Langsung ke konten utama

Cara Terbaik dalam Menggunakan Elasticsearch snapshots

Elastic Search merupakan sebuah aplikasi open source yan dikhususkan untuk menyimpan sekaligus mengolah data secara masif. Yang menjadi isu utama ketika memiliki big data adalah model pencariannya, apalagi data tersebut memiliki struktur yang cukup kompleks. Dibekali dengan search engine yang dibangun dari Apache lucen membuat elastic search memiliki perfoma tinggi, pencarian teks secara penuh dan toleransi kesalahan yang cukup miniim, skalabilitas tinggi dan mudah digunakan.

Selain itu, Elastic Search dapat digunakan untuk menyimpan dan melakukan pencarian data dengan berbagai macam jenis, mulai dari angka, kata, kalimat tanggal dan geospasial. Juga elastic search ini cukup terkenal digunakan sebagai analisa data seperti visualisasi data dan agregasi.

Berikut kegunaan lain yang populer, elastic search diaplikasikan sebagai:
  • Log Management. Berguna untuk mengumpulkan sekaligus mengalasi log dari aplikasi atau infrastruktur yang sedang dibangun. Dengan cari ini, anda bisa mengenali dan menangani masalah yang ada pada sistem.
  • Monitoring. Tndak lanjut dari log management adalah melakukan pengawasan secara rutin sehingga dapan dilakukan pencegahan sebelum sebuah insiden terjadi
  • Pencarian. Data masif yang terkumpul justru akan sulit dikenali bila tidak dibekali dengan kemampuan  pencarian handal.  Elastic search sudah memiliki fitur pencarian data masif.
  • Analitik. Pada pengolahan data masif, tentu saja dibutuhkan juga metode untuk melakukan analisa. Setidaknya elastic search dapat membantu anda melakukan perbandingan pada data-data tertentu sehingga anda dapat membuat keputusan yang lebih bagus. 
Hal paling krusial ketika memiliki database adalah menjamin integritas data melalui metode pencadangan (backup). Insiden-insiden yang melibatkan kehilangan data sering terjadi. Apabila hal tersebut terjadi, maka para devops tidak perlu khawatir karena dapat mengembalikan data seperti sedia kala.


BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PENCADANGAN PADA ELASTICSEARCH

Saya asumsikan bahwa anda sudah memiliki konfigurasi elasticsearch sekaligus cluster-nya menggunakan  docker

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan fitur snapshot melalui docker:
  • Apabila anda memiliki beberapa node, anda harus mem-bind lokasi direktori snapshot di dalam kontainer pada direktori host dengan lokasi yang sama. Sehingga setiap node dapat mengakses file snapshot yang sama. Node 1 dapat mengakses file snapshot yang dihasilkan oleh node2, atau sebaliknya.
  • Definisikan lokasi repositori pada environment sehingga elasticsearch dapat mencari kemana harus menyimpan repository tersebut. Anda dapat menyisipkan environtment path.repo: diikuti dengan lokasi repository-nya
Perhatikan gambar berikut ini. Saya akan menampilkan konfigurasi 2 dari 8 node elasticsearch:









 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.