Langsung ke konten utama

Google Merilis 2-step Verification Google Prompt


Semenjak pembobolan MySpace, Twitter, Linkedln dan VK.com menjadi trending topic, Google berupaya untuk membuat penggunanya mengaktifkan 2-step verification (2SV). 2SV ini dipercaya dapat membantu pengguna akun Google terhindar dari ancaman pembobolan. Namun, karena 2SV ini dianggap merepotkan sekali, maka pengguna tidak mau mengaktifkannya. Maklum saja ketika 2SV diaktifkan, untuk masuk ke dalam akun Google pengguna harus memasukkan 6 digit angka yang dikirimkan melalui SMS atau dengan Google Authenticator App.

Saat ini Google telah merilis metode 2SV yang lebih sederhana, yaitu Google Prompt. Dengan metode ini, pengguna tidak perlu lagi memasukkan kode. Cukup dengan menekan tombol Yes saat mendapatkan notifikasi dari Google.

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?
Sebelum menggunakan Google Prompt, 2SV harus diaktifkan terlebih dahulu dengan cara sebagai beriktu:
- Kunjungin link berikut ini: myaccount.google.com
- Pilih Signing in to Google using 2-Step Verification.
- Pilih Get started kemudian masukkan password sekali lagi
- Masukkan nomor HP yang ingin digunakan sebagai media autentikasi dan pilih SMS or phone call for verification kemudian klik Try it.
- Tidak lama akan ada SMS masuk pada HP yang nomornya digunakan sebagai media autentikasi sebelumnya
- Masukkan 6 kode dari SMS sebelumnya
- Untuk mengaktifkan 2SV, klik Turn On
(sesuaikan langkah-langkah diatas dengan bahasa yang digunakan oleh akun google)

Selanjutnya adalah mengaktifkan Google Prompt dengan cara:
- Kunjungi link berikut ini: DISINI
- Masukkan password untuk akun Google
- Scroll ke bawah sampai pada bagian Set up alternative second step


- Klik pada Google Prompt kemudian klik Get started


- Pilih HP yang akan digunakan untuk Google Prompt (Disarankan untuk mengaktifkan lock screen pada HP)


- Pada saat itu juga, google akan mengirim verifikasi pada HP yang sebelumnya dipilih.


- Klik Yes untuk konfirmasi
- Otomatis Google Prompt akan ditambahkan sebagai 2SV



(Sumber: http://thehackernews.com/2016/06/google-prompt-2-step-verification.html)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.