Langsung ke konten utama

Mengambil Screenshot Video Menggunakan VLC



Beberapa waktu yang lalu, saya sempat kepikiran untuk menulis sinopsis dan review film-film yang lagi booming atau film yang pernah saya tonton di bioskop. Nah isi dari reviewnya meliputi judul, tanggal rilis, aktor dan trailer serta screenshot.
Untuk trailer mungkin gampang, saya tinggal embed videonya dari youtube. Nah ketika saya mau menyelipkan screenshot, saya jadi mikir ulang. Kira-kira gimana ya ngambilnya? Pake printscreen keliatannya ribet. Pada waktu itu, aplikasi VLC sedang terbuka. Iseng-iseng deh explore tuh aplikasi. Eh, nggak taunya ketemu juga :D. Ternyata menu pengambilan screenshot ada di Video -> Take Snapshot


Waktu saya coba, ternyata memang bisa. Dan outputnya otomatis tersimpan di folder /root. Ketika dibuka, malah nggak bisa (kan kampret :3 ).


Pas waktu diliat hexdump-nya, malah nullbyte. Emang pengen nyari gara-gara nih VLC, fitur ada tapi cuman bungkusnya doang.


Saya nggak nyerah nyampek situ. Saya berusaha mencari solusi dan main-main di bug track-nya VLC. Well, tetep nggak nemu juga. Akhirnya saya eksplorasi di menu Tools -> Preferences dan berhenti di menu Video


Akhirnya ketemu juga tuh pengaturan. Pada bagian Video snapshots saya lengkapi field-field yang masih kosong dan mengganti Format dari png ke jpg. Kemudian saya tekan tombol save dan keluar dari VLC. Saya buka kembali VLC nya dan mengambil snapshotnya dengan menu Video -> Take Snapshot seperti di atas dan VOILA! Screenshot jadi. Oh ya, anda bisa juga menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol SHIFT + S


Ketika saya teliti lagi di bug track  ternyata VLC secara default tidak mendukung codec untuk png.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.