Langsung ke konten utama

Instalasi Apache dari Source (Debian Version)

Apache merupakan sebuah webserver yang banyak sekali digunakan. Kurang lebih 65% web server yang berjalan di seluruh dunia menggunakan Apache. Hal yang membuatnya menduduki peringkat teratas penggunaan adalah dia (Apache) memiliki sejarah yang panjang karena memang sudah dikembangkan sejak tahun 1995. Pesaingnya saat ini adalah Nginx (red: engine X) yang memiliki market share sebesar 20%.

Pemasangan aplikasi Apache webserver dapat menggunakan binary package melalui package manager atau compile secara manual. Compile secara manual memang dikenal lebih rumit dari pada melalui package manager. Namun ada beberapa keuntungan ketika sebuah aplikasi dipasang dan di-compile secara manual, diantaranya:

  1. Aplikasi yang dipasang adalah aplikasi dengan versi terbaru. Berbeda dengan aplikasi berbasis package yang akan membutuhkan sedikit banyak waktu untuk perilisan update.
  2. Dapat memilih fitur-fitur yang akan diterapkan pada aplikasi tersebut

Dengan kata lain, apabila Apache webserver ingin dalam kondisi paling update, maka harus dilakukan pemasangan dengan compile secara manual. Berikut adalah langkah-langkah compile Apache webserver secara manual:
  1. Sofware Requirement
    - Apache via Github atau Official
    - APR (Apache Portable Runtime)
    - APR-Utils
    - PCRE (Perl Compatible Regular Expressions) - site 1 | site 2
  2. Ekstrak APR
    Buat sebuah direktori (misalkan /tmp/apache2) dan pindahkan file yang telah di download ke dalamnya. Kemudian ekstrak file utama Apache pada /tmp/apache2. Untuk file APR, ekstrak ke dalam direktori /tmp/apache2/apr dan APR-Utils ke dalam direktori /tmp/apache2/apr-util. 
  3. Ekstrak PCRE
    Buat sebuah direktori (misalkan /tmp/PCRE) dan pindahkan file PCRE ke dalamnya. PCRE merupakan depedensi dari Apache, maka PCRE harus di-compile terlebih dahulu. Masuk ke direktori /tmp/PCRE kemudian berikan perintah berikut:
    ./configure --prefix=/usr/local/pcre
    make j -5
    make j -5 test
    make j -5 install
  4. Let's COMPILE!!!
    Masuk ke direktori Apache yang ada di dalam /tmp/apache2. Berikan perintah berikut:
    ./configure --with-included-apr --with-pcre=/usr/local/pcre --enable-layout=Debian --with-mpm=prefork --prefix=/usr/local/apache2 --with-program-name=apache2 --enable-so --enable-mods-shared=all

Artikel ini masih dalam penulisan lebih lanjut. Dari pada tidak dirilis, mungkin lebih baik jika dirilis sambil dikembangkan lebih lanjut.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.