Langsung ke konten utama

Membuat ASCII Art pada Terminal Linux


Apa itu ASCII Art?
Udah tau belum, apa itu ASCII Art? Nah berdasarkan Wikipedia, merupakan sebuah desain grafik yang terdiri dari sekumpulan karakter ASCII hingga dia membentuk sebuah gambar. Biasanya gambar ini sering digunakan untuk membentuk logo atau tulisan dan tidak jarang ditemukan pada pada aplikasi crack untuk membentuk credit dari developer nya. Berikut adalah contoh dari ASCII Art :

Contoh ASCII Art bertuliskan "Blackhiden"
Bagaimana Cara Membuat ASCII Art?
Dulu saya sempat berfikir bahwa yang buat ASCII Art adalah orang yang bener-bener kurang kerjaan banget. Karena dia harus membuat sebuah gambar yang terdiri dari beberapa karakter dengan menyusunnya satu-persatu. Nah, setelah beberapa kali browsing akhirnya nemu juga cara untuk membuatnya. Ternyata memang ada aplikasinya. Bahkan kita bisa mencari aplikasinya yang berbasis online. Nah, salah satu aplikasi online yang menyediakan konverter untuk merubah teks biasa menjadi ASCII Art adalah Klik Disini. Nah, kalo misalkan males untuk nyoba satu-persatu, klik aja tombol Test All. Nanti tulisan yang anda inputkan akan dibentuk ke dalam ASCII Art menggunakan semua font.

Cara Memasukkan ASCII Art ke dalam Terminal
Langkah 1
Silahkan kunjungi link berikut INI. Masukkan tulisan yang anda inginkan. Kemudian, tekan tombol Select Text dan copy-paste ASCII Art yang dipilih ke dalam file lalu beri nama file tersebut ~/.asciiart (inget, nama harus ada titiknya, biar otomatis disembunyikan oleh Linux. Tanda ~ artinya dia disimpan di folder home). Anda bisa menggunakan editor apa saja, misalkan saja leafpad.

Langkah 2
Baca file tersebut dengan perintah cat ~/.asciiart dan pastikan ukuran terminalnya cukup untuk menampung lebar (width) dari tulisannya.
Percobaan ASCII Art pada terminal
Jika ukuran terminal kurang lebar, tarik border terminal untuk memperlebar ukuran terminal kemudian baca file ~/.asciiart. Ulang langkah ini, sampai tulisan ASCII Art nya benar-benar cukup. Agar bersifat permanen, anda harus mengatur lebarnya pada menu Edit -> Profile Preferences -> General. Centang Use custome default terminal size. Isikan pada bagian columns nilai lebarnya. Anda bisa mengetahui lebarnya saat menarik border sebelumnya.
Pengaturan Profile Terminal
Langkah 3
Buka file .bashrc dan tambahkan perintah cat ~/.asciiart diakhir baris kemudian simpan dan tutup. Buka terminal baru dan lihat hasilnya.
Hasil jadinya :D
Sekian artikel ini, semoga bisa membantu :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.