MENDAPAT INPUTAN DARI KEYBOARD



Pada posting sebelumnya, telah kita bahas tentang pengenalan Java yang meliputi sejarah Java dan  jatuh bangun James Gosling serta teman-teman untuk membangun bahasa pemrograman ini. Kita juga telah mempelajari Operator Java beserta logika-logika yang digunakan.
Untuk saat ini, paling tidak anda telah mengenal dan mengetahui konsep dasar dari Java untuk membangun aplikasi sederhana (setidaknya anda mengerti tentang System.out.println() ). Aplikasi yang mempunyai variable yang dapat diinputkan oleh user. Inputan tersebut juga harus dicegah dari syntax error maupun runtime error.
Salah satu device yang menginputkan data adalah keyboard,  dan sekarang kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat edit text field untuk menginput data dari keyboard.
Ada dua cara untuk memberikan input melalui keyboard.
1.       class BufferedReader
class ini mengizinkan user untuk menginput data melalui layar console. Layar console adalah sejumlah baris perintah beserta input yang mungkin berbeda diberikan dalam 1 jendela.
untuk membuat class BufferedReader, kita harus membuat dahulu package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard.

Berikut adalah langkah-langkah agar kita dapat membuat input data console.
1)    Ketikkan code berikut di atas public class atau di bawah package anda untuk menambah class BufferedReader, InputStreamReader, dan IOException.

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException

Tapi pada Java, ada istilah API (Application Programming Interface), dimana pada Java telah diberikan kemudahan untuk mendeklarasikan beberapa class yang saling berhubungan hanya dalam 1 package.
Secara umum dapat ditulis:
import java.io.package;

dalam hal ini kita memakai :
import java.io.*;

class tersebut telah mewakili class BufferedReader, InputStreamReader, dan IOException

2)    Tambahkan metode main dengan mengetik source :
Public static void main (String [] args ){

3)    Tambahkan statement berikut:
BufferedReader variable = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
Kode diatas menunjukkan bahwa kita mendeklarasikan sebuah variabel dengan tipe class BufferedReader.

4)    Ketikkan String data = ”” ;
Ini diperlukan untuk memanggil data yang di inputkan oleh user yang nantinya mungkin akan diproses lebih lanjut.
5)    Ketikkan System.out.println(”perintah kepada user untuk menginputkan data”).
Isikan perintah kepada user untuk menginputkan data dengan ungkapan yang anda inginkan agar user nanti menginputkan data untuk memenuhi data yang akan diproses selanjutnya.
6)    Selanjutnya penangkapan sebuah error apabila data yang diinputkan bukan termasuk data yang diinginkan. Tuliskan source berikut :
try {
  data = variabel.readLine();
}
catch (IOException e) {
System.out.println(”pernyataan error”);
}
pada perintah try, perintah ini berguna untuk mencoba mengeksekusi perintah di baris bawahnya dan akan ditanggkap oleh catch apabila terjadi error.
.readLine()digunakan untuk mendapatkan input dari user dan disimpan pada variabel class BufferedReader dan akan dipanggil oleh data.

7)    Selanjutnya  System.out.println(”menampilkan hasil”);
Untuk menampilkan hasil yang diinginkan.


2.       JoptionPane
class ini digunakan untuk menyimpan/menampilkan data yang diinputkan oleh user melalui GUI (Graphic User Interface). Penggunaan class ini sangatlah interaktif, karena didukung oleh munculnya jendela baru untuk perintah yang baru.

Langkah –langkah membuat JoptionPane
1)      Ketikkan code berikut di atas public class atau di bawah package anda untuk menambah class JoptionPane
import javax.swing.JOptionPane;
sepertihalnya BufferedReader, pada JOptionPane terdapat kumpulan class yang saling terkait yang telah dipaketkan dan dideklarasikan secara bersamaan. Perintahnya adalah,
import javax.swing.package;
atau
import javax.swing.*;
2)      Tambahkan metode main dengan mengetik source :
Public static void main (String [] args ){
3)      Tambahkan String data = ”” ;
Mempunyai fungsi yang sama dengan BufferedReader.
4)      data = JoptionPane.showInputDialog(perintah untuk user agar menginputkan data);
5)      Terakhir, ketikkan JOptionPane.showMessageDialog(null, ”.....”+data);
Baris ini digunakan untuk menghasilkan output dengan memanggil variabel data.


Setelah anda mengerti cobalah untuk membuat aplikasi yang melibatkan user untuk memasukkan data melalui keyboard.
Kombinasikan aplikasi anda dengan beberapa Operasi dan gabungan-gabungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung.

Mencari Selisih Jumlah Hari Antara Dua Tanggal pada Bash Scripting

Beberapa waktu lalu lagi bikin projek yang melibatkan protokol HTTPS. Seperti yang kita tahu bahwa HTTPS merupakan protokol yang melindungi ...