Langsung ke konten utama

Review Gullo Hosting - VPS Tajos (2USD/Tahun NAT IPv4)



Akhir-akhir ini saya sering membeli VPS yang entah tujuannya buat apa. Mungkin karena tergiur dengan penawaran yang dikirim oleh forum sebelah melalui newsletter. Memang harga yang ditawarkan juga sangat menggiurkan. Bayangkan saja, VPS dengan spesifikasi lumayan dibanderol dengan harga yang sama dengan snack yang ada digerai atau swalayan.

Saya membeli sebuah server virtual dengan harga 2USD pertahun (kurs Rp.15.600,-) dengan spesifikasi berikut:

CPU: 1 x 1.7Ghz
RAM: 128MB
vSwap: 64MB
Storage: 3GB
IPv4: 1 NAT
IPv6: 1
Bandwidth: 125GB at 100Mbps uplink
Kernel: Linux 2.6.32-042stab128.2 x86_64

Provider dari diatas adalah Gullo. Nama Gullo sendiri sebenarnya berasal dari nama orang CEO atau pendiri dari provider tersebut.

VPS tersebut saya dapatkan dari redeem coupon forum sebelah yang harga awalnya 3.5USD kemudian mendapatkan potongan 1.4USD.

[Review Singkat]
Seperti biasa, saya langsung menjalankan perintah: wget -qO- bench.wget.racing | bash untuk mengetahui performa VPS.




Sayang sekali untuk clock speed terbilang kecil. Walaupun begitu mesin ini masih mampu digunakan sebagai webhosting yang ringan-ringan. RAM 128MB digunakan tidak sampai separuh jika mesin dalam kondisi idle dan tidak ada daemon yang berjalan. Dibantu dengan vSwap 64MB menjadikan kinerja mesin lebih terbantu. Anda harus open ticket untuk mengaktifkan memori swap. 2USD dan mendapatkan kapasitas HDD 3GB, yah lumayan lah. Lebih-lebih mesin ini dibekali kinerja I/O lumayan bagus.

Saya belum memutuskan VPS ini cocok untuk apa selain digunakan webhosting. Clock speed yang kecil membuat VPS ini tidak sesuai digunakan sebagai VPN server terutama OpenVPN karena membutuhkan kompresi dan enkripsi. Ada referensi pada halaman support yang disediakan oleh Gullo Hosting jika VPS-nya dapat dipasang OpenVPN (DISINI). Saya tidak menjamin bagaimana kinerjanya jika digunakan oleh 20 klien VPN

Dari sisi jaringan, karena saya memilih lokasi VPS di negara Finlandia maka trafiknya juga bagus di negara-negara Eropa (misal: Belanda dan Perancis) sedangkan ke negara-negara pada benua Amerika masih minim. Untuk negara Asia terutama di Indonesia, bisa dibilang standar. Latency bagus (288ms-298ms) untuk lokasi yang jauh. Sedangkan throughput belum bisa memastikan karena saya masih belum bisa menemukan cara menggunakan iperf pada mesin tersebut (selalu connection refused).

Klik link INI untuk menuju ke produk VPS dan masukkan kode LEB-NAT-128MB (link tidak mengandung referal)

Selain produk diatas, ada produk lain yang memiliki diskon serupa. Berikut adalah seluruh produk dari Gullo Hosting dengan diskon:

128MB
Pennsylvania
German
Finland
Bulgaria
Canada

256MB
Pennsylvania
Germany
Finland
Bulgaria
Canada

512MB
Pennsylvania
Germany
Finland
Bulgaria
Canada

1024MB
Pennsylvania
Germany
Finland
Bulgaria
Canada




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.