Langsung ke konten utama

Memperbaiki Gagal Login Kali Linux Sana

Sana... Nggak bisa langsung pakek

Beberapa hari yang lalu, saya telah mengulas sedikit tentang Kali Linux Sana. Sana merupakan codename dari versi terbaru dari Kali Linux. Setelah melakukan upgrade kita harus melakukan beberapa adaptasi dengan user interface nya. Selain itu, kita akan dihadapkan dengan sedikit masalah, salah satunya yaitu tidak bisa login menggunakan GDM.


root username

password untuk root tidak berfungsi



Masalah tersebut muncul lantaran secara otomatis Sana telah mengaktifkan fitur non-root pada GDM. Pada dasarnya root memang tidak diperboleh untuk melakukan login menggunakan GDM lantaran dinilai mempunyai resiko terkait dengan keamanan sehingga root hanya bisa aktif via shell (console/tty).

Solusi

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus menonaktifkan non-root pada GDM dengan cara:
1. Nyalakan PC/laptop dan tunggu hingga tampilan login muncul
2. Tekan tombol Alt + Ctrl + F2 dan login menggunakan root dan password untuk root
3. Buka file /etc/pam.d/gdm-password dengan perintah nano /etc/pam.d/gdm-password
4. Tekan Ctrl + w kemudian ketikkan user != root quiet_success
5. Setelah ketemu, tambahkan comment keyword/tanda pagar (#) diawal baris dari kata tersebut.
6. Simpan file tersebut dengan cara tekan Ctrl + o kemudian Ctrl + w, lalu reboot komputer
7. Setelah menyala coba login lagi menggunakan user root dengan password anda.
Isi file /etc/pam.d/gdm-password
Pada baris ketiga, terdapat tulisan user != root quiet_success, tambahkan tanda pagar
Artikel ini telah di update. Untuk yang masih gagal, silahkan langkah diatas dicoba lagi.



Komentar

  1. error mas,,saya jugak ngalami maslah yang sama..ttp gak mau login dan kita disuruh logout

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lagi om. Coba pelan-pelan.
      Bisa jadi ada yang kelewatan langkah-langkahnya.

      Hapus
    2. mas kok saya pake ga bisa ketik passwordnya ya? (password root)

      Hapus
    3. tampilannya gimana om? nggak mau masuk gdm, gitu?

      Hapus
  2. itu gimana cara masuk via shell (console/tty).

    BalasHapus
  3. Setiap kali diketikkan selalu diminta password

    BalasHapus
  4. Cara reboot gimana ya?
    Kallau dlm recovery mode?

    BalasHapus
  5. Nurmusyidati Fajri helmy
    Udah bisa masuk ke GDM ato masih mode CLI?

    BalasHapus
  6. saya sdh coba langkah2 di atas, tp begitu login di CLI tetap yg nongol "log in incorrect " :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana om? apa pas login di CLI gagal, gtu?

      Hapus
    2. kalo login di CLI nya incorrect, berarti bukan dari GDM nya om.
      Coba cek lagi password untuk root

      Hapus
    3. Iya om saya memiliki masalah yang sama di login cli username ok tetapi paswordnya ga bisa di ketik

      Hapus
  7. Gan pas masuk tty
    Ane masukin user sma pass "root"
    Tpi kok tetep aja gk bsa
    Solusinya gmna gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa om. Karena yang nggak boleh masuk root cuman GDM aja.
      Coba cek password atau reset aja passwordnya menggunakan chroot

      Hapus
  8. ga bisa ngetik passwordnya gimana gan ???

    BalasHapus
  9. Ga ketemu bro user != quiet_success
    Gmn solusinya

    BalasHapus
  10. Ga ketemu bro user != quiet_success
    Gmn solusinya

    BalasHapus
  11. it works!! tapi gua cari di ctrl+w "user != root quiet_success" nggak ketemu, akhirnya gua tulis manual. but still works! thanks udah berbagi!!

    BalasHapus
  12. Gan..ane masukin password kok gak bisa ya? Gak ada keluar tulisan apa" di tty.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gitu, itu sama aja kaya tanda bintang ***** sensor yg anda ketik saat login google, klo di situ ngga tampil tapi udah masuk, tinggal keyakinan anda salah ketik nggak, klo salah tinggal ulang beres,

      Hapus
  13. saya baru instal pake username namanya samsz dan saya buat passwordnya "root", setelah masuk kalo liat dari config user saya admin,ketika saya mau update source list ngak bisa di buka harus pakai root, mengikuti langkah ini tapi begitu buka gdm-passwd ketika buka saya tidak menemukan user!= root required success kemudian saya coba ketik manual keseluruhannya satu baris dan ketika ingin di save, error nya permission denied, yg saya binggungkan kemana lagi saya minta permisi untuk edit dan save gdm-passwd ini... binggung saya yg masih newbie ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara default, hampir seluruh file yang ada di /etc mempunyai permission "root". Dengan kata lain, masnya harus jadi root dulu.

      Anda tidak perlu menambahkan secara manual baris user!=root karena di file gdm-password pasti ada. Yang perlu dilakukan adalah menambahkan tanda pagar di awal baris.

      Untuk lebih detailnya, silahkan baca ulang artikelnya.
      Trims

      Hapus
  14. Pas di mencet alt+ctrl+f2 ga muncul apa2. Gmna?

    BalasHapus
  15. Mas kan saya udah masuk tty.
    Udah saya isi localhost login+pass nya
    Tapi kok tetep gamau ya
    Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akang yakin kaga lupa password? Ini Kali Linux Sana kan?
      Coba akang pake username root password toor

      Hapus
  16. saya malah gada tulisan apapun pas user != root quiet_success lalu enter ? itu kira2 kita nulis apa lagi di jendela yang kosong jendela file: user

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.