Langsung ke konten utama

Install Flashplayer Pada Chromium | Artikel


Install Flashplayer Pada Chromium
Install Flashplayer Pada Chromium

(Install Flashplayer Pada Chromium) Udah tau kan kabarnya, kalo Chrome/Chromium untuk versi 34 keatas udah nggak mendukung lagi adobe flashplayer. Kalo belum tau ini link beritanya.

Google udah nggak pake lagi 'Netscape Plugin API' (NPAPI) dengan alasan keamanan. Ketika September 2013 lalu, google telah mengumumkan akan menghentikan segala aktifitas yang berkaitan dengan NAPI pada April 2014 tepat dengan perilisan versi ke 34. Disisi lain,muncullah pendatang baru yang mengusung sistem 'Pepper' yang lebih aman, fleksibel dan performa lebih menjamin yaitu 'Pepper Plugin API' (PPAPI).

Mungkin untuk Windows, dan Mac tidak akan menjadi masalah, karena instalasi pada Chrome sudah di bundle dengan sistem baru ini. Jadi bagaimana dengan Linux untuk Chromium-nya?

Install Flashplayer Pada Chromium


Ada yang bilang, Chromium memang browser cacat. Entahlah, saya nggak berani nanggepin argumen itu. Saya penguna Chromium, dan so far saya nyaman-nyaman saja. Namun akhir-akhir ini saya nggak bisa makek flashplayer lantaran Chromium saya telah terupgrade bebarengan dengan upgrade-nya kernel saya. Cara lama pun saya pake, namun gagal lantaran memang versi saat ini adalah 35. Dan akhirnya saya tau lewat link sebelumnya, bahwa Google telah menghentikan supportnya. Agak bingung sih, tapi setelah browsing-browsing akhirnya nemu juga.

Oh... ya, sebelum kearah yang lebih jauh, adakalanya kita mengetahu apa perbedaan Google Chrome dan Chromium:

  1. Chromium adalah project open source, sedangkan Google Chrome merupakan versi rebranded dari Chromium itu sendiri. Bisa dikatakan, Google Chrome adalah bentuk final dari perilisan Chromium.
  2. Hampir seluruh ekstensi dari Chromium bisa berjalan pada Googel Chrome.
  3. Jika Google Chrome di uji oleh developernya maka Chromium di uji oleh masing-masing distribusi dan terkadang juga mengalami perubahan.
  4. Google Chrome lebih koprehensif, fix update dan rutin ketika update dari pada Chromium yang setiap hari update. Ini menimbulkan Chromium mendapat banyak bug dan crash.
So, gimana caranya memainkan konten flash web pada Chromium?
Disini saya pake plugin yang namany 'Pepper Flash For Chromium'. Berikut cara instalasinya:

1. Tulistkan perintah di bawah:
root@localhost:~# echo 'deb http://http.debian.net/debian wheezy-backports main contrib non-free' >> /etc/apt/sources.list
root@localhost:~# apt-get update
root@localhost:~# apt-get -t wheezy-backports install pepperflashplugin-nonfree
 2. Langkah kedua,  install pluginnya. Instalasi membutuhkan koneksi internet
root@localhost:~# update-pepperflashplugin-nonfree --install
 3. Buka dengan leafpad konfigurasi Chromium.
root@localhost:~# leafpad /etc/chromium/default
 4. Tambahkan kode berikut tepat dibagian bawah sendiri.
# part for pepperflashplugin-nonfree : begin flashso="/usr/lib/pepperflashplugin-nonfree/libpepflashplayer.so" if [ -f $flashso ] then flashversion=`strings $flashso|grep ^LNX|sed -e "s/^LNX //"|sed -e "s/,/./g"` CHROMIUM_FLAGS="$CHROMIUM_FLAGS --ppapi-flash-path=$flashso --ppapi-flash-version=$flashversion" fi # part for pepperflashplugin-nonfree : end
 5. Restart Chromium untuk mengetahui perubahannya.

Kesimpulan Install Flashplayer Pada Chromium

Chromium merupakan sebuah webbrowser yang sifatnya open source dan dapat berbeda-beda di tiap distribusinya. Oleh sebab itu adakalanya, salah satu atau banyak dari komponen-komponen Chromium tidak bekerja semestinya, seperti halnya flashplayer. Konten web saat ini merupakan konten yang tidak jauh dengan gambar animasi dan objek gerak. Jika sebuah browser tidak mempunya flashplayer, maka konten tersebut tidak dapat dijalankan. Jadi, flashplayer merupakan komponen wajib bagi pengguna yang suka sekali dengan hal yang berkaitan dengan animasi pada sebuah web.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.