Langsung ke konten utama

DARI SATU STATEMENT MENJADI SATU KESATUAN YANG SISTEMATIS (STRUKTUR KONTROL)


Bagi anda yang awam tentang bahasa pemrograman, ketika anda membuka program Java, anda hanya akan menyadari  bahwa itu hanya  sebuah program yang sedang berjalan. Tapi, untuk para pecinta Java dan mengerti seluk beluknya,mereka tak akan berkata demikian.
Pada aplikasi Java terdapat sub kecil bagian, yang terdiri dari statement, class, package dan akhirnya ter-compile menjadi 1 file .jar

Pada posting kali ini, saya akan menjelaskan tentang statement-statement yang terkumpul menjadi kesatuan yang sistematis,. Penyusunan statement ini dilakukank agar project terstruktur dan terkontrol serta dapat dieksekusi dan berjalan tanpa adanya bug. Selain itu, penggunaan keyword perintah harus disertakan agar antar statement dapat saling terhubung.

Berikut adalah 2 macam struktur control yaitu, percabangan dan perulangan.
Sebelum kita mempelajari struktur kontrol diatas, ada baiknya kita mengenal dahulu apa yang dinamakan blok.

Blok adalah pernyataan sederhana yang pada awalnya juga terdiri dari pernyataan-pernyataan lain. Dalam penulisannya, blok ditulis dengan diawali tanda{‘ (kurung kurawal buka) dan diakhiri dengan tanda }’ (kurung kurawal tutup). Tujuannya yaitu mengelompok-kelompokkan  pernyataan  menjadi perintah yang lebih sederhana agar mudah dimengerti.  Pernyataan blok lebih sering ditemukan dalam struktur kontrol, tapi pada dasarnya tidak selalu. Kenyataannya, blok bukanlah bagian dari struktur kontrol, sehingga dapat berdiri sendiri . Contoh yang paling sering ditemukannya pernyataan blok tanpa stuktur kontrol yaitu pada subrutin main().

(Gambar 1)

Selanjutnya, setelah kita tahu blok, kita akan mempelajari struktur kontrol. Struktur kontrol meliputi :
1.       Percabangan :
a.       If
Statement ini merupakan statement percabangan paling dasar. Langkah awal dari percabangan ini adalah menguji kondisi dari if itu sendiri. If akan menjalankan perintah pada baris setelah baris kondisi if (baik beberapa pernyataan yang ada dalam blok maupun hanya terdiri dari 1 pernyataan), jika dan hanya jika kondisi if bernilai benar (true). Tapi, apabila kondisi if bernilai salah (false), maka alur if menuju akhir dari blok kemudian melanjutkan pada baris-baris selanjutnya.

(Gambar 2)
b.      If-else
Statemen ini merupakan pengembangan dari percabangan if. Pada percabangan sebelumnya, if berdiri sendiri. Untuk percabangan ini, if mempunyai percabangan lain, yaitu else. Hal inilah yang memungkinkan komputer diperintahkan untuk memilih beberapa tindakan yang akan diambil, tergantung nilai dari kondisi percabangan tersebut.
If akan akan menjalankan perintah yang ada dalam bloknya dan else akan dilewati (tidak dieksekusi), apabila nilai if adalah benar (true). Begitu pula else, else ini akan menangani dan menjalankan statemen yang ada dalam bloknya apabila nilai dari if adalah salah (false).


(gambar 3)
c.       If-else if
Untuk statement ini, merupakan pengembangan lebih lanjut dari percabangan if dan else. Pada percabangan ini, anda diizinkan untuk menambahkan lebih banyak percabangan, sehingga akan menambahkan lebih banyak pilihan untuk dieksekusi, tergantung nilai dari if itu sendiri.

(gambar 4)
d.      Switch
Switch adalah salah satu percabangan yang jarang sekali digunakan,namun sangat dibutuhkan jika anda akan membuat percabangan dengan berbagai arah.
Parameter dari switch adalah sebagai berikut :

(gambar5)
Pernxataan switch ini akan mengindeks dan mencocokkan nilai dari ekspresi dengan nilai yang ada dalam daftar case. Jika switch tak menemukan nilai yang sama pada daftar case, secara otomatis switch akan membawanya ke pernyataan default. Apabila switch menemukan nilai yang sesuai, maka switch akan menjalankan perintah yang ada dibaris case tersebut termasuk perintah yang ada di daftar case setelahnya maupun pernyataan default.

2.       Perulangan :
a.       while
while adalah sebuah perulangan yang tidak akan berhenti menjalankan perintah dalam bloknya apabila dia tidak bernilai false.
Parameter while :

//inisialisasi nilai
while (kondisi){
perintah
}

Penjelasan lebih lanjut tentang while yaitu, while mempunyai kondisi yang sedang dijalankan. Kondisi dari while tersebut hanya mempunyai 2 nilai,true dan false. Ketika kondisi itu bernilai true, while akan menjalankan perintah yang ada dalam bloknya. Hal ini akan berjalan terus-menerus, bahkan mungkin akan tak terbatas hingga kondisi dapat bernilai false. Ketika itu pula while akan membawa  alur menuju akhir blok.

(gambar6)
b.      do-while
untuk mengerti perulangan do-while, mungkin algoritma ini dapat membantu anda.

Seorang programmer sedang merencanakan sebuah permainan. Di akhir permainan itu, permainan akan selalu menanyakan pada pemain, apakah pemain akan memainkan game itu lagi?

Di rinilah peran do-while dibutuhkah. Ketika ada sebuah pernyataan dalam perulangan do,pernyataan tersebut akan tetap dijalankan hingga tiba pada baris perulangan while. Pada perulangan while, disediakan disediakan sebuah kondisi. Setelah kondisi diuji, dan ternyata bernilai benar, maka alur tidak kembali pada baris while, melainkan kembali ke baris do. Siklus tersebut akan terus berulang hingga kondisi while bernilai salah.

(gambar7)


c.       for
Perulangan yang terakhir adalah perulangan for. Perulangan ini dibutuhkan apabila misalkan kita ingin menampilkan angka 1-10 secara berurutan atau dari angka 10-1.

Perulangan ini mempunyai sifat yang sangat mirip dengan perulangan while. Itulah mengapa tak heran jika disebut juga dengan transformasi dari while.

Parameter for adalah sebagai berikut.


for (inisialisai_variabel;kondisi_ variabel;perubahan_variabel){
perintah
}

Perlu diperhatikan, pendeklarasian perulangan for dan while mempunyai perbedaan walaupun mempunyai sifat yang relatif sama. Pada while,inisialisai nilai, pengujian kondisi dan perubahan variabel di ungkapkan pada baris yang berbeda. Sedangkan for, inisialisai nilai, pengujian kondisi dan perubahan variabel di ungkapkan dalam satu baris.

(gambar8)

Dari sini, anda sudah dapat membuat sebuah aplikasi sederhana dan interaktif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.