Langsung ke konten utama

Research System and Analysis Corporation (RSAC)


Apa itu RSAC
Research System and Analysis Corporation (RSAC) adalah sebuah komunitas tidak resmi yang ada di Universitas Muhammadiyah Jember. RSCA sendiri berdiri karena mempunyai latar belakang yang buruk sekaligus kocak. Aktifitas rutin RSAC adalah melakukan diskusi bersama pada setiap kamis malam. Topik yang didiskusikan tidak jauh dari keamanan komputer, inovasi baru, dan membahas lomba-lomba sebelumnya.

Komunitas ini bersifat terbuka, artinya setiap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember bisa bergabung di komunitas ini. Tidak terbatas pada jurusan ataupun fakultas. Namun, harapan kedepannya RSAC dapat mengundang komunitas dari luar untuk belajar bersama dalam satu tempat.

Sejarah
Sejarah berdirinya cukup buruk sekaligus kocak. Setelah pagelaran seminar akbar dan workshop SWITCH (Seminar & Workshop Information Technology) yang dihadiri oleh praktisi IT terkemuka, Universitas Muhammadiyah Jember diundang untuk mengikuti ajang perlombaan Indonesian Cyber Army (ICA) 2013 di Samarinda. Dari universitas diharapkan untuk mempersiapkan peserta untuk kemudian diberangkatkan ke Samarinda.

Para dosen muda di Universitas Muhammadiyah Jember telah mempersiapkan para calon peserta untuk mengikuti ICA yang dilaksanakan di Samarinda. Di mulai dari seleksi peserta yang pada waktu itu "diloloskan" semuanya, pembentukan tim masing-masing terdiri dari 3 orang, hingga challenge akhir yang jika lolos akan diberangkatkan di Samarinda. Challenge yang diberikan yaitu, penetration testing terhadap sebuah website (untuk kategori CTF Hacking) dan analisa beberapa file seprti .rar dan .pdf (untuk kategori CTF Forensic). Trainning dilakukan selama kurang lebih 3 minggu. Walaupun begitu, banyak sekali mahasiswa yang menyerah sebelum menyelesaikan tantangannya.

Detik-detik akhir tim diberangkatkan, tiba-tiba muncul kabar bahwasanya pemberangkatan dibatalkan karena tersendat oleh dana. Sontak semua tim langsung tidak berkutik. Mau gimana lagi, memang penentuan keberangkatan sangat bergantung pada dana yang anggarkan oleh kampus. Beberapa tim memutuskan untuk, "Ya udahlah kalo nggak berangkat, mau gimana lagi", beberapa lagi "Kita harus tetap semangat, semoga tahun depan bisa berangkat". Untuk tim yang masih semangat, ada kisah lumayan lucu yang terjadi diantara mereka.

Suatu malam, tim tersebut datang ke kampus untuk belajar bersama. Sebelumnya, memang sudah ada kesepakatan bahwa malam itu orang-orang tersebut harus datang. Saya benar-benar ingat, hari itu adalah hari selasa, dimana satu tim yang terdiri dari mas Hengky (graduated), mas Defri (lagi ngajuin proposal), mas Rizky (graduated), mas Gaga (graduated) dan mas Fahmi (pengerjaan skripsi) datang untuk belajar bersama. Mereka semua adalah para kakak angkatan saya, yang masih bersemangat untuk belajar setelah merasa dikecewakan oleh pihak kampus. Didampingi oleh bapak Triawan, kami semua diberikan fasilitas kampus sebagai sarana belajar.

Iseng-iseng Bapak Triawan menyarankan kami untuk membuat sebuah komunitas yang digunakan sebagai wadah untuk menampung semua aspirasi dan inspirasi berkaitan dengan riset teknologi informasi. Komunitas tersebut nantinya tidak hanya kami sebagai anggotanya, melainkan semua mahasiswa juga dapat ikut untuk berkontribusi didalamnya. Tidak terbatas pada jurusan atau fakultas, selama mahasiswa tersebut menempuh kuliah di Universitas Muhammadiyah Jember, mereka dapat ikut dalam diskusi tersebut. Harapannya untuk kedepannya nanti, kami dapat mengundang komunitas dari luar untuk bergabung dalam acara diskusi bersama.

Setelah diputuskan untuk membuat komunitas, akhirnya kami sepakat untuk membentuk struktur organisasi. Walaupun sifatnya komunitas, struktur organisasi juga penting. Tak lama, struktur organisasi pun jadi. Selanjutnya adalah nama. Nama ini yang agak sulit untuk diputuskan. Karena, masing-masing dari kami mempunyai usulan tersendiri. Ada yang bilang, "Nama Universitas harus ada", "Inisial nama founder harus ada", "Nama harus mempunyai makna visi dan misinya","Nama harus ada 'Teknologi' nya " dan lain-lain. Setelah ada sedikit perdebatan akhirnya diputuskan juga nama RSAC.

Latar Belakang RSAC
Jika dibilang latar belakang, mungkin agak lucu ya. Karena terbentuknya RSAC ini berkat gagalnya kami berangkat ke ajang perlombaan ICA 2013 di Samarinda. Jikapun nanti kami berangkat, mungkin hanya sebatas beberapa hari saja kita berkumpul, selebihnya nggak akan ada lagi acara ngumpul bareng setiap malamnya.

Introduction
Untuk perkenalan, saya sediakan slide presentasi RSAC untuk pertama kali (Klik disini) - eh ternyata filenya nggk ketemu, hehe

Gallery


Greet and meet RSAC

Say "Hi" untuk mereka
Cyber Defense Competition 2015
Saya ^^

Mas Hengky

Dely
Cyber Jawara 2014

Wifi corner alun-alun kota Jember

Battle till the end (lomba hingga siang-malam hari)
Jangan diganggu yaa

Harapan saya adalah, semoga komunitas ini tetap berlanjut dan saya mampu untuk meneruskan hingga generasi selanjutnya.

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.