QoS (Quality of Service)
QoS (Quality of Service) |
[QoS (Quality of Service)] Bagi para gamer online yang gemar bermain di warnet mungkin akan menyadari tentang perbedaan bagaimana ketika mereka melakukan browsing, download dan bermain game online. Ya... perbandingan kecepatan akses antara game online, browser dan download berbeda jauh. Download akan terasa lambat dibandingkan browser, browser lebih lambat dari pada game online. Hal ini dikarenakan karena kebanyakan warnet game memang dikhusukan untuk game online, bukan untuk browsing maupun download walaupun itu bisa dilakukan.
Jadi kenapa bisa begitu?
Pihak administrator memang sengaja melakukan hal tersebut lantaran game online memang membutuhkan sebuah koneksi stabil walaupun itu relatif lambat. Ketika alokasi bandwidth sebagian besar dialihkan pada aplikasi game online, maka download dan browsing akan mendapatkan porsi yang lebih kecil. Kemampuan ini sering disebut dengan QoS (Quality of Service).
Quality of Service adalah mekanisme dalam jaringan untuk memastikan bahwasanya aplikasi dapat berjalan dengan semestinya. QoS juga dapat diartikan sebagai layanan yang berfungsi untuk mengatur prioritas yang berbeda baik untuk aplikasi, alokasi bandwidth, jenis aliran data ataupun untuk setiap masing-masing user Untuk menjamin stabilitas sebuah jaringan dikarenakan adanya beberapa keterbatasan perangkat dan layanan jaringan.
Alasan mengapa QoS sangat dibutuhkan pada jaringan yang mempunyai batasan kecepatan dan stabilitas jaringan adalah agar paket yang terkirim tidak mempunyai segmen yang hilang. Karena pada segmen atau bagian itu akan begitu mempengaruhi data yang disampaikan. Masalah yang sering timbul yang berkaitan dengan QoS adalah:
1. Bandwidth
Merupakan istilah yang digunakan dalam jaringan komputer untuk menyebutkan kemampuan jaringan dalam mentransfer data per satuan waktu (biasanya detik) dari satu titik ke titik yang lain.
2. Latecy
Adalah interval atau jeda waktu yang timbul pada saat request terkirim dengan respon yang diterima.
3. Jittler
Jenis delay atau penundaan pengiriman paket yang didasarkan atas beban dan besarnya tumbukan paket. Yang dimaksud dengan tumbukan adalah kelebihan kapasitas ketika melakukan pemanggilan suatu layanan.
Beberapa aplikasi yang sangat berpengaruh terhadap 3 masalah diatas biasanya aplikasi yang bersifat streaming (data yang mengalir) dan peka terhadap delay. Misalkan: VoIP (Voice over IP), Game-online, IP-TV dan Webcam. Karena pada dasarnya, aplikasi-aplikasi macam itu bergantung pada koneksi yang stabil.
Sumber:
OpenSource.TelkomSpeedy.com
ID.Wikipedia.org
Ariegembul.Blogspot.com