Langsung ke konten utama

Merubah Kecerahan Monitor Kali Linux Secara Permanen




Jika anda mempunyai masalah kecerahan pada Kali Linux, anda bisa mengaturnya di Application > System Tools > Preferences > System Settings > Brightness and Lock. Disitu akan disediakan scroll yang dapat digeser untuk mengatur kecerahan. Ada juga beberapa menu untuk mengatur konfigurasi yang lain berkaitan dengan kecerahan. Tapi adakalanya saat anda mengaturnya pada kecerahan yang tepat dan setelah itu merestartnya, setting kecerahan akan kembali pada keadaan maksimal.

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur kecerahan pada Kali Linux atau Linux yang lain, seperti xbacklight atau xrandr. Tapi anda bisa juga membuat script sendiri untuk mengatur kecerahan dan membuatnya untuk berjalan otomatis saat PC anda bootup. Walaupun agak ribet, tapi nggak ada salahnya kan :D

Oke sebelum itu, saya harus menjelaskan spesifikasi laptop saya. Saya mempunyai laptop Toshiba Satellite M840 dengan graphic card Intel Corporation 3rd Gen Core processor Graphics Controller (rev 09). *Q: kenapa kita harus tau tentang jenis graphic card-nya? | A: karena file milik saya yang nanti kita ubah konfigurasinya, belum tentu sama dengan milik anda.* Bagaimana cara mendapatkan detail tersebut? Ketikkan saja perintah:

# lspci | grep -i vga




Jika sudah menemukan tipenya, simpan dulu namanya. Ini akan digunakan nanti. Selanjutnya, mari kita mulai.

Langkah 1: Rubah dulu level kecerahan pada tingkat tertinggi. Hal ini berfungsi agar kita tahu, berapa nilai maksimum yang diijinkan.

Langkah 2: Baca file brightness yang ada pada /sys/class/backlight/acpi_video0/. Jika file tidak ditemukan, coba lihat isi folder dari /sys/class/backlight/. Ada kemungkinan, file konfigurasi disimpan dalam folder VGA lainnya.


Anda juga bisa menggunakan file yang ada di folder selain acpi_video0. Misalnya pada intel_backlight ataupun toshiba. Didalamnya nanti ada file yang namanya brightness.

Langkah 3: Coba rubah nilai kecerahan lebih rendah, misalnya 2 level lebih rendah. Sesuaikan saja, jika masih terlalu cerah anda bisa menguranginya, jika terlalu terang anda bisa menambahnya (Selama tidak melebihi batas maksimal nilai kecerahan) sehingga kita tahu pada level mana kecerahan yang nanti kita inginkan. Gunakan perintah berikut ini:

# echo "3" > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness



Jika berhasil, layar anda otomatis akan meredup.

Langkah 4: Yang kita butuhkan sekarang adalah bagaimana script tersebut berjalan saat komputer bootup. Gampang saja, tambahkan script itu pada file /etc/rc.local (pastikan menambahkan script diatas perintah "exit 0".


Simpan perubahan pada file, kemudian reboot komputer. Dan, VOILA!! Kecerahan komputer anda sudah otomatis terkurangi.

Semoga artikel ini dapat membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.