Langsung ke konten utama

Ayo belajar MikroTik tanpa Modal (Virtualbox)



Bagi seseorang yang ingin belajar dan mendalami jaringan terutama dengan platform MikroTik, sangat penting sekali mempraktekkan konsep yang dipahami secara langsung. Sehingga implementasi keilmuannya bisa tepat sasaran dan sesuai di lapangan. Singkat cerita, pemahaman yang didapatkan tidak diangan-angan saja.

Sayang sekali, ketika kita mempelajari sesuatu yang berbau teknis, mau tidak mau kita harus mempunyai alat dan perangkat. Harga RouterBoard yang paling murah bekisar antara Rp. 300.000 - 750.000. Sejujurnya bagi saya sendiri, kocek yang harus saya rogoh cukup dalam.

Kita tidak perlu khawatir, karena MikroTik sendiri juga membuat image dengan arsitektur x86. Artinya, kita bisa menjalankannya dengan menggunakan komputer (PC).

Sejatinya, MikroTik bukanlah nama sebuah router yang notabene banyak orang katakan. MikroTik adalah sebuah sistem operasi yang terinstall pada sebuah perangkat embedded yang dinamakan RouterBoard (nama perangkat).

So, apa kita perlu menginstall MikroTik pada komputer? Tidak! Tidak perlu. Kita cukup menggunakan VirtualBox untuk memvirtualisasikan dari pada memformat ulang hard disk/partisi. Pada akhirnya, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Bagaiamana cara melakukannya?

Langkah 1 - Install VirtualBox
Tidak ada konfigurasi tambahan pada aplikasi VirtualBox-nya. Jadi cukup install saja.

Langkah 2 - Siapkan Image client
Saya menggunakan MikroTik 5.26 dan Windows 7 sebagai client (nggak harus versi itu kok). Untuk image MikroTik 5.26 sudah dalam bentuk .ova jadi tidak perlu buat virtual machine (vm) baru. Bisa di-download DISINI

Langkah 3 - Buat Virtual Machine dan Konfigurasi Interface
File .ova hasil download sebelumnya di-export terlebih dahulu. Cukup klik 2 kali.
Setelah export selesai, masuk konfigurasi VM MikroTik. Masuk ke bagian Jaringan (Network). Adapter 1 menggunakan NAT kemudian aktifkan adapter 2 dengan cara mencentang enable network adapter. Gunakan Internal network untuk adapter 2.

adapter 1

adapter 2
Adapter 1 untuk VM client menggunakan Internal Network.

Langkah 4 - Jalankan VM
Jalankan kedua vm secara bersamaan.

Langkah 5 - Konfigurasi
Silahkan konfigurasi MikroTik anda menggunakan Winbox.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.