Langsung ke konten utama

QoS | Quality of Service

QoS (Quality of Service)


QoS (Quality of Service)
QoS (Quality of Service)

[QoS (Quality of Service)] Bagi para gamer online yang gemar bermain di warnet mungkin akan menyadari tentang perbedaan bagaimana ketika mereka melakukan browsing, download dan bermain game online. Ya... perbandingan kecepatan akses antara game online, browser dan download berbeda jauh. Download akan terasa lambat dibandingkan browser, browser lebih lambat dari pada game online. Hal ini dikarenakan karena kebanyakan warnet game memang dikhusukan untuk game online, bukan untuk browsing maupun download walaupun itu bisa dilakukan.

Jadi kenapa bisa begitu?
Pihak administrator memang sengaja melakukan hal tersebut lantaran game online memang membutuhkan sebuah koneksi stabil walaupun itu relatif lambat. Ketika alokasi bandwidth sebagian besar dialihkan pada aplikasi game online, maka download dan browsing akan mendapatkan porsi yang lebih kecil. Kemampuan ini sering disebut dengan QoS (Quality of Service).

Quality of Service adalah mekanisme dalam jaringan untuk memastikan bahwasanya aplikasi dapat berjalan dengan semestinya. QoS juga dapat diartikan sebagai layanan yang berfungsi untuk mengatur prioritas yang berbeda baik untuk aplikasi, alokasi bandwidth, jenis aliran data ataupun untuk setiap masing-masing user Untuk menjamin stabilitas sebuah jaringan dikarenakan adanya beberapa keterbatasan perangkat dan layanan jaringan.

Alasan mengapa QoS sangat dibutuhkan pada jaringan yang mempunyai batasan kecepatan dan stabilitas jaringan adalah agar paket yang terkirim tidak mempunyai segmen yang hilang. Karena pada segmen atau bagian itu akan begitu mempengaruhi data yang disampaikan. Masalah yang sering timbul yang berkaitan dengan QoS adalah:

1. Bandwidth
Merupakan istilah yang digunakan dalam jaringan komputer untuk menyebutkan kemampuan jaringan dalam mentransfer data per satuan waktu (biasanya detik) dari satu titik ke titik yang lain.

2. Latecy
Adalah interval atau jeda waktu yang timbul pada saat request terkirim dengan respon yang diterima.

3. Jittler
Jenis delay atau penundaan pengiriman paket  yang didasarkan atas beban dan besarnya tumbukan paket. Yang dimaksud dengan tumbukan adalah kelebihan kapasitas ketika melakukan pemanggilan suatu layanan.

Beberapa aplikasi yang sangat berpengaruh terhadap 3 masalah diatas biasanya aplikasi yang bersifat streaming (data yang mengalir) dan peka terhadap delay. Misalkan: VoIP (Voice over IP), Game-online, IP-TV dan Webcam. Karena pada dasarnya, aplikasi-aplikasi macam itu bergantung pada koneksi yang stabil.

Sumber:
OpenSource.TelkomSpeedy.com
ID.Wikipedia.org
Ariegembul.Blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.