Langsung ke konten utama

Terkuak Rahasia Besar Panama - Kebocoran Terbesar Sepanjang Masa


Seperti yang kita tau, bahwa Panama adalah negara yang terletak di benua Amerika, tepatnya di Amerika Tengah. Panama mempunyai batasan langsung dengan negara Costa Rica di sebelah barat, Colombia di bagian timur laut, Carribean di sebelah utara dan Samudra Pasifik di bagian selatannya. Negara ini mempunya sebuah badan hukum sekaligus layanan penyedia jasa yang bernama Mossack Fonseca. Perusahaan tersebut telah menyebar hampir di seluruh dunia dan mempunyai lebih dari 40 kantor resmi di beberapa negara.

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa sebuah badan hukum tersebut mengalami kebocoran data. Tak tanggung-tanggung, data yang bocor dan dipulikasikan di internet mencapai 2.6 TB (terabyete),    meliputi 11.5 juta  file. Publikasi tersebut terjadi hari minggu kemarin (3/4). Di dalamnya terdapat berbagai isu seperti, sindikat tambang minyak lepas pantai yang digunakan oleh para kalangan milyader di seluruh dunia untuk keperluan menghindari pajak, menimbun uang, serta berkelit dari sanksi ekonomi. Kebocoran ini dipublikasikan pada sebuah web bernama: The Panama Paper

Bahkan kebocoran ini diklaim sebagai kebocoran data terbesar sepanjang sejarah setelah milik NSA yang dilakukan oleh Edward Snowden pada tahu 2013 silam.

Berdasarkan koran dari Jerman, Suddeutsche Zeitung yang bersumber dari anonim, data yang bocor selanjutnya diteruskan ke International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) atau Himpunan jurnalistik Investigatisi Internasional – Dimana terdapat 370 wartawan dari 100 media telah mengejar berita ini selama 1 tahun.

Berdasarkan ICIJ, dokumen yang bocor adalah dokumen dengan rentang tahun antara 1977 sampai 2015, memuat beberapa isu mengenai pertambangan minyak lepas pantai dan dan terhubung ke 140 politikus, diantaranya adalah Presiden Argentina, Raja Saudi Arabia dan Perdana Menteri Iceland. Berikut adalah gambar daftar para politikus yang terlibat:


Panama Paper menyatakan 12 petinggi yang masih menjabat dan sudah pensiun juga terlibat, diantaranya raja-raja, presiden dan perdana menteri. Beberapa dokumen yang bernilai 2 juta dollar mengarah pada Presiden Rusia, Vladimir Putin. Mengejutkan bukan?

Walaupun sebenarnya Putin sendiri tidak secara langsung disebutkan pada salah satu dokumennya, tapi beberapa anggota keluarganya serta teman-teman dekatnya terlibat dalam isu yang dibahas pada Panama Paper.

Kebocoran tersebut menyebutkan Sergey Roldugin, salah satu teman lama Putin mempunyai perusahaan lepas pantai senilai 100 juta dollar: International Media Overseas, Sonnette Overseas and Raytar Limited

Panama Paper juga memuat paling tidak 33 orang dan perusahaan-perusahaan yang ditutup oleh pemerintah US, termasuk bandar narkoba Mexico dan sejumlah komplotan teroris.

Sumber:
http://thehackernews.com/2016/04/panama-paper-corruption.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Panama
https://en.wikipedia.org/wiki/Mossack_Fonseca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.