dikendalikan oleh sebuah badan antariksa ,NORAD untuk melakukan penyerangan via udara terhadap Rusia dari tahun 1950-1960an.

Pada tahun 1960, Produsen AT&T mendesain produk transmiter data melalui jaringan telepon. Produk ini merupakan produk modem komersial untuk pertama kalinya. Dikhususkan untuk merubah data digital menjadi data analog dan juga sebaliknya serta untuk mentransmisi antar jaringan jarak jauh. Perkembangan dari penyebaran teknik yang digunakan produk ini serta penggunaan sistem bandwidth bermodulasi juga berdampak pada perkembangan dunia komunikasi.

Dimulainya garis waktu internet adalah tahun 1962. Sebelum itu, kata internet belum pernah disebutkan. Pada saat itu,10 ribu komputer diseluruh dunia masihlah sangat primitif. Walaupun begitu, mereka yang mempunyai komputer menghabiskan jutaan dolar untuk memilikinya. Mereka berpikir bahwa merupakan hal percuma jika jutaan dolar dihabiskan hanya untuk melakukan perhitungan logika saja, tanpa adanya berbagi data. Disisi lain J.C.R Licklider seorang profesor psikologi di MIT direkrut oleh ARPA untuk menjadi direktur dari IPTO. Licklider adalah orang yang sangat cerdas dalam bidang hubungan antar manusia-komputer. Tujuan perekrutan tersebut adalah untuk pengembangan jaringan komputer dan membuat kelompok yang disebut “Intergalactic Computer Network”. Disaat itu juga, beberapa komputer yang saling berdekaatan sudah bisa terhubung dan membuat workgroup. Selanjutnya Licklider mencoba bernegosiasi dengan Ivan Sutherland, pakar pencitraan komputer sekaligus orang yang merekrutnya. Dia berusaha untuk mengajukan alat komunikasi terbaru yang mampu menghubungkan perangkat dari jarak jauh tanpa kabel. Syncom, perangkat pertama komunikasi satelit. Saat itu juga kode ASCII muncul sebagai alat komunikasi berbasis data.

1964. Perusahaan IBM membuat debutnya dalam proyek (SABRE) pembuatan transaksi online untuk penerbangan Amerika. Dengan jaringan telepon SABRE menghubungkan 2000 terminal di 65 kota. Menyampaikan data dari penerbangan satu ke yang lainnya dalam waktu 3 detik. Sedangkan Licklider memutuskan untuk meninggalkan ARPA untuk kembali ke MIT, sedangkan Ivan Sutherland mengambil alih IPTO. Berkat pendanaan IPTO dan kerjasamanya dengan GE-635 mereka berhasil membuat sistem operasi Time Sharing Multics.

Awal tahun 1965, ARPA mendanai JOSS (Johnniac Open Shop System) untuk menjalankan perusahaan RAND. Sistem JOSS memungkinkan untuk melakukan pemecahan masalah komputasi dengan dikontrol sebuah perangkat konsol dan dikendalikan secara remote (jarak jauh). IBM model 868 telah dimodifikasi dengan sebuah kotak kecil dengan sakelar lampu didalamnya. Lampu akan menyala jika pengguna mengirim sinyal input dan jika JOSS merespon maka lampu hitam akan menyala.

Tahun 1966. John Van Geen dari Institusi Riset Stanford memperbaharui fungsi modem. Penerimaan bit data lebih handal meskipun suara latar belakang yang berisik begitu terdengar di saluran telepon jarak jauh. John mengembangkan modemnya untuk menghubungkan antar komputer melalu jaringan telepon di komunikasi headset.

Dipihak lain, Tylor telah berhasil menjadi direktur ketiga IPTO. Dikantornya dia mempunyai 3 komputer yang bisa saling terhubung diseluruh wilayah cabang. Masalahnya adalah, bagaimana dia bisa menghubungkan komputernya dengan komputer ARPA lainnya. Tylor melakukan pertemuan dengan Charlez Herzfeld dan menghabiskan sekitar satu juta dollar untuk melakukan pengembangan jarigannya. Tujuan utamanya adalah menghubungkan semua komputer milik kontraktor IPTO. Tylor menyarankan Larry Roberts untuk kembali dan memulai lagi program pada ARPA.

Sumber:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.