Langsung ke konten utama

Integrasi FreeRADIUS dengan RouterOS sebagai Manajemen User HotSpot

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bagaimana cara pemasangan aplikasi FreeRADIUS sebagai RADIUS server dan daloRADIUS sebagai UI. Tulisan tersebut dapat diakses di Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS. Saya yakin dapat membantu.

Beberapa RouterBoard terutama dengan seri low-end (misal hAP) tidak dibekali penyimpanan yang cukup untuk package RADIUS server. Namun bukan berarti kita tidak bisa menggunakannya. RouterBoard dengan spesifikasi tersebut, masih bisa digunakan sebagai RADIUS client untuk memenuhi kebutuhan kita.

Dalam kasus ini, kita akan mencoba mengintegrasikan FreeRADIUS sebagai RADIUS server yang nantinya dijadikan sebagai manajemen pengguna HotSpot pada RouterOS

PREREQUISITE. Karena tulisan ini mengacu pada tutorial sebelumnya, hal yang dibutuhkan antara lain:
1. Server dengan FreeRADIUS dan daloRADIUS
2. Perangkat dengan RouterOS yang sudah terkonfigurasi HotSpot

TOPOLOGI. Berikut adalah topologi yang digunakan:




KONSEP. Pada dasarnya perangkat RouterOS digunakan sebagai NAS (Network Access Server). Yaitu sebuah alat yang menjadi jembatan terhadap RADIUS server. Sehingga user yang akan menggunakan sebuah layanan, tidak melakukan autentikasi secara langsung.

KONFIGURASI. Konfigurasi pengintegrasian dilakukan pada 2 perangkat. Yaitu perangkat RouterOS sebagai NAS dan perangkat FreeRADIUS sebagai RADIUS server.

LANGKAH I. Buka web page daloRADIUS dan silahkan login. Buat user dengan cara masuk ke menu  Management -> Users -> New User. Isikan username dan password dan tekan Apply.



LANGKAH II. Kemudian arahkan pada menu Management -> Nas -> New NAS. Isikan nilai yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia. Tekan Apply untuk menyimpan


Keterangan:
- NAS IP/Host = alamat IP dari RouterOS (NAS) yang terhubung dengan RADIUS Server
- NAS Secret = adalah sandi yang digunakan untuk autentikasi antara NAS dan RADIUS Server
- NAS Type = jenis/platform NAS
- NAS Shortname = nama dari NAS tersebut (bebas, karena digunakan untuk menamai saja)

LANGKAH III. Buka RouterOS dengan menggunakan Winbox. Pilih menu Radius kemudian tekan tombol add (tombol +). Isikan paramter dengan nilai yang sesuai


Keterangan:
- Service : Layanan yang menggunakan RADIUS
- Address : Alamat dari RADIUS server
- Secret : Kata sandi yang sebelumnya dibuat pada RADIUS server
- Timeout : waktu respon RADIUS server (buat sedikit lebih lama untuk menghindari error RADIUS server not responding
- Src.Address : alamat dari RouterOS yang terhubung langsung dengan RADIUS server

LANGKAH IV. Masuk pada menu IP -> Hotspot. Masuk tab Server Profiles kemudian pilih HotSpot profile yang sedang digunakan.


LANGKAH V. Masuk ke tab RADIUS dan isikan paramter dengan nilai yang sesuai.


Keterangan:
- Use RADIUS : mengaktifkan RADIUS. Apabila user tidak ditemukan pada RouterOS maka router akan mengirim request pada RADIUS server.
- Accounting : mengaktifkan fitur accounting
- NAS Port Type : sesuaikan dengan tipe dari interface yang digunakan NAS untuk terhubung ke RADIUS server

LANGKAH VI. Silahkan mencoba konfigurasi yang telah dilakukan. Hubungkan perangkat dengan HotSpot dan gunakan username serta password yang sebelumnya dibuat. Apabila berhasil, pada RouterOS masuk ke menu IP -> Hotspot kemudian tab Active. Apabila terdapat username aktif dengan status R (berarti RADIUS) maka konfigurasi berhasil



Itu saja dari saya. Selamat mencoba
Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.