Pada posting sebelumnya, telah kita bahas
tentang pengenalan Java yang meliputi sejarah Java dan jatuh bangun James Gosling serta teman-teman
untuk membangun bahasa pemrograman ini. Kita juga telah mempelajari Operator
Java beserta logika-logika yang digunakan.
Untuk saat ini, paling tidak anda telah
mengenal dan mengetahui konsep dasar dari Java untuk membangun aplikasi
sederhana (setidaknya anda mengerti tentang System.out.println() ). Aplikasi yang mempunyai variable yang dapat diinputkan oleh user.
Inputan tersebut juga harus dicegah dari syntax error maupun runtime error.
Salah satu device yang menginputkan data
adalah keyboard, dan sekarang kita akan
mempelajari tentang bagaimana membuat edit
text field untuk menginput data dari keyboard.
Ada dua cara untuk memberikan input melalui
keyboard.
1. class BufferedReader
class ini mengizinkan user
untuk menginput data melalui layar console. Layar console adalah sejumlah baris
perintah beserta input yang mungkin berbeda diberikan dalam 1 jendela.
untuk membuat class
BufferedReader, kita harus membuat dahulu package java.io untuk
mendapatkan input dari keyboard.
Berikut adalah langkah-langkah agar
kita dapat membuat input data console.
1)
Ketikkan code berikut di atas public class atau
di bawah package anda untuk menambah class BufferedReader, InputStreamReader,
dan IOException.
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException
Tapi pada Java, ada istilah API (Application Programming Interface), dimana pada Java telah
diberikan kemudahan untuk mendeklarasikan beberapa class yang saling
berhubungan hanya dalam 1 package.
Secara umum dapat ditulis:
import java.io.package;
dalam hal ini kita memakai :
import java.io.*;
class tersebut telah mewakili class BufferedReader,
InputStreamReader, dan IOException
2)
Tambahkan metode main dengan mengetik source :
Public static void main (String
[] args ){
3)
Tambahkan statement berikut:
BufferedReader variable = new BufferedReader (new
InputStreamReader (System.in));
Kode diatas menunjukkan bahwa kita mendeklarasikan sebuah variabel
dengan tipe class BufferedReader.
4)
Ketikkan String data =
”” ;
Ini diperlukan untuk memanggil data yang di inputkan oleh user yang
nantinya mungkin akan diproses lebih lanjut.
5)
Ketikkan System.out.println(”perintah
kepada user untuk menginputkan data”).
Isikan perintah kepada user
untuk menginputkan data dengan ungkapan yang anda inginkan agar user nanti
menginputkan data untuk memenuhi data yang
akan diproses selanjutnya.
6)
Selanjutnya penangkapan sebuah error apabila
data yang diinputkan bukan termasuk data yang diinginkan. Tuliskan source
berikut :
try {
data =
variabel.readLine();
}
catch (IOException e) {
System.out.println(”pernyataan error”);
}
pada perintah try, perintah ini berguna untuk mencoba mengeksekusi
perintah di baris bawahnya dan akan ditanggkap oleh catch apabila terjadi
error.
.readLine()digunakan
untuk mendapatkan input dari user dan disimpan pada variabel
class BufferedReader dan akan dipanggil oleh data.
7)
Selanjutnya
System.out.println(”menampilkan
hasil”);
Untuk menampilkan hasil yang diinginkan.
2. JoptionPane
class ini digunakan untuk
menyimpan/menampilkan data yang diinputkan oleh user melalui GUI (Graphic User Interface). Penggunaan
class ini sangatlah interaktif, karena didukung oleh munculnya jendela baru
untuk perintah yang baru.
Langkah –langkah membuat
JoptionPane
1)
Ketikkan code
berikut di atas public class atau di bawah package anda untuk menambah class
JoptionPane
import javax.swing.JOptionPane;
sepertihalnya BufferedReader, pada JOptionPane terdapat kumpulan
class yang saling terkait yang telah dipaketkan dan dideklarasikan secara
bersamaan. Perintahnya adalah,
import javax.swing.package;
atau
import javax.swing.*;
2)
Tambahkan metode main dengan mengetik source :
Public static void main (String
[] args ){
3)
Tambahkan String data =
”” ;
Mempunyai fungsi yang sama dengan BufferedReader.
4)
data =
JoptionPane.showInputDialog(perintah untuk
user agar menginputkan data);
5)
Terakhir, ketikkan JOptionPane.showMessageDialog(null, ”.....”+data);
Baris
ini digunakan untuk menghasilkan output dengan memanggil variabel data.
Setelah anda
mengerti cobalah untuk membuat aplikasi yang melibatkan user untuk memasukkan
data melalui keyboard.
Kombinasikan aplikasi anda dengan beberapa Operasi dan gabungan-gabungannya.
Kombinasikan aplikasi anda dengan beberapa Operasi dan gabungan-gabungannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung.