Langsung ke konten utama

Watch | Monitoring Output Secara Dinamis



Pada dasarnya kebanyakan dari aplikasi Linux yang berbasis command line (terminal) akan menghasilkan output pada saat itu juga. Sehingga apabila terjadi pergantian kondisi, maka anda harus memberikan perintah itu lagi untuk mengetahui hasil perubahannya. Misalkan: Anda menjalankan perintah ls -l pada folder A. Di dalamnya terdapat 3 file yaitu x,y,z. Kemudian, anda mengmbuat folder baru yaitu s,t,u. Untuk mengetahui perubahan yang terjadi, anda harus menjalankan perintah ls -l. Ini adalah contoh yang sederhana, karena memang biasanya dalam sekali waktu orang jarang sekali membuat banyak folder baru kemudian memeriksanya. Bagaimana jika kita ingin memantau sesuatu yang berkaitan dengan counter yang update secara real-time? IPtables misalkan?




Ok biar pengguna awam Linux bisa dengan mudah memahaminya, mari kita lanjutkan gunakan studi kasus membuat folder.

Ya, merepotkan bukan jika harus melakukan hal seperti itu? Setiap anda membuat folder baru, anda harus melihat hasilnya dengan memasukkan perintah ls -l. Nah, ternyata ada aplikasi yang cara kerjanya adalah mengirimkan perintah yang sama secara berulang, sehingga anda bisa melihat output secara real-time yang dihasilkan dari perintah tertentu. Aplikasi tersebut bernama Watch.

Cara kerja aplikasi tersebut adalah mengirimkan secara berkala command yang anda berikan kemudian dia akan mengeluarkan output-nya. Sehingga output yang keluar akan mempunyai kesan real-time. Selisih waktu yang diberikan dapat diatur dengan memberikan argumen tambahan pada aplikasi watch.

Berikut adalah contoh penggunaan:

# watch -n1 -t ls -l

ls -l adalah perintah yang ingin dijalankan secara real-time. Argumen -n digunakan untuk menyatakan waktu delay dari perulangan eksekusi. Sedangkan argumen -t berfungsi untuk menghilangkan title detail dari aplikasi yang berjalan.

Rekaman berikut merupakan contoh penggunaan watch pada aplikasi IPtables.



Semoga dengan menyimak video diatas, anda dapat paham maksud dari tutorial ini.
Sekian dari saya.
Salam






Reference:
- Monitor iptables in realtime Using iptables, watch. (2018). Retrieved from https://www.commandlinefu.com/commands/view/13559/monitor-iptables-in-realtime

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.