Langsung ke konten utama

Perbedaan Route, Push Route dan Iroute pada OpenVPN (All hail OpenVPN!)

Pada tutorial sebelumnya yaitu Routing Otomatis pada Jaringan Terintegrasi OpenVPN (All hail OpenVPN!) telah disebutkan beberapa sintaks yang mungkin sedikit membuat bingung. Sintaks tersebut berkaitan dengan perintah routing yang dikirimkan oleh OpenVPN server. Sintaks yang dimaksud adalah route, push route dan iroute. Ketiganya memiliki tujuan yang sama dan mempunyai relasi yang erat yaitu distribusi routing table untuk setiap mesin. Lantas apa perbedaannya? Apakah seluruh sintaks routing harus diikut sertakan?



Untuk membuktikannya, mari kita buat sebuah percobaan. Percobaan ini mempunyai tujuan untuk mencari tahu letak perbedaan dari route, push route dan iroute.

PREREQUISITE
1. Memahami konfigurasi dasar OpenVPN
2. Mesin percobaan yaitu 2 perangkat RouterOS sebagai OpenVPN client dan Debian 8 sebagai OpenVPN server

TOPOLOGI


     VPN client1                   VPN server                   VPN client2
        {router}                           {VPS}                          {router}
(10.10.100.253/24) ==== (10.10.100.1/24) ==== (10.10.100.252/24)
        netVPN                            netVPN                            netVPN
                                                                                         |
                                                                                         |
                                                                                         |
                                                                                         |
                                                                                     netB
                                                                           (192.168.20.0/24)

netVPN = 10.10.100.0/24
netB = 192.168.20.0/24

Pada postingan sebelumnya agar semua mesin dapat berkomunikasi tanpa harus menggunakan NAT, maka setiap perangkatnya harus memiliki routing table yang berisi network-network yang ingin berkomunikasi. Distribusi routing table dapat dilakukan dengan perintah route, push route dan iroute. Mari kita lihat apa yang membedakan.

1. Percobaan 1 (Tanpa route, push route dan iroute)
1.a. client1


Pada kondisi awal, network yang terdaftar adalah 10.10.100.0/24 (netVPN) saja. Network tersebut digunakan oleh protokol OpenVPN. Sedangkan network 192.168.20.0/24 (netB) belum ada.

1.b. client2



Disisi lain pada client2, network netB sudah ada karena memang network tersebut dimiliki oleh router client2 (langsung tersambung pada router). Begitu juga dengan netVPN

1.c. server


Pada server hanya terdapat netVPN.

2. Percobaan 2 (Menggunakan route, tanpa push route dan iroute)
Pada konfigurasi /etc/openvpn/route.conf akan ditambahkan perintah berikut kemudian restart OpenVPN :
route 192.168.20.0 255.255.255.0 10.10.100.252

Perintah tersebut berbunyi routing ke netB yang memiliki netmask 255.255.255.0 melalui 10.10.100.252
Berikut adalah efek yang timbul saat konfigurasi diatas diterapkan.

2.a. client1



routing table client1 tidak mengalami perubahan

2.b. client2



routing table client2 tidak mengalami perubahan

2.c. server



Ada penambahan entri yaitu netB pada routing table server. Dapat diketahui bahwa perintah route digunakan untuk menambahkan entri pada routing table server.

3. Percobaan 3 (Menggunakan route, push route dan tanpa iroute)
Selain ditambahkan konfigurasi diatas, untuk melakukan push route tepat dibawah perintah route silahkan tambahkan perintah berikut kemudian restart OpenVPN:
push "route 192.168.20.0 255.255.255.0"

Perintah tersebut berbunyi, distribusikan perintah "route 192.168.20.0  255.255.255.0" keseluruh klien. Efek yang ditimbulkan antara lain:

3.a. client1



client1 mendapatkan 1 entri network netB pada routing table nya. Asumsi awal, push route digunakan untuk mendistribusikan routing table.

3.b. client2


client2 mendapatkan 1 entri network netB pada routing table nya. Sebenarnya pada router client2 sudah ada netB. Hal tersebut menyebabkan terjadinya duplikasi network pada client2. Itulah kenapa entri tersebut berwarna biru.

3.c. server



server tidak mengalami perubahan dari percobaan sebelumnya.

4. Percobaan 4 (Menggunakan routepush route dan iroute)
Selain konfigurasi diatas, ada yang perlu ditambahkan untuk mengaktifkan iroute. Namun untuk kali ini berbeda. Masih ingat direktori ccd? Jika tidak, silahkan baca-baca lagi Routing Otomatis pada Jaringan Terintegrasi OpenVPN (All hail OpenVPN!).

Konfigurasi yang akan dioprek, letaknya ada pada direktori ccd. Dan harus disesuaikan dengan common name dari OpenVPN client. Masukkan perintah berikut:
iroute 192.168.20.0 255.255.255.0

Mari kita lihat perubahannya.

4.a. client1



route table pada client1 tidak mengalami perubahan dari percobaan sebelumnya.

4.b. client2




Pada client2, routing table berubah dan tidak ada lagi duplikasi network.

Karena perintah diatas harus dituliskan pada setiap file konfigurasi yang berbeda berdasarkan common name, maka fungsi dari iroute ini adalah memberitahu server bahwasannya network yang di-push merupakan network yang berasosiasi dengan client2. Sehingga server tidak akan melakukan push terhadap client2 dan tidak akan ada duplikasi network.

4.c. server



route list pada servev tidak mengalami perubahan dari percobaan sebelumnya.


KESIMPULAN
Perintah route, push route dan iroute digunakan untuk mendistribusikan routing table keseluruh mesin yang terhubung dengan OpenVPN server. Perintah-perintah tersebut memiliki fungsi yang berbeda diantaranya:
1. route = digunakan untuk menuliskan routing table pada mesin server
2. push route = digunakan untuk mendistribusikan network agar dilakukan routing pada masing-masing mesin client.
3. iroute = digunakan untuk memberitahu server bahwa network yang di-push adalah milik dari common name yang bersangkutan. Sehingga network tersebut tidak dikirimkan ke mesin yang sudah memilikinya.

Itu saja dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Salam





_______________
reference:
Openvpn.net. (2018). Documentation. [online] Available at: https://openvpn.net/index.php/open-source/documentation/ [Accessed 29 Jun. 2018].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.