Langsung ke konten utama

Review MRVM Hosting - VPS Tajos (4USD/Tahun NAT IPv4 Singapore)

Singapura terkenal memiliki koneksi yang cepat dan latency rendah jika diakses melalui Indonesia. Kabarnya Singapura memegang catatan internet broadband tercepat di dunia (Wikipedia, List of countries by Internet connection speeds). Mungkin bisa dimaklumi, mengingat Singapura adalah negara yang kecil dan memiliki teknologi yang maju. Jadi pemerintah pusatnya ngga susah-susah banget untuk ngatur negaranya yang cuman punya luas 722.5KM persegi. Efeknya? Ya pemerintah tinggal fokus memajukan infrastruktur teknologinya, misalkan bangun kabel komunikasi submarine dengan atas nama badan usaha negara.



Nggak heran jika banyak orang berburu server baik itu virtual ataupun dedicated yang mempunyai data center di Singapura. Hal tersebut juga terjadi pada saya. Beberapa waktu lalu, saya iseng nyari server yang lokasinya di Singapura waktu berselancar di forum andalan. Kriteria waktu itu cuman nyari VPS dengan lokasi Singapura harga dibawah 4USD perbulan. Tujuannya sih cuman ngetes, apa bener koneksi internet Singapura sekenceng yang dibilang orang-orang.

Akhirnya nemu juga VPS Singapura dengan harga 4USD. Tapi, wait... 4USD itu untuk setahun. Setelah dibaca-baca, akhirnya ngeh juga kenapa punya harga segitu. Nah, mungkin bisa dilihat spesifikasinya dibawah ini:

1 vCPU
128 MB Memory (Swap 512 open ticket
3 GB Storage
Unmetered Bandwidth
1 Shared IPv4
(20+1 ssh ports)
/112 or /80 IPv6 subnet

Berikut adalah hasil bencmark dari kualitas jaringan VPS ini:
1.a Server Eropa

1.b Server Asia

1.c Server Amerika


Selanjutnya adalah benchmark terhadap resource yang dimiliki.
2.a CPU

2.b Memory

2.c I/O


Sebagai server yang dibandrol dengan harga segitu, saya rasa worth untuk dicoba.

Kalo resource sekecil itu, mau dibuat apa?
Bisa dipake buat mini webserver sama OpenVPN server. Saya rasa kapasitas segitu masih sanggup kok.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai.

( Hubungan Manis antara Conan Edogawa dan Haibara Ai)  Halo para Conaners, tahu kenyataan unik nggak. Ternyata Haibara Ai tuh demen lho sama Conan Edogawa. Tapi dia berusaha menyembunyikannya lantaran dia udah tau kalo Conan (Shinichi) tuh suka dan cinta sama Ran. Haibara yang kita ketahui mempunyai kepribadian dingin ini, tak gampang putus asa nih buat nunjukin kegigihannya untuk mendapatkan perhatian dari Conan. Yuk kita lihat, usaha apa saja yang dilakukan Haibara untuk menaklukan Conan :

Live Streaming ke Banyak Media Sosial

Beberapa dekade terakhir, banyak sekali para gamer yang "nyambi" cari uang dengan melakukan live stream di media sosial terutama Facebook. Sebenarnya saya juga mulai kesel karena para fans live streamer sering membagikan live streaming-nya ke grup Facebook. Sehingga grup Facebook yang awalnya diperuntukkan sebagai media diskusi malah jadi ajang pencarian views. Spam dan annoying banget.

Instalasi FreeRADIUS ft. daloRADIUS | [UPDATE - Study case pada Debian Buster]

NOTE: Artikel ini telah mengalami perubahan. Sebelumnya, versi sistem operasi yang saya gunakan adalah Debian Wheezy. Dengan menggunakan Debian Buster beberapa versi package  juga ikut berubah. Update package akan saya beri warna font merah Remote Authentication Dial-In User Service atau sering disebut dengan RADIUS adalah sebuah protokol jaringan yang melayani administrasi pengguna dalam penggunaan jaringan secara terpusat. Aspek pelayanan yang diberikan meliputi  Authetication, Authorization dan Accounting  yang kemudian disingkat AAA atau triple A . RADIUS akan sangat dibutuhkan oleh provider skala besar, misalkan  Internet Service Provider (ISP) . Untuk platform MikroTik, RADIUS sering dikenal dengan userman ( user manager ) karena tugasnya memang manajemen pengguna.