Langsung ke konten utama

Menginstal Java Development Kit (JDK) .tar.gz pada Linux Debian

Menginstal Java Development Kit (JDK) .tar.gz pada Linux Debian


Java Development Kit (JDK) merupakan sekumpulan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis Java. Pada dasarnya instalasi JDK pada Linux Debian (Kali Linux 1.1.0 Moto) sangat mudah, karena instalasinya dapat dilakukan dengan paket dari debian. Namun untuk JDK saat ini (versi 1.8_6x) hanya dapat dilakukan instalasi secara binari.

Paket binari yang disediakan oleh oracle berbentuk archive dengan format .tar.gz. Oleh karena itu, ada cara khusus dalam melakukan instalasi JDK pada Linux.

Langkah 1
Download dahulu paket binarinya pada website resminya. Untuk mengetahui paket terbaru JDK, silahkan kunjungi link DISINI (Jangan lupa Accept License Agreement)



Langkah 2
Buat direktori pada /opt/jdk
mkdir /opt/jdk 
Direktori ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan file-file binari JDK


Langkah 3
Ekstrak file .tar.gz nya pada direktori /opt/jdk 
tar -zxf -C /opt/jdk
Pastikan tidak terjadi error (ditandai dengan standard output error pada shell) saat ekstraksi. Lihat hasilnya dengan:
ls /opt/jdk



Langkah 4
Install Java pada update-alternatives agar compiler dan intepreter mengarah pada folder yang tepat. Masukkan perintah:
update-alternatives --install /usr/bin/java java /opt/jdk/jdk1.8.0_65/bin/java 100
update-alternatives --install /usr/bin/javac javac /opt/jdk/jdk1.8.0_65/bin/javac 100
Langkah 5
Aktifkan Java yang baru saja diinstall dengan perintah
update-alternatives --config java
update-alternatives --config javac
Pada masing-masing perintah di atas, anda akan disuruh untuk memasukkan nomor. Masukkan saja nomor yang merujuk pada JDK yang baru aja baru saja anda install.


Setelah tahap ini, anda sudah bisa menggunakan Java dengan versi yang baru saja anda install. Untuk memasitkan versinya, masukkan saja perintah:
java -version
javac -version
Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.