Langsung ke konten utama

Perbedaan Service dengan Application (Service VS Application)



Perbedaan Service dengan Application

Mungkin beberapa dari kalian baru saja mendengar istilah service (daemon untuk Unix atau Linux dan Agent untuk MacOS). Mungkin bagi kalian service itu aplikasi. Ada benarnya sih, cuman ada definisi yang lebih khusus mengenai service.

Nah, service merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melayani satu atau beberapa fungsi khusus. Service ini berjalan secara background atau tak tampak sehingga kita tidak dapat berinteraksi “secara langsung” dengannya. Kita tidak dapat memberikan instruksi pada service untuk menjalankan fungsi tertentu. Jadi dia berjalan berdasarkan prosedurnya sendiri. Salah satu cara agar kita bisa berkomunikasi dengan service adalah dengan mengoprek beberapa konfigurasi miliknya atau dapat juga menggunakan aplikasi yang menggunakan layanannya.

Service sering kali dikaitkan dengan multitasking dan proses dari service biasanya dipicu (initialization/init) oleh proses induk (parent process). Sebagai contoh, ketika anda menjalankan aplikasi Gammu, service untuk menerima sms akan dijalankan. Jadi ada sebuah fungsi khusus yang diperuntukkan untuk tujuan khusus pula, namun kita tidak bisa mengendalikan secara langsung fungsi tersebut.

Service VS Application

Beberapa perbedaan mendasar antara service dengan application:
Kapabilitas
Service
Application
Penangan fungsi
Menangani satu atau beberapa fungsi secara khusus.
Menangani banyak fungsi yang lebih umum sehingga user dapat menggunakannya secara bebas
Penggunaan
Digunakan oleh aplikasi yang membutuhkan fasilitasnya
Digunakan secara langsung oleh user.
Cakupan Permasalahan
Menangani masalah dengan cakupan lebih sempit
Menargetkan masalah secara global sesuai berdasarkan fungsi utama aplikasi tersebut.

Nah, itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat :D

Source:
http://tutorials.jenkov.com/soa/services-applications.html
http://wiki.freepascal.org/Daemons_and_Services
https://en.wikipedia.org/wiki/Daemon_(computing)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.