Langsung ke konten utama

Asipkan Data-Data Facebook Kamu (Foto, Video, Komentar, Post, Percakapan)


Beberapa hari yang lalu saya sempat mendengar pertanyaan yang sangat menarik dari salah satu teman saya. Dan kebetulan saya juga membutuhkannya. Pertanyaan tersebut adalah:

"Piye yo, carane nyimpen percakapan ben iso diwoco offline. Lek kopi-paste teko percakapan asline, terlalu rumit. Loading terus"
(Gimana yah caranya menyimpan percakapan agar bisa dibaca secara offline. Kalo copy-paste dari percakapan asli, terlalu rumit. Loading terus)


Memang, terkadang facebook membawa kenangan yang begitu indah, hingga kita tetap ingin mengenangnya disaat-saat tertentu. Kadang kita juga ingin melihat post yang menarik yang pernah kita tulis di waktu dahulu, percakapan-percakapan singkat antara kita dan rekan kita. Namun apakah kita sanggup mencari konten yang dimaksudkan, jika facebook sendiri tidak menyediakan layanan pencarian konten kita?

Tadi malam saya "tidak sengaja" menemukan artikel tentang bagaimana cara menggunakan facebook graph. Fungsi graph ini adalah untuk mencari perihal tentang akun tertentu baik tentang detil akun maupun konten yang disediakan akun tersebut (Sumber)


Gambar diatas menunjukkan tentang pencarian konten yang disediakan oleh teman. Untuk pencarian tipe ini, tergantung pada privacy dari konten tersebut. Jika konten bersifat pribadi, konten tidak akan ditampilkan.


Gambar diatas menunjukkan pencarian secara umum, kata yang mengandung NBA baik itu di Fanspage, konten teman, ataupun grup yang kamu sudah terdaftar didalamnya.

Jadi bagaimana jika kita mencari konten yang ada pada timeline kita? Oke, sekarang kita lihat:


Ah... ternyata nggak bisa. Sayang sekali, padahal kita juga ingin mencari post yang entah kapan itu terjadi. Yang jelas kamu mengingat sebagian kata yang tertulis.

Pas waktu buka settingan, ada sebuah link yang saya rasa mungkin bisa berguna. Yah... link yang saya lihat adalah "Download a copy of your Facebook data." Awalnya saya mengira bahwa data yang akan didownload adalah data yang berupa file yang pernah saya upload. Setelah saya mencobanya, ternyata saya salah. Data yang terdownload adalah data keseluruhan. Jadi konteks data disini, bukan sekedar file, melainkan segala sesuatu yang ada didalam akun facebook kita. Bahkan aktifitas, log, komentar serta timeline juga ada. Menurut saya, sangat bermanfaat sekali.

Jadi, bagaimana caranya?

Oke...

1. Masuk ke akun -> Settings

2. Pada tab General (paling atas) -> klik Download a copy of your Facebook data

3. Kamu akan dibawa ke halaman pemberitahuan, bahwa kamu benar-benar ingin mendownload data tersebut.
`

4. Tunggu beberapa saat, kemudian buka email kamu yang menjadi email utama facebook kamu. Email itu berisi bahwa konten kamu sedang dalam proses. Tunggu sekitar 10-15 menit (Tergantung jumlah data yang ada didalamnya)

5. Setelah mendapkat email lagi dari facebook, buka link yang diberikan. Link tersebut merujuk pada halaman download

6. Setelah halaman terbuka, klik tombol download.

7. Data akan terdownload. Nama file biasanya facebook-<id>.zip

8. Ekstrak file tersebut. Kamu akan mendapatkan 3 folder (html, photos, videos).

9. Masuk ke folder html, dan buka salah satu file dengan format *.htm (setiap file merujuk pada halaman tertentu facebook kamu)

10. Sebagai contoh, saya akan membuka file wall.htm

Violaaaa.... sekarang tinggal cari aja (ctrl+f) konten yang ingin kamu temukan.
Selamat mencoba ^_^



Komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.