Langsung ke konten utama

Tentang Ai Haibara | All About Haibara Ai

Ai Haibara (灰原 哀 Haibara Ai), nama aslinya adalah Shiho Miyano (宮野 志保 Miyano Shiho) merupakan salah satu wanita yang turut berkontribusi dalam pembuatan obat APTX 4869 yaitu obat yang mengecilkan tubuh Shinichi Kudo menjadi Conan Edogawa. Dia merupakan mantan anggota Organisasi Hitam yang mempunyai codename Sherry. Pada awalnya dia ingin bunuh diri karena mungkin nyawanya telah terancam. Namun, karena obat yang dia minum sama dengan obat yang di minum Conan maka tubuhnya juga mengecil. Saat ini, dia tinggal bersama Profeso Agasa dan menjalani hidupnya sebagai seorang gadis SD.
Ai Haibara
Ai Haibara Profile.jpg
Profil
Nama Jepang:灰原 哀
(Haibara Ai)
Nama Inggris:Vi Graythorn (Pada movie)
Anita Hailey (Manga dan game)
Umur:Beranjak 18
6 atau 7 (sebagai Ai Haibara)
Jenis Kelamin:Perempuan
Tanggal Lahir:Tidak diketahui
Hubungan Keluarga:- Akemi Miyano (Kakak Perempuan, Meninggal)
- Elena Miyano (Ibu, Meninggal)
- Atsushi Miyano (Ayah, Meninggal)
Keanggotaan:- Murid SD Teitan
- Anggota Detektif Cilik
Nama Panggilan:- Haibara (Conan)
- Ai-chan (Ayumi dan Ran)
- Ai-kun (Professor Agasa)
- Gadis dengan mata jahat (once Conan)
Princess (by Subaru Okiya)
Nama Lain:Shiho Miyano (Nama asli)
Sherry (Organisasi Hitam)
Statistik
Kemunculan Pertama:Manga: File 16 (Sebatas bayangan hitam) /File 176 (Kemunculan pertama)
Anime: Episode 129
Muncul Pada:Chapter: 323
Episode: 251
Movies: 18
OVA: 12
Specials: 1
Episodes: 1
Openings: 36
Closings: 4
Keyhole number:Volume 18
Aktor
Suara Jepang:Megumi Hayashibara
Suara Inggris:Brina Palencia
Aktor Drama:Kyoka Shibata (Ai Haibara)
Yu Kashii (Shiho Miyano)
Latar Belakang
Miyano Shiho
Miyano Shiho dan kakaknya, Akemi Miyano terjun ke dalam sebuah sindikat organisasi terlarang, yaitu Organisasi Hitam. Ibunya yang dari Inggris bernama Elena Miyano, dan Ayahnya yang berasal dari Jepang bernama Atsushi Miyano merupakan seorang ilmuan yang bekerja untuk Organisasi Hitam untuk sebuah proyek rahasia. Saat Haibara masih muda kedua orang tuanya sudah meninggal yang diduga kecelakaan.

Saat Akemi masih hidup normal, Haibara yang menuruni kecerdasan orang tuanya dikirim ke Amerika untuk bersekolah dan lulus dengan predikat memuaskan saat dia berusia 13 tahun. Saat itu pula dia kembali ke Jepang kemudian direkrut Organisasi Hitam untuk meneruskan penelitian orang tuanya. Dalam organisasi tersebut, dia sering dipanggil Sherry (minuman keras).

Saat berusia 18 tahun, Shiho membuat sebuah obat yang bernama APTX 4869. Obat tersebut mempunyai kemampuan dapat membunuh seseorang tanpa meniggalkan jejak pada tubuh korbannya. Ketika dalam penelitian, Shiho menyadari bahwa tikus percobaan dari APTX 4869 menjadi lebih kecil dan tidak mati. Walaupun begitu efek tersebut tidak dilaporkan pada organisas lantaran pada dasarnya obat tersebut telah dicoba pada suatu kasus pembunuhan oleh organisasi. Suatu ketika karena kecerobohan mereka, mereka harus menggunakan obat tersebut pada Shinichi. Namun saat mereka berusaha mencari tubuh Shinichi, ternyata tidak ditemukan.

Shiho bersama timnya datang ke rumah Shinichi untuk mengkonfirmasi kematiannya. Untuk pencarian pertama mereka memang tidak menemukan apa-apa. Namun pada pencarian kedua, Shiho menyadari bahwa baju SD yang sebelumnya ada, kini menghilang. Shiho curiga bahwa Shinichi pada saat itu tidak meninggal, melainkan mengecil seperti halnya tikus yang ada di laboratorium pada saat itu. Walaupun begitu, Shiho tetap melaporkan bahwa Shinichi telah meninggal agar pihak organisasi tidak lagi mencarinya lebih jauh serta membunuhnya.

Sebenarnya Shiho tidak setuju jika Organisasi Hitam menggunakan APTX4869 yang belum sempurna sebagai alat pembunuha karena pada dasarnya tujuan obat itu bukanlah demikian. Saat mendengar berita bahwa kakaknya terbunuh tapi pihak organisasi tidak memberitahukan kenapa, Haibara memutuskan untuk mogok bekerja. Lebih dari itu, Organisasi Hitam malah menguncinya pada sebuah gudang untuk kemudian dibunuh. Saat menunggu ajalnya, Shiho berusaha mertapi keadaannya karena disana memang tidak ada jalan keluar. Pada saat itulah, dia melakukan bunuh diri dengan menelan pil APTX4869 yang secara sembunyi-sembunyi dia ambil. Berharap meninggal, dia ternyata malah mengecil ke dalam tubuh anak berusia 7 tahun. Dengan tubuhnya tersebut dia berhasil kabur melewati saluran pembuangan.

Saat dia kabur, ditengah hujan yang deras dia menuju rumah Shinichi Kudo. Dia berharap nanti Shinichi bisa menolongnya, karena dia yakin Shinichi mempunyai nasib yang sama. Upayanya gagal tepat di depan rumah  Shinichi karena pingsan kelelahan sebelum dia sempat membunyikan bel. Beruntung profesor Agasa lewat dan segera membawanya ke dalam rumah untuk mendapatkan pertolongan. Dikemudian hari, profesor mengetahui bahwa orang tua Shiho merupakan kenalannya walaupun profesor tidak tahu jika orang tuanya adalah anggota Organisasi Hitam.

Ai Haibara
Untuk menghindari dia terdeteksi oleh Organisasi Hitam, Shiho dan profesor Agasa mencari nama baru untuk Shiho. Setelah beberapa keputusan, akhirnya ditemukan juga nama yang cocok untuk Shiho, yaitu Ai Haibara (Anita Hailey atau Vi Graythorn versi Inggrisnya). Sebagai Ai Haibara, dia kemudian masuk ke sekolah SD Teitan dengan Conan Edogawa. Pada waktu itu, Conan belum mengetahui kenyataan bahwa Haibara adalah Shiho sekaligus anggota Organisasi Hitam. Pada hari itu juga Haibara juga mendapatkan petualangan pertamanya bersama Detektif Cilik. Mereka sedang menyelidi sebuah kasus menghilangnya kakak dari teman sekolah mereka. Saat kasus berakhir, Conan harus mengantar Haibara pulang. Pada saat itulah Haibara mengungkap identitasnya dan mengakui bahwa dialah yang membuat APTX 4869, obat yang mengecilkan tubuh Conan. Awalnya, Conan menentang keras atas apa yang telah Haibara lakukan, yaitu membuat obat pembunuh. Namun atas beberapa penjelasan lambat laun, Conan jadi mengerti dan menerima Haibara sebagai teman dan orang yang mempunyai kesamaan nasib walaupun Haibara masih bersikap dingin dan terkadang menyimpan rahasianya sendiri. Saat ini Haibara bergabung dengan tim Detektif Cilik. Walaupun dia tidak begitu antusias, namun Haibara selalu menganggap mereka sebagai sahabat dekat.

Haibara mulai membuat penawar dari obat APTX4869, namun sejak data-data pentingnya telah dimusnahkan, pekerjaannya sedikit terhambat. Beberapa penawar memang sukses dan berhasil membuat tubuh Conan menjadi besar. Tapi penawar tersebut hanya mampu bertahan untuk beberapa lama saja. Beberapa episode menceritakan bagaimana mereka bisa menjadi dewasa tanpa bantuan obat.

Anggota Organisasi Hitam yang mengetahui Haibara adalah Shiho adalah Pisco dan Vermouth. Pisco ditembak mati oleh Gin sebelum dia mengatakannya pada bos Organisasi Hitam. Sedangkan Vermouth, Conan sering berhasil membujuknya untuk berhenti melacaknya dan membiarkan Haibara untuk hidup normal. Saat kedatangan anggota organisasi baru yang bernama Bourbon, Vermouth mengingkari janjinya. Bourbon yang yang memang ditugaskan untuk memburu Sherry telah mengetahui bahwa Shiho adalah Haibara karena dia melihat Video yang isinya Haibara dewasa tengah menyelamatkan kelompok Detektif Cilik dari kebakaran. Ketika Organisasi Hitam berupaya membunuh Haibara di dalam kereta api, Conan bersama dengan SubaruOkiya Yukiko KudoKaito Kid merencanakan sesuatu agar hal tersebut tidak terjadi. Akhir dari rencana tersebut adalah membuat gerbong paling belakang meledak agar Organisasi Hitam berpikir bahwa Haibara telah meninggal akibat berada dalam gerbong itu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.