Langsung ke konten utama

Android Anda Hilang atau Dicuri? Tenang saja, Google Akan Membantu Mencarinya




HP anda hilang? Atau mungkin lupa menaruhnya?

Yah, sebenarnya merupakan hal biasa jika seseorang mengalami hal ini, hilnag, lupa menaruhnya atau bahkan dicuri seseorang. Apalagi orang ceroboh seperti saya, pasti kejadian ini sering saya alami. Nah, untuk orang-orang yang mengalami nasib yang sama dengan saya, anda tidak perlu khawatir karena Google dan mesin pencarinya akan segera menemukannya.

Menarik kan!!
Rabu kemarin (15/04) Google secara resmi telah mengumumkan fitur terbaru mesin pencarinya, Find my phone. Merupakan fitur yang sangat berguna untuk mencari HP atau tabletmu yang hilang melalu komputer anda.

Jadi, gimana caranya?

  • Sebelumnya, anda harus login dahulu dengan akun Google anda melalui Google Apps. Pastikan anda mendownload versi terbarunya. Ketika anda login, otomatis Google akan mensinkronisasikan perangkat anda dengan sistem pada google.
  • Saat perangkat anda hilang, nyalakan PC anda dan login dengan akun yang sama dengan akun pada Google Apps yang ada di Android anda.
  • Buka tab baru dan kunjungi Google.com. Kemudian ketikkan Find my phone dan segera tekan enter.
  • Google akan berusaha menghubungi perangkat anda.
  • Jika peta Google telah menunjukkan lokasi yang sama dengan lokasi anda, segera tekan tombol RING pada peta. Google akan mengirimkan sinyal ringtone dengan volume kencang. Hal ini akan membantu anda mendapatkan letak pasti perangkat anda.
  • Untuk mematikan ringtone, tekan tombol power pada perangkat anda.



Sebenarnya bukan Google Find my phone saja yang bisa melakukannya. Salah satu aplikasi yaitu Android Device Manager juga mempunyai fungsi yang serupa. Bahkan jika perangkat anda dicuri, anda dapat mereset perangkat anda dengan jarak jauh, menghapus data-data yang didalamnya atau mungkin mereset kembali passwordnya jika perangkat anda telah ditemukan.

Baru-baru ini, Apple juga menawarkan fitur yang sama dengan Google Find my phone yaitu Find my iPhone.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.