Langsung ke konten utama

Olimpiade Jaringan SMK-TKJ Tingkat Nasional


Surabaya - Pada tanggal 22 September 2016, telah terselengara ajang kompetisi olimpiade jaringan SMK-TKJ tingkat nasional di Universitas Narotama Surabaya. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Olimpiade ini merupakan olimpiade jaringan tingkat nasional yang pertama kali diadakan dengan bertemakan MikroTik dan dikhususkan untuk SMK yang mempunyai jurusan TKJ atau yang telah bergabung dalam MikroTik Academy.

Gagasan ini datang dari sebuah distributor resmi sekaligus konsultan jaringan MikroTik, Citraweb Nusa Infomedia (Citraweb). Bapak Valens Riyadi, selaku direktur utama Citraweb mengungkapkan bahwanya selama ini kebanyakan lomba/olimpiade yang diadakan adalah lomba yang berkaitan dengan eksakta dan sastra saja. Sedangkan lomba-lomba untuk IT sangat sedikit sekali (security dan programming). Berangkat dari situ, Citraweb bekerja sama dengan APJII menyelenggarakan lomba tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik, lancar dan meriah.

Diadakan di 5 Kota untuk Beberapa Wilayah
Agar lomba ini dapat diikuti oleh seluruh sekolah di Indonesia, seleksi awal akan diadakan di 5 kota diantaranya:


Teknis Pertandingan
Setiap sekolah yang terdaftar wajib mengeluarkan maksimal 1 tim yang terdiri dari 2 siswa aktif dan masing-masing wilayah akan menyeleksi maksimal 50 tim. Dari 50 tim tersebut, akan diambil 9 tim terbaik pada seleksi tahap 1 yang kemudian akan ditandingkan ulang pada tahap 2. Hasil akhir dari pertandingan tahap 2 adalah 3 tim pemenang yang nantinya akan maju ke babak final.

Babak final akan diselenggarakan di Jakarta tepatnya di Holiday Inn Kemayoran Jakarta pada tanggal 12 Oktober 2016, bersamaan dengan Meet 'n greet dan pendaftaran untuk MikroTik User Meeting (MUM). MUM sendiri dilaksanakan selama 13-14 Oktober 2016.

For More Information
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi link berikut ini:
Olimpiade Jaringan MikroTik

Gallery
(not available)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.